Iklan

Iklan

Pertanyaan

Silsilah keturunan Mpu Sindok sebagai pendiri Kerajaan Medang Kamulan termuat dalam....

Silsilah keturunan Mpu Sindok sebagai pendiri Kerajaan Medang Kamulan termuat dalam....

  1. Prasasti Mantyasih

  2. Prasasti Canggal

  3. Prasasti Batu Tulis

  4. Prasasti Calcuta

  5. Prasasti Siwagraha

Iklan

E. Mardiana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Mpu Sindok memindahkan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur pada abad ke X dan menjadikannya sebagai kerajaan baru yaitu Kerajaan Medang Kamulan. Kemudian, Mpu Sindok menjadi raja pertama di kerajaan baru tersebut dan memimpin dengan dibantu oleh permaisurinya, Sri Wardhani Pu Kbi. Mpu sindok pun menjadi pendiri dinasti baru bernama Dinasti Isyana dan memiliki gelar Sri Maharaja Rake Hino Sri Isyana Wikramadharmatunggadewa. Mpu Sindok dan permaisurinya mempunyai anak bernama Sri Isyanatunggawijaya. Sri Isyanatunggawijaya kemudian menikahi Lokapala. Suaminya kemudian diangkat menjadi raja. Raja selanjutnya setelah Raja Lokapala ada Raja Makutawangsawardhana yang bergelar Sri Dharmawangsa Teguh Anantawikramatunggadewa. Raja selanjutnya adalah Raja Dharmawangsa yang membawa Kerajaan Medang Kamulan menuju puncak kejayaannya. Ia berhasil menjadikan kerajaannya sebagai saingan oleh Kerajaan Sriwijaya yang telah lebih dulu ada dengan kebijakan politik luar negerinya. Ada beberapa sumber sejarah yang menceritakan tentang keberadaan dan kejayaan Kerajaan Medang Kamulan, di antaranya yaitu. Prasasti Tangeran yang berisi mengenai Mpu Sindok yang memerintah bersama dengan permaisurinya Sri Wardhani. Prasasti Anjukladang yang berisi mengenai tentang awal dari Kerajaan Medan Kamulan. Prasasti Calcuta yang berisi mengenai silsilah raja-raja keturunan Mpu Sindok yang dibuat pada masa pemerintahan Airlangga. Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D.

Mpu Sindok memindahkan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur pada abad ke X dan menjadikannya sebagai kerajaan baru yaitu Kerajaan Medang Kamulan. Kemudian, Mpu Sindok menjadi raja pertama di kerajaan baru tersebut dan memimpin dengan dibantu oleh permaisurinya, Sri Wardhani Pu Kbi. Mpu sindok pun menjadi pendiri dinasti baru bernama Dinasti Isyana dan memiliki gelar Sri Maharaja Rake Hino Sri Isyana Wikramadharmatunggadewa. Mpu Sindok dan permaisurinya mempunyai anak bernama Sri Isyanatunggawijaya. Sri Isyanatunggawijaya kemudian menikahi Lokapala. Suaminya kemudian diangkat menjadi raja. Raja selanjutnya setelah Raja Lokapala ada Raja Makutawangsawardhana yang bergelar Sri Dharmawangsa Teguh Anantawikramatunggadewa. Raja selanjutnya adalah Raja Dharmawangsa yang membawa Kerajaan Medang Kamulan menuju puncak kejayaannya. Ia berhasil menjadikan kerajaannya sebagai saingan oleh Kerajaan Sriwijaya yang telah lebih dulu ada dengan kebijakan politik luar negerinya. 
Ada beberapa sumber sejarah yang menceritakan tentang keberadaan dan kejayaan Kerajaan Medang Kamulan, di antaranya yaitu.

  1. Prasasti Tangeran yang berisi mengenai Mpu Sindok yang memerintah bersama dengan permaisurinya Sri Wardhani.
  2. Prasasti Anjukladang yang berisi mengenai tentang awal dari Kerajaan Medan Kamulan.
  3. Prasasti Calcuta yang berisi mengenai silsilah raja-raja keturunan Mpu Sindok yang dibuat pada masa pemerintahan Airlangga.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D.


 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Imel Melani

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut merupakan dinasti yang berkuasa pada Kerajaan Mataram Kuno! Sanjaya Syailendra Isana Airlangga Ken Angrok Analisislah dinasti mataram kuno yang berkuasa pada periode Jaw...

27

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia