Pertanyaan

Teks untuk soal nomor 1-5.
 

Dunia Gim

    Hari yang cerah berawan, aku mengajak temanku untuk bermain gim. Gim itu cukup populer. Kami bermain dari siang hingga sore. Sania sahabatku berkata, "Andai kita bisa masuk ke sana," katanya. "Huh gak ah, nanti disuruh melawan monsternya!" jawabku.

    Tiba-tiba laptop yang kupakai bermain gim menjadi sangat bercahaya hingga membuat kami memejamkan mata.

    Saat membuka mata, kami ada di pedesaan yang berada di dalam gim. "Laila kita masuk ke dalam gim!" teriak Sania terperanjat.

    "Iya San! Aku tidak percaya kita bisa masuk ke dalam gim!" jawabku.

    Saat kita terkagum-kagum, datanglah si monster yang jadi penjahat di dunia gim tersebut. Aku dan Sania pun ketakutan. Lalu datanglah seorang pria dan seorang wanita tokoh utama di dalam gim.

    "Halo! Aku Jaka dan ini adikku, Rosa."

    "Halo juga! Aku Laila dan ini sahabatku, Sania."

    "Senang bertemu dengan kalian," kata Jaka. 

    "Bisakah kalian mengembalikan kami ke dunia kami?" tanya Sania. 

    "Oh, kalian dari bumi, ya?" tanya Rosa.

    "Ya, betul," kataku dan Sania bersamaan.

    "Kalian bisa kembali ke bumi asalkan mampu menjawab teka-teki dari Master Rustart. Hanya dia yang bisa mengembalikkan kalian. Jika jawaban kalian salah, kalian akan tinggal di sini," jelas Jaka.

    "Baiklah, bawa kami ke sana," pinta Sania.

    Sesampainya di sebuah tebing, kita memasuki sebuah goa. Di sana ada seseorang. "Halo Master. Ini Laila dan Sania. Mereka dari bumi dan terjebak di dalam dunia gim ini. Mereka ingin pulang ke bumi. Bisakah kau membantu kami, Master?" tanya Jaka.

    Master Rustart menghampiri kami, "Baiklah, tapi jawab dulu pertanyaan ini. Lebih berharga dari harta, mudah melepaskannya, tapi tidak bisa mendapatkannya lagi. Apakah itu?"

    Lalu Sania berpikir. "Aha!! Nyawa!" ia menjawab.

    "Benar sekali! Masuklah ke pintu itu dan kalian akan kembali," kata Master Rustart.

    Mereka berdua masuk ke pintu yang sudah ditunjukkan.

    "Selamat tinggal Jaka, Rosa. Dan terima kasih, Master Rustart!" teriak kami.

    Tringgg!! dengan sekejap kami sudah kembali ke rumahku di bumi.space 

(Sumber: cerpen karangan Intan Ayu yang dimuat di http://cerpenmu.com/cerpen·fantasi-fiksi/dunia-game.html dengan pengubahan)

Berikut adalah tokoh-tokoh berwatak baik, kecuali ....

Berikut adalah tokoh-tokoh berwatak baik, kecuali ....space 

  1. Jakaspace 

  2. Master Rustartspace 

  3. Monster Rustartspace 

  4. Rosaspace 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Cerita fantasi adalah sebuah karya yang dibangun dalam alur penceritaan yang normal namun bersifat imajinatif hayali . Biasanya dalam setting , penokohan, maupun konflik tidak realistis bahkan terkesan dilebih-lebihkan dan tidak mungkin terjadi di dunia nyata . Karakteristik cerita fantasi: Ide cerita terbuka terhadap daya khayal penulis, tidak dibatasi oleh realita atau kehidupan nyata. Terkadang bersifat sederhana namun mampu menitipkan pesan yang menarik. Memiliki latar dan perangkat cerita yang jauh dari kenyataan, bahkan mungkin tidak pernah nyata dan mungkin irisan dari kehidupan nyata dan khayal. Penokohan terkesan berlebihan, baik dalam hal karakter, jenis, dan dinamika sosialnya. Unsur intrinsik cerita fantasi: Tema adalah topik utama cerita, contohnya persahabatan. Penokohan adalah tokoh-tokoh dalam cerita beserta watak atau karakternya. Latar adalah keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana cerita. Alur adalah jalinan peristiwa dalam cerita. Alur dibagi menjadi tiga, yaitu alur maju, mundur, dan campuran. Amanat adalah pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. Kutipan: Saat kita terkagum-kagum, datanglah si monster yang jadi penjahat di dunia gim tersebut. Aku dan Sania pun ketakutan. Lalu datanglah seorang pria dan seorang wanita tokoh utama di dalam gim. Teks di atas menceritakan kisah Laila dan Sania yang masuk ke dunia gim. Suatu ketika mereka bermain gim dan tiba-tiba laptop yang digunakan untuk bermain gim mengeluarkan cahaya yang sangat terang dan membuat mereka memejamkan mata. Saat membuka mata, ternyata mereka sudah berada di pedesaan yang berada di dalam gim. Ketika Sania dan Laila terkagum-kagum, datanglah monster yang menjadi penjahat dalam gim tersebut. Oleh karena itu, tokoh yang memiliki karakter jahat pada cerita tersebutadalah monster . Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan C. keterangan: Pada teks cerita tersebut tidak disebutkan nama monstersehingga jawaban yang paling mendekati adalah Monster Rustart.

Cerita fantasi adalah sebuah karya yang dibangun dalam alur penceritaan yang normal namun bersifat imajinatif hayali. Biasanya dalam setting, penokohan, maupun konflik tidak realistis bahkan terkesan dilebih-lebihkan dan tidak mungkin terjadi di dunia nyata.

Karakteristik cerita fantasi:

  1. Ide cerita terbuka terhadap daya khayal penulis, tidak dibatasi oleh realita atau kehidupan nyata. 
  2. Terkadang bersifat sederhana namun mampu menitipkan pesan yang menarik.
  3. Memiliki latar dan perangkat cerita yang jauh dari kenyataan, bahkan mungkin tidak pernah nyata dan mungkin irisan dari kehidupan nyata dan khayal.
  4. Penokohan terkesan berlebihan, baik dalam hal karakter, jenis, dan dinamika sosialnya.

Unsur intrinsik cerita fantasi:

  1. Tema adalah topik utama cerita, contohnya persahabatan.
  2. Penokohan adalah tokoh-tokoh dalam cerita beserta watak atau karakternya.
  3. Latar adalah keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana cerita.
  4. Alur adalah jalinan peristiwa dalam cerita. Alur dibagi menjadi tiga, yaitu alur maju, mundur, dan campuran.
  5. Amanat adalah pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca.

Kutipan:

Saat kita terkagum-kagum, datanglah si monster yang jadi penjahat di dunia gim tersebut. Aku dan Sania pun ketakutan. Lalu datanglah seorang pria dan seorang wanita tokoh utama di dalam gim.

Teks di atas menceritakan kisah Laila dan Sania yang masuk ke dunia gim. Suatu ketika mereka bermain gim dan tiba-tiba laptop yang digunakan untuk bermain gim mengeluarkan cahaya yang sangat terang dan membuat mereka memejamkan mata. Saat membuka mata, ternyata mereka sudah berada di pedesaan yang berada di dalam gim. Ketika Sania dan Laila terkagum-kagum, datanglah monster yang menjadi penjahat dalam gim tersebut. 

Oleh karena itu, tokoh yang memiliki karakter jahat pada cerita tersebut adalah monster.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

keterangan:

Pada teks cerita tersebut tidak disebutkan nama monster sehingga jawaban yang paling mendekati adalah Monster Rustart.space 

51

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Watak tokoh pada kutipan cerita di atas adalah ....

477

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia