Pertanyaan

Baca cerita fantasi berikut dengan saksama!


Dunia Susu dan Permen


    Pada suatu hari. Reni dan teman-teman sedang bermain petak umpet. Tyna menjadi kucingnya, dan Dimas, Mujizah, Reni, Angga, Deny sembunyi. "1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10," ucap Tyna. Dia menemukan sebuah kantong kecil berwarna biru. Lalu ia membukanya, ternyata isinya sebuah kunci berwarna merah, kuning, hijau, biru, ungu dan jingga, dan juga sebuah kertas yang berisi tulisan, 'Jika kamu mau mendapatkan sesuatu yang sangat istimewa kamu harus memegang kunci itu bersama temanmu dan bacalah ini!'

    'Lila, Lila, Lila, bawalah aku ke sana.'

    Lalu ia memanggil temannya, setelah semua ada, Tyna menyuruh mereka memegang kunci itu satu persatu dan mengucapkan kalimat itu. Tiba-tiba mereka ada di suatu tempat yang di depan mereka ada dua buah istana yang satu bertuliskan 'SUSU' dan yang satu lagi bertuliskan 'PERMEN'. Dimas bertanya kepada Tyna. "Kita di mana, Tyn?"

    "Ga tahu," jawab Tyna.

    "Menurut aku kita ada di sebuah dunia makanan," jawab Mujizah.

    "Aha menurut aku kita ada di dunia susu dan permen," jawab Reni, Angga, Deny serempak.

    "Bener juga tuh," jawab Tyna, Dimas, Mujizah.

    "Kita masuk aja yu," kata Reni. "Yuk," jawab yang lain.

    Setelah masuk ke dunia susu, mereka menaiki perahu yang terbuat dari susu beku, setelah naik, Dimas terpeleset dan lidahnya menyentuh susu tersebut, Dimas berkata, "Hei!! Ini enak loh coba kalian jilat!" perintah Dimas. Dan mereka pun menjilatnya, "Bener kata Dimas, ini enak," kata Tyna. "Ih mendingan ngambil susu putih dari kolam ini," kata Mujizah. "Ah mendingan nanti ngambil susu, permen, dan cokelat kayaknya enak, bener gak?" kata Angga. "Nggaaaaa," seru mereka sambil tertawa.

    Setelah lama kemudian mereka menjumpai rumah yang sangat mewah seperti istana yang terbuat dari susu yang dibekukan mereka pun masuk ke dalamnya semua terbuat dari susu. Mereka melihat air mancur yang juga airnya air susu setelah lama mengelilingi istana tersebut mereka berjumpa dengan sang ratu dan sang raja, sang ratu bertanya. "Ada apa kalian di sini?" "Kami sedang berkeliling di sini," kata Tono.

    Setelah lama bercakap-cakap, sang ratu merasa terkejut. Mereka meminta izin untuk menginap di sana. Mereka pun diizinkan oleh sang raja. Hari mulai malam mereka disuruh tidur oleh sang ratu. Keesokan harinya mereka pun menjumpai sang ratu dan sang raja, "Ratu, Raja kami izin pulang karena kami takut dimarahi oleh Mama dan Papa," jelas Tyna. "Iya Ratu kami takut dimarahi Mama dan Papa karena awalnya kami hanya bermain petak umpet di lapangan tempat kami bermain," jelas Mujizah. "Ya sudah tapi tenang, saat kalian berada di sini waktu di alam kalian akan diberhentikan," jelas sang ratu. "Baiklah Ratu, sampai jumpa," kata Tono sambil melambaikan tangannya. Setelah sampai di lapangan mereka pun melanjutkan permainannya.

(Sumber: cerpen karangan Amanda Vega yang dimuat di http:jjcerpenmu. comjcerpen-fantasi-fiksijdunia-susu-dan-permen.html dengan pengubahan)space 

Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita fantasi tersebut? Jelaskan hubungan antartokoh tersebut!

Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita fantasi tersebut? Jelaskan hubungan antartokoh tersebut!space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Unsur intrinsik pembangun teks cerita fantasi sebagai berikut: Tema : tema dalam cerita fantasi berupa magic , supernatural, atau futuristik. Tokoh dan Penokohan : orang yang terlibat di dalam cerita beserta wataknya masing-masing. Latar : tempat, waktu, dan suasana terjadi peristiwa dalam cerita. Alur : urutan peristiwa dalam cerita. Amanat : pesan yang terkandung dalam cerita. Berdasarkan kutipan: Reni dan teman-teman sedang bermain petak umpet. Tyna menjadi kucingnya, dan Dimas, Mujizah, Reni, Angga, Deny sembunyi. "1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10," ucap Tyna. Mereka melihat air mancur yang juga airnya air susu setelah lama mengelilingi istana tersebut mereka berjumpa dengan sang ratu dan sang raja. Dapat disimpulkan, tokoh-tokoh dalam cerita fantasi tersebut adalah Reni, Tyna, Dimas, Mujizah, Angga, Deny, sang ratu, dan sang raja. Hubungan antartokoh tersebut adalah sebagai teman. Sedangkan hubungan antara raja dan ratu adalah sebagai sepasang suami istri. Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan tokoh-tokoh dalam cerita fantasi tersebut adalah Reni, Tyna, Dimas, Mujizah, Angga, Deny, sang ratu, dan sang raja. Hubungan antartokoh tersebut adalah sebagai teman. Sedangkan hubungan antara raja dan ratu adalah sebagai sepasang suami istri.

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Unsur intrinsik pembangun teks cerita fantasi sebagai berikut:

  1. Tema: tema dalam cerita fantasi berupa magic, supernatural, atau futuristik.
  2. Tokoh dan Penokohan: orang yang terlibat di dalam cerita beserta wataknya masing-masing.
  3. Latar: tempat, waktu, dan suasana terjadi peristiwa dalam cerita.
  4. Alur: urutan peristiwa dalam cerita.
  5. Amanat: pesan yang terkandung dalam cerita.


Berdasarkan kutipan:

Reni dan teman-teman sedang bermain petak umpet. Tyna menjadi kucingnya, dan Dimas, Mujizah, Reni, Angga, Deny sembunyi. "1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10," ucap Tyna.

Mereka melihat air mancur yang juga airnya air susu setelah lama mengelilingi istana tersebut mereka berjumpa dengan sang ratu dan sang raja.

Dapat disimpulkan, tokoh-tokoh dalam cerita fantasi tersebut adalah Reni, Tyna, Dimas, Mujizah, Angga, Deny, sang ratu, dan sang raja. Hubungan antartokoh tersebut adalah sebagai teman.spaceSedangkan hubungan antara raja dan ratu adalah sebagai sepasang suami istri.

Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan tokoh-tokoh dalam cerita fantasi tersebut adalah Reni, Tyna, Dimas, Mujizah, Angga, Deny, sang ratu, dan sang raja. Hubungan antartokoh tersebut adalah sebagai teman.spaceSedangkan hubungan antara raja dan ratu adalah sebagai sepasang suami istri.space  

280

Iklan

Pertanyaan serupa

Watak tokoh pada kutipan cerita di atas adalah ....

488

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia