Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 3 organisasi yang berdiri pada awal pergerakan nasional!

Sebutkan 3 organisasi yang berdiri pada awal pergerakan nasional! space space

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tiga organisasi di awal masa pergerakan nasional adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah.

tiga organisasi di awal masa pergerakan nasional adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah.

Iklan

Pembahasan

Periode pergerakan nasional ditandai dengan berdirinya sejumlah organisasi pergerakan. Tiga organisasiyang berdiri pada awal pergerakan nasional di Hindia Belanda adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah. Budi Utomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh sejumlah mahasiswa kedokteran STOVIA, yakni Wahidin Sudirohusodo, Soetomo, dan Gunawan Mangunkusumo. Budi Utomo adalah organisasi yang tidak ikut mengadakan kegiatan politik, fokus kegiatan dan gerakan ditujukan di bidang pendidikan dan kebudayaan, serta ruang geraknya terbatas di Jawa dan Madura. Sarekat Dagang Islam (yang selanjutnya berganti menjadi Sarekat Islam) merupakan organisasi yang didirikan oleh H. Samanhudi pada tahun 1911. Tujuan pendirian dari Sarekat Dagang Islam adalah untuk memperkuat kemampuan para pedagang Islam agar dapat bersaing dengan para pedagang Cina dan India. Muhammadiyah merupakan organisasi yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912. Pendirian Muhammadiyah bertujuan untuk memurnikan ajaran Islam sesuai dengan Al-Quran dan Al-Hadis. Dengan demikian, tiga organisasi di awal masa pergerakan nasional adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah.

Periode pergerakan nasional ditandai dengan berdirinya sejumlah organisasi pergerakan. Tiga organisasi yang berdiri pada awal pergerakan nasional di Hindia Belanda adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah. Budi Utomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh sejumlah mahasiswa kedokteran STOVIA, yakni Wahidin Sudirohusodo, Soetomo, dan Gunawan Mangunkusumo. Budi Utomo adalah organisasi yang tidak ikut mengadakan kegiatan politik, fokus kegiatan dan gerakan ditujukan di bidang pendidikan dan kebudayaan, serta ruang geraknya terbatas di Jawa dan Madura. Sarekat Dagang Islam (yang selanjutnya berganti menjadi Sarekat Islam) merupakan organisasi yang didirikan oleh H. Samanhudi pada tahun 1911. Tujuan pendirian dari Sarekat Dagang Islam adalah untuk memperkuat kemampuan para pedagang Islam agar dapat bersaing dengan para pedagang Cina dan India. Muhammadiyah merupakan organisasi yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada tanggal 18 November 1912. Pendirian Muhammadiyah bertujuan untuk memurnikan ajaran Islam sesuai dengan Al-Quran dan Al-Hadis.

Dengan demikian, tiga organisasi di awal masa pergerakan nasional adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Muhammadiyah.

612

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ada 3 jenis Organisasi perjuangan kebangsaan dalam menuju kemerdekaan Indonesia. Anda tuliskan apa saja jenis Organisasi tersebut?

33

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia