Pertanyaan

Ada 3 jenis Organisasi perjuangan kebangsaan dalam menuju kemerdekaan Indonesia. Anda tuliskan apa saja jenis Organisasi tersebut?

Ada 3 jenis Organisasi perjuangan kebangsaan dalam menuju kemerdekaan Indonesia. Anda tuliskan apa saja jenis Organisasi tersebut? space space

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

3 jenis organisasi perjuangan kebangsaan dalam menuju kemerdekaan Indonesia adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij.

 3 jenis organisasi perjuangan kebangsaan dalam menuju kemerdekaan Indonesia adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij.

Pembahasan

Dampak dari dibukanya akses pendidikan terhadap masyarakat pribumi, baik dari kalangan priyayi maupun non priyayi, adalah kesadaran masyarakat dalam melawan penjajahan melalui organisasi.Hal itu membuat lahirnya organisasi-organisasi kebangsaan pada kurun waktu 1908 – 1920. Munculnya beberapa organisasi, menjadi sebuah tanda mulainya pergerakan nasional. Terdapat 3 organisasi pergerakan nasional yang lahir pada periode ini, yaitu sebagai berikut. Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan yang berdiri pada 20 Mei 1908 dengan tujuan memajukan masyarakat Jawa dan Madura melalui pendidikan. Sarekat Islam berdiri pada 10 September 1912 dengan tujuan memajukan semangat dagang masyarakat Indonesia serta menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Indische Partij berdiri pada 25 Desember 1912 dengan tujuan menuntut kemerdekaan Hindia Belanda serta mempersatukan berbagai golongan masyarakat di Hindia Belanda. Dengan demikian,3 jenis organisasi perjuangan kebangsaan dalam menuju kemerdekaan Indonesia adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij.

Dampak dari dibukanya akses pendidikan terhadap masyarakat pribumi, baik dari kalangan priyayi maupun non priyayi, adalah kesadaran masyarakat dalam melawan penjajahan melalui organisasi. Hal itu membuat lahirnya organisasi-organisasi kebangsaan pada kurun waktu 1908 – 1920. Munculnya beberapa organisasi, menjadi sebuah tanda mulainya pergerakan nasional. Terdapat 3 organisasi pergerakan nasional yang lahir pada periode ini, yaitu sebagai berikut.

  1. Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan yang berdiri pada 20 Mei 1908 dengan tujuan memajukan masyarakat Jawa dan Madura melalui pendidikan.
  2. Sarekat Islam berdiri pada 10 September 1912 dengan tujuan memajukan semangat dagang masyarakat Indonesia serta menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Indische Partij berdiri pada 25 Desember 1912 dengan tujuan menuntut kemerdekaan Hindia Belanda serta mempersatukan berbagai golongan masyarakat di Hindia Belanda.

Dengan demikian, 3 jenis organisasi perjuangan kebangsaan dalam menuju kemerdekaan Indonesia adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij.

32

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebut dan jelaskan secara singkat organisasi pergerakan nasional!

315

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia