Pertanyaan

Sebut dan jelaskan secara singkat organisasi pergerakan nasional!

Sebut dan jelaskan secara singkat organisasi pergerakan nasional! 

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

organisasi pergerakan nasional mulai muncul sejak 1908 dipelopori oleh Budi Utomo dan seiring berkembangnya waktu mulai bermunculan pula organisasi-organisasi lainnya seperti Sarekat Dagang Islam, Sarekat Islam, Indische Partij, dan lain-lain.

organisasi pergerakan nasional mulai muncul sejak 1908 dipelopori oleh Budi Utomo dan seiring berkembangnya waktu mulai bermunculan pula organisasi-organisasi lainnya seperti Sarekat Dagang Islam, Sarekat Islam, Indische Partij, dan lain-lain.

Pembahasan

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari organisasi pergerakan nasional. Budi Utomo Budi Utomo didirikan oleh pelajar STOVIA dibawah pimpinan dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Tujuan Budi Utomo identik untuk mencapai kemajuan pengajaran, pertanian, peternakan dan perdagangan, teknik dan industri, serta menghidupkan kembali kebudayaan. Sarekat Dagang Islam Sarekat DagangIslam didirikan pada tahun 1911 oleh seorang saudagar bernama H. Samanhudi. Adapun latar belakang didirikannya SDI identik dengan terjadinya persaingan perdagangan antara pedagang pribumi dan pedagang asing. Sarekat Islam Sarekat Islam didirikan pada tahun 1912 oleh HOS Cokroaminoto. Tujuan Sarekat Islam adalah memajukan perdagangan, membantu anggota yang mengalami kesulitan terutama dalam bidang permodalan, memajukan kepentingan jasmani dan rohani penduduk asli, serta memajukan agama Islam. Indische Partij Didirikan pada tahun 1912 oleh Tiga Serangkai yang terdiri dari Suwardi Suryaningrat, dr. Cipto Mangunkusumo, dan dr. EFE Douwes Dekker. Tujuan dibentuknya IP secara tegas menginginkan kemerdekaan Indonesia Dengan demikian, organisasi pergerakan nasional mulai muncul sejak 1908 dipelopori oleh Budi Utomo dan seiring berkembangnya waktu mulai bermunculan pula organisasi-organisasi lainnya seperti Sarekat Dagang Islam, Sarekat Islam, Indische Partij, dan lain-lain.

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari organisasi pergerakan nasional.

  1. Budi Utomo
    Budi Utomo didirikan oleh pelajar STOVIA  dibawah pimpinan dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Tujuan Budi Utomo identik untuk mencapai kemajuan pengajaran, pertanian, peternakan dan perdagangan, teknik dan industri, serta menghidupkan kembali kebudayaan.
  2. Sarekat Dagang Islam
    Sarekat Dagang Islam didirikan pada tahun 1911 oleh seorang saudagar bernama H. Samanhudi. Adapun latar belakang didirikannya SDI identik dengan terjadinya persaingan perdagangan antara pedagang pribumi dan pedagang asing.
  3. Sarekat Islam
    Sarekat Islam didirikan pada tahun 1912 oleh HOS Cokroaminoto. Tujuan Sarekat Islam adalah memajukan perdagangan, membantu anggota yang mengalami kesulitan terutama dalam bidang permodalan, memajukan kepentingan jasmani dan rohani penduduk asli, serta memajukan agama Islam.
  4. Indische Partij
    Didirikan pada tahun 1912 oleh Tiga Serangkai yang terdiri dari Suwardi Suryaningrat, dr. Cipto Mangunkusumo, dan dr. EFE Douwes Dekker. Tujuan dibentuknya IP secara tegas menginginkan kemerdekaan Indonesia

Dengan demikian, organisasi pergerakan nasional mulai muncul sejak 1908 dipelopori oleh Budi Utomo dan seiring berkembangnya waktu mulai bermunculan pula organisasi-organisasi lainnya seperti Sarekat Dagang Islam, Sarekat Islam, Indische Partij, dan lain-lain.

332

Iklan

Pertanyaan serupa

Ada 3 jenis Organisasi perjuangan kebangsaan dalam menuju kemerdekaan Indonesia. Anda tuliskan apa saja jenis Organisasi tersebut?

32

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia