Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebagian besar gerakan sosial dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di tanah partikelir atau tanah milik swasta SEBAB Semua penduduk yang tinggal di atas tanah tersebut, dikuasai oleh para tuan tanah dan diperlakukan sesuai kehendaknya.

Sebagian besar gerakan sosial dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di tanah partikelir atau tanah milik swasta

SEBAB

Semua penduduk yang tinggal di atas tanah tersebut, dikuasai oleh para tuan tanah dan diperlakukan sesuai kehendaknya.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan pada soal ini benar , sebagian besar gerakan sosial dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di tanah partikelir atau tanah milik swasta. Gerakan sosial ini adalah bentuk perlawanan rerhadap keadaan atau peraturan yang tidak adil. Selain iru, karena rasa ridak puas rerhadap kondisi sosial-ekonomi yang kurang memberi tempar bagi kehidupan para pelaku dan pendukung gerakannya. Gerakan ini muncul di kalangan petani sebagai akibar dari prakrik penjualan atau pemberian hadiah tanah oleh Belanda kepada perseorangan atau swasta. Alasan pada soal juga benar, semua penduduk yang tinggal di atas tanah tersebut, dikuasai oleh para tuan tanah dan diperlakukan sesuai kehendaknya. Orang-orang yang membeli atau menerima tanah dari pemerintah itu menjadi tuan tanah. Mereka merasa memiliki hak untuk menguasai penduduk yang berdiam di atas tanah tersebut. Penduduk yang tinggal di tanah tersebut kemudian diharuskan menyerahkan hasil garapannya dan tenaganya untuk berbagai kepentingan tuan tanah. Pola ini mengarah pada praktik perbudakan. Berdasarkan penjelasn di atas maka pernyataan benar alasan benar dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat.

Pernyataan pada soal ini benar, sebagian besar gerakan sosial dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di tanah partikelir atau tanah milik swasta.

Gerakan sosial ini adalah bentuk perlawanan rerhadap keadaan atau peraturan yang tidak adil. Selain iru, karena rasa ridak puas rerhadap kondisi sosial-ekonomi yang kurang memberi tempar bagi kehidupan para pelaku dan pendukung gerakannya. Gerakan ini muncul di kalangan petani sebagai akibar dari prakrik penjualan atau pemberian hadiah tanah oleh Belanda kepada perseorangan atau swasta.

Alasan pada soal juga benar, semua penduduk yang tinggal di atas tanah tersebut, dikuasai oleh para tuan tanah dan diperlakukan sesuai kehendaknya.

Orang-orang yang membeli atau menerima tanah dari pemerintah itu menjadi tuan tanah. Mereka merasa memiliki hak untuk menguasai penduduk yang berdiam di atas tanah tersebut. Penduduk yang tinggal di tanah tersebut kemudian diharuskan menyerahkan hasil garapannya dan tenaganya untuk berbagai kepentingan tuan tanah. Pola ini mengarah pada praktik perbudakan.

Berdasarkan penjelasn di atas maka pernyataan benar alasan benar dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

36

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada awalnya ketentuan sistem tanam paksa tidak memberatkan rakyat. Dalam pelaksanaannya, kebijakan tersebut menyebabkan rakyat makin menderita karena ....

149

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia