Roboguru

Saran yang tepat untuk permasalahan dalam petikan cerita tersebut adalah ...

Pertanyaan

Saran yang tepat untuk permasalahan dalam petikan cerita tersebut adalah ... 

  1. Suami harus mampu mengatur urusan rumah tangga. 

  2. Seorang istri harus tulus dan mampu memahami kehendak suami. 

  3. Suami harus mengerti kebutuhan dan kesukaan istri. 

  4. Dalam rumah tangga, istri harus mengikuti semua perintah suami. 

  5. Suami istri harus saling menyayangi. 

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang dalam novel adalah menafsir apa saja yang terkandung dalam novel, dalam hal ini termasuk di dalamnya menafsir tentang pesan pengarang, kalimat konotasi, kaitan fakta dengan kehidupan yang ada dan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disampaikan oleh penulis.

Pada penggalan novel tersebut, pengarang mengungkapkan tokoh Yah sebagai perempuan yang tahu hak dan kewajibannya sebagai istri, menyayangi suami dengan tulus, memahami apa yang menjadi kehendak suami. Hal itu terlihat pada kutipan "Tono menjadi tenteram di rumah Yah karena Yah menyambutnya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Yah mengerti kesukaan suami: menanggalkan baju dokternya, melepas sepatunya, dan mengganti dengan sandal rumah."

Berdasarkan hal yang diungkapkan pengarang, saran yang tepat untuk permasalahan dalam petikan cerita tersebut adalah seorang istri harus tulus dan mampu memahami kehendak suami.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pandangan pengarang novel yang diulas tersebut berkaitan dengan ...

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang berarti menjelaskan maksud pengarang dalam novel yang ditulisnya. Menafsirkan merupakan bagian dari kritik sastra yang bertujuan untuk memperjelas makna atau mengungkapkan keunggulan novel yang tersembunyi agar karya tersebut dapat dinikmati atau diapresiasi secara utuh. Langkah-langkah menafsir pandangan pengarang, yaitu sebagai berikut.

  1. membaca novel dengan seksama
  2. menentukan nilai-nilai kehidupan
  3. menafsirkan pandangan pengarang terhadap nilai-nilai itu

Cerita dalam novel tersebut memberikan nilai kehidupan yang dapat dipelajari oleh pembaca. Pengarang menghadirkan tokoh Alif dan sahabatnya yang memberikan gambaran bahwa siapa pun bisa mewujudkan mimpinya jika mau bersungguh-sungguh mewujudkannya. Hal itu dipaparkan dalam kutipan "Di bawah menara PM inilah, mereka berlima justru menciptakan mimpi-mimpi lewat imajinasinya menatap langit dan merangkai awan akan mantra ampuh yang mereka dapatkan dari Kyai Rais, guru besar PM, yaitu man jadda wajada, 'siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil'." Jadi, pandangan pengarang novel yang diulas tersebut berkaitan dengan wujudkan mimpi dengan bersungguh-sungguh.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Tema dalam kutipan buku fiksi tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks di atas di atas bersumber dari cerpen. Cerpen termasuk dalam buku fiksi. Buku fiksi adalah sebuah karya yang dihasilkan oleh penulis berdasarkan imajinasinya. Isi dalam sebuah buku fiksi merupakan hasil imajinasi, khayalan, atau rekaan. Sementara itu, tema adalah suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal, salah satunya dalam membuat suatu tulisan.

Cara menentukan tema pada sebuah bacaan:

  1. Menyimak atau membaca cerita dengan seksama.
  2. Mencatat peristiwa-peristiwa yang ada dalam cerita.
  3. Menyimpulkan tema bedasarkan peristiwa-peristiwa yang ada dalam cerita.

Cerita di atas berisi tentang tokoh Arif yang mneyesal tidak sempat membawa orang tuanya untuk berobat karena kehabisan dana. Jadi, dapat disimpulkan tema dalam kutipan buku fiksi tersebut adalah penyesalan seorang anak kepada orang tuanya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Hal yang diungkapkan pengarang pada petikan novel tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang dalam novel adalah menafsir apa saja yang terkandung dalam novel, dalam hal ini termasuk di dalamnya menafsir tentang pesan pengarang, kalimat konotasi, kaitan fakta dengan kehidupan yang ada dan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disampaikan oleh penulis. Langkah-langkah menafsir pandangan pengarang, yaitu sebagai berikut.

  1. membaca novel dengan seksama
  2. menentukan nilai-nilai kehidupan
  3. menafsirkan pandangan pengarang terhadap nilai-nilai itu

Pengarang dalam ceritanya ingin memberikan pesan kepada pembaca lewat nilai kehidupan yang tertuang dalam cerita. Dalam penggalan novel tersebut diceritakan sosok Hanafi yang berperangai angkuh, pemarah, dan kasar. Dia menumpahkan amarahnya kepada istrinya dengan mengatai dan menghina istrinya di depan tamunya. Hal itu dibuktikan dalam kutipan "... dikatainyalah istrinya di muka kawan-kawannya dengan segala nista dan penghinaan hingga ketiga tamunya itu menjadi resah dan prihatin atas sikap Hanafi kepada istrinya." Jadi, hal yang diungkapkan pengarang pada petikan novel tersebut adalah berkaitan dengan perlakuan suami yang tidak baik terhadap istrinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Judul novel yang dikritik pada teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, judul merupakan kepala karangan (cerita, drama, dan sebagainya).

Berdasarkan isinya, novel tersebut merupakan cerita dari novel Negeri 5 MenaraNegeri 5 Menara adalah roman karya Ahmad Fuadi yang diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2009. Novel ini bercerita tentang kehidupan 6 santri dari 6 daerah yang berbeda menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo Jawa Timur yang jauh dari rumah dan berhasil mewujudkan mimpi menggapai jendela dunia. Jadi, judul novel yang dikritik pada teks tersebut adalah Negeri 5 Menara.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Hal yang dipertentangkan dalam petikan cerita tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Rangakaian peristiwa dalam cerita memiliki konflik yang menjadikan cerita menarik. Konflik adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama (pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dalam diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dan sebagainya). Pada cerita tersebut terjadi perselisihan pendapat antara orang tua dengan remaja. Orang tua berpendapat bahwa bahagia maknanya adalah kesenangan dalam hidup, sedangkan remaja memiliki pandangan lain tentang makna bahagia. Jadi, hal yang dipertentangkan dalam petikan cerita tersebut adalah hakikat bahagia. Itu dibuktikan pada kutipan "Yang bertentangan itu hanyalah pendapat tentang bahagia, tentang arti hidup kita sebagai manusia."

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved