Roboguru

Hal yang diungkapkan pengarang pada petikan novel tersebut adalah ...

Pertanyaan

Hal yang diungkapkan pengarang pada petikan novel tersebut adalah ... 

  1. masalah rumah tangga 

  2. budaya adat Minangkabau 

  3. perlakuan suami terhadap istrinya 

  4. cara berpakaian istri di depan suami 

  5. perilaku menantu kepada mertuanya 

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang dalam novel adalah menafsir apa saja yang terkandung dalam novel, dalam hal ini termasuk di dalamnya menafsir tentang pesan pengarang, kalimat konotasi, kaitan fakta dengan kehidupan yang ada dan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disampaikan oleh penulis. Langkah-langkah menafsir pandangan pengarang, yaitu sebagai berikut.

  1. membaca novel dengan seksama
  2. menentukan nilai-nilai kehidupan
  3. menafsirkan pandangan pengarang terhadap nilai-nilai itu

Pengarang dalam ceritanya ingin memberikan pesan kepada pembaca lewat nilai kehidupan yang tertuang dalam cerita. Dalam penggalan novel tersebut diceritakan sosok Hanafi yang berperangai angkuh, pemarah, dan kasar. Dia menumpahkan amarahnya kepada istrinya dengan mengatai dan menghina istrinya di depan tamunya. Hal itu dibuktikan dalam kutipan "... dikatainyalah istrinya di muka kawan-kawannya dengan segala nista dan penghinaan hingga ketiga tamunya itu menjadi resah dan prihatin atas sikap Hanafi kepada istrinya." Jadi, hal yang diungkapkan pengarang pada petikan novel tersebut adalah berkaitan dengan perlakuan suami yang tidak baik terhadap istrinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan buku tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks di atas merupakan kutipan buku nonfiksi. Buku non fiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif.

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan buku tersebut adalah para profesional medis harus mampu berkomunikasi dengan pasien untuk mendapatkan data yang mencukupi dan akurat tentang kondisi pasien. Hal tersebut ditunjukan pada kalimat "Seorang dokter, perawat, dan bidan harus mampu berkomunikasi dengan pasien untuk mendapatkan data yang mencukupi dan akurat tentang kondisi pasien, menafsirkan pesan, dan menggali informasi lanjut."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi kutipan buku tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, dialog adalah percakapan (dalam sandiwara, cerita, dan sebagainya); karya tulis yang disajikan dalam bentuk percakapan antara dua tokoh atau lebih. Dialog tersaji sesuai dengan urutan peristiwa yang dimulai dengan orientasi, komplikasi, sampai dengan resolusi.

Untuk mengisi kalimat rumpang dalam dialog tersebut haruslah koheren dengan kalimat sebelumnya dan kalimat sesudahnya. Kalimat yang tepat untuk mengisi dialog rumang tersebut adalah Tidak, dari menyelesaikan pekerjaan di rumah orang. Jadi, dialog yang utuh adalah sebagai berikut.

Yanti: Kau dari mana? Pulang sekolah?
Herman: Tidak, dari menyelesaikan pekerjaan di rumah orang
Yanti: Di rumah orang? (keheranan) maksudmu?
Herman: Begini, Yanti. Aku sudah lama mencoba membantu ayahku mencari rezeki. Ya, sambil belajar untuk hidup mandiri kelak.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space space space 

0

Roboguru

Pada kutipan ulasan tersebut, pernyataan yang berisi kecaman terdapat pada kalimat ....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kecaman merupakan teguran yang keras, kritikan, atau celaan. Pada kutipan ulasan tersebut, pernyataan yang berisi kecaman terdapat pada kalimat nomor 5 karena kalimat tersebut berisi pernyataan kritikan yang ditujukan kepada pengarang.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Permasalahan yang dibahas dalam kutipan buku tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Buku nonfiksi atau pengayaan adalah buku yang berisi kejadian sebenarnya. Buku nonfiksi berisi informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Untuk mengetahui permasalahan yang dibahas dalam kutipan buku tersebut, kita harus membaca teks secara saksama. Pada kutipan tersebut terdapat kalimat, “Kadar gula darah yang terlalu tinggi dalam waktu lama akan menyumbat pembuluh darah kecil yang berfungsi untuk menjaga kesehatan retina.” Berdasarkan kalimat tersebut, permasalahan yang dibahas dalam kutipan buku tersebut adalah kadar gula darah yang tinggi dapat memengaruhi kesehatan mata.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Saran yang tepat untuk permasalahan dalam petikan cerita tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang dalam novel adalah menafsir apa saja yang terkandung dalam novel, dalam hal ini termasuk di dalamnya menafsir tentang pesan pengarang, kalimat konotasi, kaitan fakta dengan kehidupan yang ada dan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disampaikan oleh penulis.

Pada penggalan novel tersebut, pengarang mengungkapkan tokoh Yah sebagai perempuan yang tahu hak dan kewajibannya sebagai istri, menyayangi suami dengan tulus, memahami apa yang menjadi kehendak suami. Hal itu terlihat pada kutipan "Tono menjadi tenteram di rumah Yah karena Yah menyambutnya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Yah mengerti kesukaan suami: menanggalkan baju dokternya, melepas sepatunya, dan mengganti dengan sandal rumah."

Berdasarkan hal yang diungkapkan pengarang, saran yang tepat untuk permasalahan dalam petikan cerita tersebut adalah seorang istri harus tulus dan mampu memahami kehendak suami.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved