Roboguru

Berdasarkan kutipan cerita tersebut, sebenarnya pengarang ingin menjelaskan bahwa bahagia adalah ....

Pertanyaan

Berdasarkan kutipan cerita tersebut, sebenarnya pengarang ingin menjelaskan bahwa bahagia adalah .... 

  1. sesuatu yang baik menurut anak-anak zaman sekarang 

  2. apabila dapat menjalani hidup dengan senang 

  3. apabila dapat menyalurkan keinginan dan bernilai positif 

  4. apabila dapat melakukan sesuatu sesuai dengan kata hatinya 

  5. apabila dapat berbuat untuk menyenangkan orang tua 

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang berarti menjelaskan maksud pengarang dalam novel yang ditulisnya. Menafsirkan merupakan bagian dari kritik sastra yang bertujuan untuk memperjelas makna atau mengungkapkan keunggulan novel yang tersembunyi agar karya tersebut dapat dinikmati atau diapresiasi secara utuh. Langkah-langkah menafsir pandangan pengarang, yaitu sebagai berikut.

  1. membaca novel dengan seksama
  2. menentukan nilai-nilai kehidupan
  3. menafsirkan pandangan pengarang terhadap nilai-nilai itu

Kutipan cerita tersebut memaparkan perbedaan pendapat tentang arti bahagia. Lewat tokoh Saleh, pengarang ingin menjelaskan bahwa bahagia adalah apabila dapat menyalurkan keinginan dan bernilai positif. Hal itu dibuktikan pada kutipan "Baginya yang dinamakan bahagia itu dapat menurutkan desakkan hatinya, dapat mengembangkan tenaga dan kecakapannyan sepenuh-penuhnya, dan menyerahkannya kepada yang terasa terhadapnya dan yang termulia dalam hidup ini.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kutipan drama berikut! Radin: Ya ... ya ... Begini saja, saya ingin terbuka saja, sekaligus juga rahasia kita berdua .. Saya tidak mau menerima suap. Titik. Saya juga tidak mau menerima h...

Pembahasan Soal:

Naskah drama memuat berbagai konflik yang sangat dekat dengan kehidupan nyata. Oleh karena itu, terdapat banyak nilai kehidupan yang dapat diambil dari sebuah naskah drama. Nilai kehidupan pada naskah drama tersebut adalah politik dan moral karena menceritakan tokoh Radin yang bergelut di dunia politik sebagai pejabat kaya raya tetapi ia memiliki moral yang buruk yaitu ingin dihormati lebih dari manusia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E, yaitu politik dan moral.
 

Roboguru

Perhatikan kutipan buku fiksi berikut ini!     Aku tetap menyabarkan diri. Tetap tenang karena aku paham, aku datang ke Jakarta. bukan untuk bertengkar. Aku datang untuk melihat ayah yang sedang sak...

Pembahasan Soal:

Kutipan cerpen tersebut menceritakan tokoh aku yang memiliki konflik dengan saudaranya, tetapi berusaha ia tutupi dan redam amarahnya demi ayahnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Roboguru

Pandangan pengarang novel yang diulas tersebut mengandung nilai ....

Pembahasan Soal:

Menafsir pandangan pengarang dalam novel adalah menafsir apa saja yang terkandung dalam novel, dalam hal ini termasuk di dalamnya menafsir tentang pesan pengarang, kalimat konotasi, kaitan fakta dengan kehidupan yang ada dan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disampaikan oleh penulis. Nilai pendidikan dalam sebuah novel berarti suatu ajaran bernilai luhur yang mendukung tujuan pendidikan yang digambarkan dalam unsur-unsur sebuah cerita fiktif naratif.

Pengarang menghadirkan tokoh Alif dan sahabat-sahabatnya dalam novel tersebut mencerminkan tokoh yang pantang menyerah dan bersungguh-sungguh dalam mewujudkan mimpinya. Hal itu dipaparkan pada kalimat "... mereka berlima justru menciptakan mimpi-mimpi lewat imajinasinya menatap langit dan merangkai awan akan mantra ampuh yang mereka dapatkan dari Kyai Rais, guru besar PM, yaitu man jadda wajada, 'siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil'."

Dapat disimpulkan bahwa pandangan pengarang novel yang diulas tersebut mengandung nilai pendidikan tentang bekerja keras dan tidak mudah menyerah.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. 

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut!   Engtay: (Mengacungkan tangan) Guru: Kenapa Engtay? Mau omong apa? Guru: Kamu satu-satunya yang tadi tidak tergolong kepada para buang air kecil berdiriwan ini. Ap...

Pembahasan Soal:

Kutipan buku drama yang tadi di atas menceritakan situasi di dalam sebuah kelas. Di dalam kelas tersebut terdapat murid-murid dan guru. Tokoh Guru memarahi murid-muridnya karena tidak mengerti etiket saat buang air di WC sekolah. Murid-murid, kecuali tokoh Engtay, buang air kecil dengan berdiri sehingga mengotori dinding WC sekolah. Karena hanya tokoh Engtay yang mengerti etiket buang air, tokoh Engtay diminta membacakan isi kitab tentang etiket buang air supaya murid-murid lain mengerti etiket tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kutipan naskah drama ini memiliki nilai pendidikan kesehatan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Perhatikan kutipan drama berikut! Letnan: Ada apa! Kopral: Lapor, anak buah kita secara mendadak disergap dan dilucuti. Letnan: Mayor? Kopral : Bukan .... Letnan: Lantas siapa? Kopral: Kapt...

Pembahasan Soal:

Perhatikan kutipan dari drama di atas!

Letnan: Celaka, kita terjebak siasat khianat. Tapi, bukankah sudah kusiasati dengan menyembunyikan kedua regu perintis kita.

Kopral: Iya.

Letnan: Aku akan siasati segera.

Pada adegan ini tergambar bahwa kopral melaporkan sebuah kekacauan. Padahal letnan sudah melakukan antisipasi untuk menghindari hal tersebut. Ketika kekacauan itu terjadi, letnan langsung mengatakan bahawa ia akan memperbaiki kekacauan tersebut. Dapat kita ketauhi bahwa tokoh letnan adalah tokoh yang bertanggung jawab. Jadi, nilai kehidupan yang menonjol adalah rasa tanggung jawab.

Jawaban : B. bertanggung jawab. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved