Iklan

Iklan

Pertanyaan

Salah satu manfaat perkembangan teknologi transportasi adalah meningkatnya mobilitas manusia. Akan tetapi, peningkatan mobilitas manusia dapatmenjadi faktor penyebab kerusakan lingkungan. Analisislah keterkaitan peningkatan mobilitas manusia dengan kerusakan lingkungan!

Salah satu manfaat perkembangan teknologi transportasi adalah meningkatnya mobilitas manusia. Akan tetapi, peningkatan mobilitas manusia dapat menjadi faktor penyebab kerusakan lingkungan. Analisislah keterkaitan peningkatan mobilitas manusia dengan kerusakanspacelingkungan!

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

peningkatan aktivitas manusia dan kerusakan lingkungan berjalan beriringan dikarenakan dalam pemenuhan kebutuhan manusia selalu berbenturan dengan kondisi alam yang tidak sesuai.

peningkatan aktivitas manusia dan kerusakan lingkungan berjalan beriringan dikarenakan dalam pemenuhan kebutuhan manusia selalu berbenturan dengan kondisi alam yang tidak sesuai.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Perkembangan teknologi transportasi menyebabkan berubahnya cara masyarakat dalam berpergian. Berubahnya cara manusia ini memiliki dampak positif ataupun negatif. Dampak negatif dari berubahnya cara manusia dalam bepergian adalah sebagai berikut. Menimbulkan kemacetan. Meningkatnya kecelakaan di jalanan. Menyebabkan kesenjangan sosial di masyarakat. Meningkatnya polusi udara. Dampak negatif yang dihasilkan oleh manusia tersebut tentu berpengaruh terhadap lingkungan. kemacetan akibat bertambahnya volume kendaraan meningkatkan polusi udara yang sangat mempengaruhi kualitas udara. Selain itu, banyak hutan yang dialihfungsikan menjadi jalan sebagai pemenuhan kebutuhan manusia. Dengan demikian, peningkatan aktivitas manusia dan kerusakan lingkungan berjalan beriringan dikarenakan dalam pemenuhan kebutuhan manusia selalu berbenturan dengan kondisi alam yang tidak sesuai.

Perkembangan teknologi transportasi menyebabkan berubahnya cara masyarakat dalam berpergian. Berubahnya cara manusia ini memiliki dampak positif ataupun negatif. Dampak negatif dari berubahnya cara manusia dalam bepergian adalah sebagai berikut. 

  1. Menimbulkan kemacetan.
  2. Meningkatnya kecelakaan di jalanan.
  3. Menyebabkan kesenjangan sosial di masyarakat.
  4. Meningkatnya polusi udara.

Dampak negatif yang dihasilkan oleh manusia tersebut tentu berpengaruh terhadap lingkungan. kemacetan akibat bertambahnya volume kendaraan meningkatkan polusi udara yang sangat mempengaruhi kualitas udara. Selain itu, banyak hutan yang dialihfungsikan menjadi jalan sebagai pemenuhan kebutuhan manusia.

Dengan demikian, peningkatan aktivitas manusia dan kerusakan lingkungan berjalan beriringan dikarenakan dalam pemenuhan kebutuhan manusia selalu berbenturan dengan kondisi alam yang tidak sesuai.

Latihan Bab

Revolusi Hijau

Teknologi Transportasi

Teknologi Kedirgantaraan

Teknologi Komunikasi & Informasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Muhammad Iqbal satrio

Makasih unch unch unch unch uwuuu >\\\< ♥️♥️♥️♥️♥️♥️♥️

Rian

Makasih ❤️

Erika Firda yoni

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perkembangan iptek di bidang transportasi berdampak positif dan negatif bagi manusia. Jelaskan dampak negatif perkembangan iptek di bidang transportasi!

10rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia