RoboguruRoboguru
SD

Pihak yang dituju oleh penulis adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!
 

(1) Desakan sejumlah aktivis agar Presiden membentuk tim gabungan pencari fakta belum ditanggapi. (2) Di sisi lain, laporan pencemaran nama baik diproses cepat oleh kepolisian.

(3) Sejumlah aktivis antikorupsi yang berada di lingkungan presiden bisa memberikan masukkan yang tepat kepada presiden bagaimana mengelola upaya pelemahan KPK yang kian terbuka. (4) Fakta pembentukan Panitia Angket DPR, penyiraman air keras, meninggalnya saksi Johannes Marliem di Amerika Serikat, serta pelaporan sejumlah media ke polisi dan dewan pers atas tuduhan pencemaran nama baik harus dilihat sebagai peristiwa terpisah atau satu kesatuan?

(5) Presiden bisa kembali ke dokumen Nawacita yang mengantarkannya menjadi presiden: "Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermatabat, dan terpercaya". (6) Publik menunggu kehadiran negara yang kuat, minimal dalam kasus pemberantasan korupsi.

Sumber: Kompas, 11 September 2017space 

Pihak yang dituju oleh penulis adalah ...space 

  1. aktivis antikorupsispace 

  2. KPKspace 

  3. DPRspace 

  4. presidenspace 

  5. masyarakatspace 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan

Teks editorial atau tajuk adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Untuk dapat mengetahui pihak yang dituju oleh penulis terlebih dahulu menganalisis posisi dari penulis. Posisi penulis adalah kedudukan penulis terhadap isu yang sedang dibahas. Apakah penulis menjadi pihak oposisi dengan menentang dan mengkritik isu atau menjadi pihak pro yang mendukung isu. Posisi penulis ini dapat diketahui dengan melihat pada solusi yang disampaikan.

Posisi penulis dalam teks di atas adalah sebagai pihak oposisi. Hal tersebut dibuktikan oleh solusi yang diberikan penulis dalam kalimat, Presiden bisa kembali ke dokumen Nawacita yang mengantarkannya menjadi presiden: "Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermatabat, dan terpercaya". Pada kalimat tersebut penulis memberikan alternatif solusi kepada pihak presiden mengenai isu yang sedang dibahas. Maka, pihak yang dituju oleh penulis adalah presiden.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

9rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tujuan penulis menyampaikan informasi tersebut kepada pembaca adalah....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia