Roboguru

Perkembangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

Pertanyaan

Perkembangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

  1. Mewujudkan ramalan masa depan 
  2. Menuju tingkatan lebih efesien

  3. Membuat perubahan

  4. Menuju ke sesuatu yang lebih baik

  5. Suatu keadaan masyarakat dalam suatu periode tertentu dalam sejarah yang berkembang dari dan disebabkan oleh kondisi yang terjadi sebelumnya, tidak muncul begitu saja atau berdiri sendiri

Pembahasan Soal:

Perkembangan dalam konsep waktu sejarah berarti bahwa dalam hal ini waktu sebagai sesuatu yang terus bergerak dari masa ke masa dan melahirkan berbagai peristiwa yg saling terkait sehingga proses sejarah tidak pernah berhenti. Oleh sebab itu, perkembangan diartikan suatu keadaan masyarakat dalam suatu periode tertentu dalam sejarah yang berkembang dari dan disebabkan oleh kondisi yang terjadi sebelumnya, tidak muncul begitu saja atau berdiri sendiri.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan karakteristik berikut! Perubahan Pergerakan Perkembangan Pergeseran Kesinambungan Menurut Kuntowijoyo, unsur waktu dalam sejarah ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Konsep waktu dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo (2001: 14-15) meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan, berikut ini penjelasannya:

  1. Perkembangan. Masyarakat yang berkembang akan membawa bentuk baru yang lebih relevan dengan kondisi zaman. Perkembangan ini bertujuan untuk memperbarui segala sesuatu yang sudah dianggap tidak efektif bagi kelangsungan hidup masyarakat. Contohnya adalah demokrasi Amerika yang semakin berkembang akibat dari perkembangan struktur kota yang semakin kompleks.
  2. Kesinambungan. Kecenderungan masyarakat dalam mengadopsi cara-cara lama, menjadi dasar kesinambungan sejarah dari masa lalu. Meskipun ada beberapa poin yang berbeda, namun tidak merubah pola dan esensi dari sistem sebelumnya. Contohnya adalah sistem-sistem partai yang menyerupai sistem kerajaan masa sebelumnya, dalam lingkup yang hampir sama.
  3. Pengulangan. Peristiwa yang sama terulang kembali di masa berikutnya. Hal ini sering terjadi, sehingga muncul jargon "Sejarah terulang kembali". Contohnya pada peristiwa lengsernya presiden Soekarno dan Soeharto yang dilatarbelakangi aksi demonstrasi dari para mahasiswa.
  4. Perubahan. Peristiwa perubahan terjadi dalam masyarakat secara besar-besaran dalam kurun waktu yang singkat. Hal ini biasanya terjadi karena adanya pengaruh yang kuat dari luar. Contohnya adalah gerakan 30 S/PKI terjadi akibat paham komunis dari China dan Rusia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2

Roboguru

Perhatikan kondisi kawasan Malioboro, Yogyakarta pada kedua gambar berikut!  Dari kedua gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Konsep waktu dalam sejarah mencakup empat hal, yaitu perubahan, kesinambungan, pengulangan, dan perkembangan. Perkembangan adalah suatu keadaan masyarakat dalam suatu periode tertentu dalam sejarah yang berkembang dari dan disebabkan oleh kondisi yang terjadi sebelumnya, tidak muncul begitu saja atau berdiri sendiri. Dalam hal perkembangan, sejarah akan melihat dan mencatat peristiwa yang menunjukkan terjadinya perubahan dalam masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lain, biasanya dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks.

Contohnya perkembangan jalan Malioboro yang merupakan salah satu jalan paling populer di Yogyakarta. Selain berada di jantung kota, Malioboro menjadi cukup dikenal karena cerita sejarah yang menyertainya. Keberadaan Malioboro sering pula dikaitkan dengan tiga tempat sakral di Yogya yakni Gunung Merapi, Keraton dan Pantai Selatan. Asal nama jalan Malioboro sendiri berasal dari bahasa sansekerta malyabhara yang berarti karangan bunga. Kata Malioboro juga berasal dari nama seorang kolonial Inggris yang bernama Marlborough yang pernah tinggal disana pada tahun 1811 - 1816 M. Pendirian jalan malioboro bertepatan dengan pendirian Keraton Yogyakarta.

Awalnya Jalan Malioboro ditata sebagai sumbu imajiner antara Pantai Selatan (Pantai Parangkusumo) - Kraton Yogya - Gunung Merapi. Malioboro mulai ramai pada era kolonial 1790 saat pemerintah Belanda membangun benteng Vredeburg pada tahun 1790 di ujung selatan jalan ini. Selain membangun benteng, Belanda juga membangun atau Societeit Der Vereniging Djokdjakarta (1822), The Dutch Governor's Residence (1830), Javasche Bank, dan Kantor Pos. Setelah itu Malioboro berkembang kian pesat karena perdagangan antara orang Belanda dengan pedagang Tionghoa. Tahun 1887 Jalan Malioboro dibagi menjadi dua dengan didirikannya tempat pemberhentian kereta api yang kini bernama Stasiun Tugu Yogya.

Jalan Malioboro juga memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di sisi selatan Jalan Malioboro pernah terjadi pertempuran sengit antara pejuang tanah air melawan pasukan kolonial Belanda yang ingin menduduki Yogya. Pertempuran itu kemudian dikenal dengan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 yakni keberhasilan pasukan merah putih menduduki Yogya selama enam jam dan membuktikan kepada dunia bahwa angkatan perang Indonesia tetap ada.

Malioboro terus berkembang hingga saat ini. Dengan tetap mempertahankan konsep aslinya dahulu, Malioboro jadi pusat kehidupan masyarakat Yogya. Tempat-tempat strategis seperti Kantor Gubernur DIY, Gedung DPRD DIY, Pasar Induk Beringharjo hingga Istana Presiden Gedung Agung juga berada di kawasan ini. Pemerintah setempat kini terus melakukan perbaikan untuk menata Malioboro menjadi kawasan yang nyaman untuk disinggahi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

5

Roboguru

Sebuah kota selalu berkembang dari masa ke masa. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari bertambahnya jumlah gedung, permukiman, jembatan, dan tempat ibadah. Dampak perkembangan kota tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Perkembangan adalah suatu keadaan masyarakat dalam suatu periode tertentu dalam sejarah yang berkembang dari dan disebabkan oleh kondisi yang terjadi sebelumnya sehingga tidak muncul begitu saja atau berdiri sendiri. Dalam hal perkembangan, sejarah akan melihat dan mencatat peristiwa yang menunjukkan terjadinya perubahan dalam masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lain, biasanya dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks. Contohnya adalah perkembangan kota.

Sebuah kota selalu berkembang dari masa ke masa. Perkembangan kota menurut Raharjo dalam Widyaningsih (2001), bermakna perubahan yang dialami oleh daerah perkotaan pada aspek-aspek kehidupan dan penghidupan kota tersebut, dari tidak ada menjadi ada, dari sedikit menjadi banyak, dari kecil menjadi besar, dari ketersediaan lahan yang luas menjadi terbatas, dari penggunaan ruang yang sedikit menjadi teraglomerasi secara luas, dan seterusnya. Istilah perkembangan kota (urban development) dapat diartikan sebagai suatu perubahan menyeluruh, yaitu yang menyangkut segala perubahan di dalam masyarakat kota secara menyeluruh, baik perubahan sosial ekonomi, sosial budaya, maupun perubahan fisik (Hendarto, 1997). Artinya, perkembangan tersebut dapat dilihat dari bertambahnya jumlah gedung, permukiman, jembatan, dan tempat ibadah dan lain sebagainya.

Dampak dari perkembangan kota tersebut adalah terbentuknya masyarakat kota yang dinamis dan modern. Kota lebih dinamis daripada desa karena kota memiliki berbagai lapangan pekerjaan yang mendukung kegiatan ekonomi yang lebih banyak dari desa, memiliki tenaga kerja dengan pendidikan tinggi yang mampu membuat inovasi dan mampu melakukan pekerjaan yang lebih rumit, serta memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak sebagai pangsa pasar yang lebih besar. Dengan kondisi tersebut, masyarakat kota terbentuk menjadi masyarakat yang dinamis karena terbiasa dengan segala perubahan yang mudah terjadi di kota.

Masyarakat kota identik dengan masyarakat modern, yaitu masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi ke kehidupan dalam peradaban masa kini. Pada umumnya, masyarakat modern tinggal di daerah perkotaan sehingga disebut masyarakat kota sehingga perkembangan kota dapat membentuk pola masyarakat modern. Masyarakat kota yang kita ketahui itu selalu identik pula dengan sifat individual, egois, matrealistis, penuh kemewahan, dikelilingi gedung-gedung yang menjulang tinggi, perkantoran yang mewah, dan pabrik-pabrik yang besar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

5

Roboguru

Konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Dalam setiap peristiwa dan kejadian perkembangan manusia dapat dijelaskan secara konkret dengan konsep waktu. Hal tersebut mengartikan bahwa sejarah tidak dapat lepas dari struktur waktu. Beberapa konsep waktu esensial dalam sejarah sebagai berikut.

  1. Perkembangan. Setiap generasi masyarakat yang baru akan terus memperbarui dan membawa bentuk baru yang sesuai dengan kondisi zamannya. Pembaruan setiap generasi menjadikan keberhasilan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Kesinambungan. Masyarakat akan mengambil beberapa cara yang dapat dipakai dari zaman-zaman sebelumnya yang menyebabkan adanya kesinambungan sejarah. Walaupun mengambil pembelajaran dari masa lalu, masyarakat tetap mengembangkan sesuatu sesuai zamannya.
  3. Pengulangan. Tidak jarang banyak peristiwa sejarah yang mengalami pengulangan. Walaupun secara waktu berbeda, namun latar belakangnya terkadang hampir sama.
  4. Perubahan. Perubahan dalam masyarakat yang terjadi secara besar dan singkat, biasanya dipengaruhi adanya kekuatan dari luar yang menjadikanya perubahan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Perhatikan wacana berikut! Semula Kota Jakarta berbentuk desa-desa kecil di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa. Pada 1527 pelabuhan Sunda Kelapa dikuasai oleh Kerajaan Demak dan namanya diubah menjadi Ja...

Pembahasan Soal:

Perkembangan masyarakat dapat terjadi ditengahnya apabila kelakuan masyarakat bergerak dengan mengubah perilaku dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Sebuah perubahan dalam masyarakat akan menjadi masyarakat yang berkembang saat bentuk perilaku manusia dari bentuk yang sederhana dan bentuk yang komplek. Dalam ilmu sejarah mempelajari segala perkembangan manusia dari kejadian masa lampau sampai sekarang. Ilmu sejarah tidak dapat berdiri sendiri untuk mengunggkap segala peristiwa, ilmu sejarah dibantu oleh ilmu sosiologi dan antropologi. Kedua ilmu tersebut membantu ilmu sejarah untuk mengunggkapnya. Contoh dari perkembangan adalah perkembangan demokrasi Amerika. Dalam contoh ini, pada masa lampau Amerika merupakan terdiri dari kota kota kecil di new england. Perkembangan demokrasi pada Amerika mengikuti perkembangan kota. Dari unit unit kecil atau kota tumbuhlah dewan dewan kota. Setelah terbentuk dewan dewan kota maka terbentuklah kota kota provinsi. Setelah kota kota provinsi maka Amerika berkembang pesat, ini terbukti dengan tumbuhnya kota megapolitan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved