Roboguru

Konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal, yaitu ...

Pertanyaan

Konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal, yaitu ...

  1. Perkembangan, Kesinambungan, Pengulangan, dan Perubahan

  2. Lampau, Terbatas, Kisaran Tahun, dan Peradaban

  3. Masa Lalu, Perkembangan, Masa Kini, dan Masa Depan

  4. Primitif, Nomaden, Semi Nomaden, dan Tinggal Menetap

  5. Damai, Perang, Bencana Alam, dan Kehancuran

Pembahasan Soal:

Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Dalam setiap peristiwa dan kejadian perkembangan manusia dapat dijelaskan secara konkret dengan konsep waktu. Hal tersebut mengartikan bahwa sejarah tidak dapat lepas dari struktur waktu. Beberapa konsep waktu esensial dalam sejarah sebagai berikut.

  1. Perkembangan. Setiap generasi masyarakat yang baru akan terus memperbarui dan membawa bentuk baru yang sesuai dengan kondisi zamannya. Pembaruan setiap generasi menjadikan keberhasilan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Kesinambungan. Masyarakat akan mengambil beberapa cara yang dapat dipakai dari zaman-zaman sebelumnya yang menyebabkan adanya kesinambungan sejarah. Walaupun mengambil pembelajaran dari masa lalu, masyarakat tetap mengembangkan sesuatu sesuai zamannya.
  3. Pengulangan. Tidak jarang banyak peristiwa sejarah yang mengalami pengulangan. Walaupun secara waktu berbeda, namun latar belakangnya terkadang hampir sama.
  4. Perubahan. Perubahan dalam masyarakat yang terjadi secara besar dan singkat, biasanya dipengaruhi adanya kekuatan dari luar yang menjadikanya perubahan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan data berikut! Perubahan Kesinambungan Perkembangan Pengulangan Hal-hal tersebut merupakan unsur-unsur dari konsep … dalam sejarah

Pembahasan Soal:

Waktu dalam sejarah merupakan sesuatu yang terus bergerak dari masa sebelumnya ke masa berikutnya. Gerakan ini menimbulkan perubahan bagi kehidupan manusia secara positif ataupun negatif. Di sisi lain, John Dewey (1959) memaparkan bahwa penulisan sejarah harus mencakup masa lampau dan sekarang. Sejarah harus bersifat instrumental dalam memecahkan masalah masa kini. Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Sebagai contoh, kamar mandi kecil pada zaman sebelumnya diartikan sebagai kamar yang berukuran kecil (denotatif), tetapi kamar kecil dalam generasi yang berbeda diartikan sebagai kamar mandi (konotatif). Adapun beberapa konsep waktu dalam memahami sejarah pada umumnya sebagai berikut:

  • Masa lampau merupakan waktu yang sudah terlewat (terjadi). Namun, masa lampau terkadang masa yang yang masih berlanjut dan belum berhenti.
  • Masa lampau bersifat terbuka dan saling terhubung antar waktunya. Sehingga, apapun yang sudah terjadi di masa lampau dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk waktu yang akan datang.
  • Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan masa sekarang dan masa depan.

Dalam setiap peristiwa dan kejadian perkembangan manusia dapat dijelaskan secara konkret dengan konsep waktu. Hal tersebut mengartikan bahwa sejarah tidak dapat lepas dari struktur waktu. Beberapa konsep waktu esensial dalam sejarah sebagai berikut:

  1. Perkembangan. Setiap generasi masyarakat yang baru akan terus memperbarui dan membawa bentuk baru yang sesuai dengan kondisi zamannya. Pembaruan setiap generasi menjadikan keberhasilan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Kesinambungan. Masyarakat akan mengambil beberapa cara yang dapat dipakai dari zaman-zaman sebelumnya yang menyebabkan adanya kesinambungan sejarah. Walaupun mengambil pembelajaran dari masa lalu, masyarakat tetap mengembangkan sesuatu sesuai zamannya.
  3. Pengulangan. Tidak jarang banyak peristiwa sejarah yang mengalami pengulangan. Walaupun secara waktu berbeda, namun latar belakangnya terkadang hampir sama.
  4. Perubahan. Perubahan dalam masyarakat yang terjadi secara besar dan singkat, biasanya dipengaruhi adanya kekuatan dari luar yang menjadikanya perubahan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

Roboguru

Perhatikan karakteristik berikut! Perubahan Pergerakan Perkembangan Pergeseran Kesinambungan Menurut Kuntowijoyo, unsur waktu dalam sejarah ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Konsep waktu dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo (2001: 14-15) meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan, berikut ini penjelasannya:

  1. Perkembangan. Masyarakat yang berkembang akan membawa bentuk baru yang lebih relevan dengan kondisi zaman. Perkembangan ini bertujuan untuk memperbarui segala sesuatu yang sudah dianggap tidak efektif bagi kelangsungan hidup masyarakat. Contohnya adalah demokrasi Amerika yang semakin berkembang akibat dari perkembangan struktur kota yang semakin kompleks.
  2. Kesinambungan. Kecenderungan masyarakat dalam mengadopsi cara-cara lama, menjadi dasar kesinambungan sejarah dari masa lalu. Meskipun ada beberapa poin yang berbeda, namun tidak merubah pola dan esensi dari sistem sebelumnya. Contohnya adalah sistem-sistem partai yang menyerupai sistem kerajaan masa sebelumnya, dalam lingkup yang hampir sama.
  3. Pengulangan. Peristiwa yang sama terulang kembali di masa berikutnya. Hal ini sering terjadi, sehingga muncul jargon "Sejarah terulang kembali". Contohnya pada peristiwa lengsernya presiden Soekarno dan Soeharto yang dilatarbelakangi aksi demonstrasi dari para mahasiswa.
  4. Perubahan. Peristiwa perubahan terjadi dalam masyarakat secara besar-besaran dalam kurun waktu yang singkat. Hal ini biasanya terjadi karena adanya pengaruh yang kuat dari luar. Contohnya adalah gerakan 30 S/PKI terjadi akibat paham komunis dari China dan Rusia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Bagian dari sebuah peristiwa sejarah yang terulang adalah …

Pembahasan Soal:

Pengulangan merupakan salah satu pembagian konsep waktu dalam sejarah. Pengulangan dalam artian sejarah memiliki definisi yang tidak berbeda jauh dengan pengertian umum, yaitu peristiwa yang sudah terjadi, kemudian terjadi kembali. Namun, karena sejarah memiliki sifat unik maka sebuah peristiwa sejarah yang pernah terjadi tidak akan terjadi lagi, namun yang terulang dari sebuah peristiwa sejarah hanyalah pola/bentuk peristiwa. Misalnya tahun 1914-1918 terjadi Perang Dunia 1, tahun 1939-1945 terjadi juga Perang Dunia II. Mereka adalah dua peristiwa yang berbeda baik dari unsur manusia, ruang dan waktu. Namun, terdapat persamaan pola dari dua peristiwa itu, yaitu sama-sama Perang Dunia. Sehingga yang terulang dalam pengulangan sejarah adalah pola/bentuk.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Perhatikan aktivitas sekelompok orang di benteng Vredeburg pada gambar berikut! Berdasarkan konsep waktu dalam sejarah, aktivitas sekelompok orang di benteng Vredeburg pada gambar menunjukkan adany...

Pembahasan Soal:

Perubahan merupakan sesuatu yang pasti terjadi dalam kehidupan manusia. Perubahan dapat diartikan segala aspek kehidupan yang terus bergerak seiring perjalanan kehidupan masyarakat dan membuat perbedaan. Perubahan dapat diartikan juga sebagai ketidaksamaan suatu keadaan dengan keadaan lainnya dari waktu ke waktu. Jika berbicara bangunan benteng Vredeburg di masa yang lalu dan sekarang, maka secara fisik bangunan tersebut tidak mengalami banyak perubahan. Akan tetapi dari sisi fungsi bangunan tersebut mengalami perubahan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Perhatikan dua gambar berikut!     Dua gambar diatas diambil dari dua waktu yang berbeda. Gambar pertama diambil pada kisaran tahun 1930-1936 di Jawa Barat sedangkan gambar kedua diambil pada tah...

Pembahasan Soal:

Dua gambar diatas menunjukkan sebuah konsep waktu sejarah yang berkesinambungan. Apa itu kesinambungan? Kesinambungan adalah suatu masyarakat baru yang masih mengadopsi lembaga-lembaga lama. Misalnya adalah pada gambar diatas, yang mana masyarakat Indonesia dahulu sudah menggunakan tenaga hewan untuk membajak sawah yang terjadi pada kisaran tahun 1930-1936 dan hal tersebut masih diadopsi oleh sebagian masyarakat Indonesia pada tahun 2010 bahkan hingga saat ini.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved