Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan wacana berikut!

Semula Kota Jakarta berbentuk desa-desa kecil di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa. Pada 1527 pelabuhan Sunda Kelapa dikuasai oleh Kerajaan Demak dan namanya diubah menjadi Jayakarta. Selanjutnya, pada 1619 VOC berhasil merebut Jayakarta dan mengubah namanya menjadi Batavia. VOC juga menjadikan Batavia sebagai pusat pemerintahan. Oleh karena itu, VOC mulai membangun berbagai infrastruktur modern seperti gedung, gudang, jalan, kanal, galangan kapal, dan benteng. Setelah Belanda berhasil dikalahkan Jepang pada 1942, nama Batavia diubah menjadi Jakarta.

Berdasarkan wacana tersebut, Kota Jakarta mengalami ....

  1. Perkembangan

  2. Kesinambungan

  3. Keberlanjutan

  4. Pengulangan

  5. Perubahan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Perkembangan masyarakat dapat terjadi ditengahnya apabila kelakuan masyarakat bergerak dengan mengubah perilaku dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Sebuah perubahan dalam masyarakat akan menjadi masyarakat yang berkembang saat bentuk perilaku manusia dari bentuk yang sederhana dan bentuk yang komplek. Dalam ilmu sejarah mempelajari segala perkembangan manusia dari kejadian masa lampau sampai sekarang. Ilmu sejarah tidak dapat berdiri sendiri untuk mengunggkap segala peristiwa, ilmu sejarah dibantu oleh ilmu sosiologi dan antropologi. Kedua ilmu tersebut membantu ilmu sejarah untuk mengunggkapnya. Contoh dari perkembangan adalah perkembangan demokrasi Amerika. Dalam contoh ini, pada masa lampau Amerika merupakan terdiri dari kota kota kecil di new england. Perkembangan demokrasi pada Amerika mengikuti perkembangan kota. Dari unit unit kecil atau kota tumbuhlah dewan dewan kota. Setelah terbentuk dewan dewan kota maka terbentuklah kota kota provinsi. Setelah kota kota provinsi maka Amerika berkembang pesat, ini terbukti dengan tumbuhnya kota megapolitan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

2rb+

5.0 (3 rating)

Pertanyaan serupa

Sebuah kota selalu berkembang dari masa ke masa. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari bertambahnya jumlah gedung, permukiman, jembatan, dan tempat ibadah. Dampak perkembangan kota tersebut adalah ...

9rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia