Roboguru

Peristiwa yang terjadi di rumah itu jalin-menjalin dan terekam dalam memoriku. Lelaki tua itu memimpin doa, lalu memberikan kado kepada istrinya, dan mereka pun makan bersama. Nasi yang kukunyah terasa lama sekali aku telan. Nasi dan lauk kerupuk bukan penyebab semangatku hilang, tetapi aku tengah terhanyut melihat suasana keluarga yang berada di depan mataku.      Aku terkesan pada kasih sayang lelaki tua ini terhadap istrinya. Kado yang diberikannya entah apa, yang pasti tidak mahal dan barangkali barang bekas yang dipungutinya dari tempat sampah. Biarpun hidup mereka jauh dari berkecukupan, mereka menghadapi semua itu dengan senyum. Tanpa tangis, tanpa keluhan. Ingin rasanya aku memberikan kado yang membahagiakan istriku yang membuatnya berbinar seperti tatapan ibu tua saat menerima kado suaminya. Tapi aku masih tidak tahu kado apa yang harus aku berikan untuknya. Dikutip dari: Eko Ari Prabowo, "KadoTerindah" dalam Cerita Para Perambah, Jakarta, Kompas, 2017 Watak tokoh lelaki tua pada kutipan cerpen tersebut digainbarkan melalui...

Pertanyaan

     Peristiwa yang terjadi di rumah itu jalin-menjalin dan terekam dalam memoriku. Lelaki tua itu memimpin doa, lalu memberikan kado kepada istrinya, dan mereka pun makan bersama. Nasi yang kukunyah terasa lama sekali aku telan. Nasi dan lauk kerupuk bukan penyebab semangatku hilang, tetapi aku tengah terhanyut melihat suasana keluarga yang berada di depan mataku.

     Aku terkesan pada kasih sayang lelaki tua ini terhadap istrinya. Kado yang diberikannya entah apa, yang pasti tidak mahal dan barangkali barang bekas yang dipungutinya dari tempat sampah. Biarpun hidup mereka jauh dari berkecukupan, mereka menghadapi semua itu dengan senyum. Tanpa tangis, tanpa keluhan. Ingin rasanya aku memberikan kado yang membahagiakan istriku yang membuatnya berbinar seperti tatapan ibu tua saat menerima kado suaminya. Tapi aku masih tidak tahu kado apa yang harus aku berikan untuknya.

Dikutip dari: Eko Ari Prabowo, "KadoTerindah" dalam Cerita Para Perambah, Jakarta, Kompas, 2017


Watak tokoh lelaki tua pada kutipan cerpen tersebut digainbarkan melalui...undefined 

  1. narasi tokoh lainundefined 

  2. tindakan tokoh lainundefined 

  3. ucapan tokoh lelaki tuaundefined 

  4. tindakan tokoh lelaki tuaundefined 

  5. pemikiran tokoh lelaki tuaundefined 

Pembahasan:

Setiap tokoh dalam cerpen mempunyai watak. Dalam mengungkapkan watak tokoh perlu adanya teknik yang digunakan. Teknik tersebut yaitu teknik analitik dan teknik dramatik.

  1. Teknik analitik, biasa disebut teknik ekspositori. Dalam teknik ini, pelukisan tokoh dilakukan dengan memberikan deskripsi, uraian, atau penjelasan secara langsurig. Tokoh dalam cerpen dideskripsikan secara langsung. Deskripsi tokoh yang biasa ditampilkan penulis antara lain sikap, sifat, watak, tingkah laku, atau bahkan ciri fisiknya.
  2. Teknik dramatik, merupakan pengenalan tokoh yang mirip dengan pengenalan tokoh pada pentas drama. Pengenalan tokoh dilakukan secara tidak langsung. Artinya, pengarang tidak mendeskripsikan secara eksplisit sifat ataupun watak tokoh. Baik sifat maupun watak tokoh ditunjukkan melalui berbagai macam aktivitas yang dilakukan tokoh, baik verbal maupun tingkah laku. Jadi, pembaca perlu menganalisis terlebih dahulu untuk memahami sifat dan watak tokoh.

Watak tokoh lelaki tua pada kutipan cerpen tersebut digambarkan melalui deskripsi yang dijelaskan secara langsung oleh tokoh aku, narasi yang disampaikan oleh tokoh lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

L. ISTANTI,

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) “Aku mau jadi komandan regunya.” kata Anta. Luna mendesah pelan mendengar keinginan Anta. (2) “Begini sebaiknya, biarlah Rini saja yang memimpinnya, karena kamu s...

0

Roboguru

Watak tokoh kakek dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

1

Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) “Ma, perut Boggi sakit sekali. Sebelah sini, Ma.” Aku menunjuk bagian lambung. (2) Mama tampak lebih khawatir lagi, karena takut terjadi apa-apa denganku, Mama lal...

0

Roboguru

Karakter tokoh suami yang diceritakan tersebut dikisahkan dengan cara ....

0

Roboguru

Watak tokoh Haji Basuni dalam cerpen tersebut adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved