Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 23 dan 24. Di kampung itu tidak ada yang tidak tahu Kaji Ali. Bukan karena lelaki setengah baya dengan kumis tipis serta berjenggot tebal dan panjang itu adalah satu dari tiga orang di kampung yang sidah sampai Makkah pada musim haji, melainkan karena kedermawanannya. Dia adalah orang yang paling ringan tangan. Dia tak segan mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk renovasi masjid. Dia tak ragu menyumbangkan bekarung-karung semen untuk membantu Maj Ijah (janda miskin datang beberapa bulan yang lalu) dan memperbaiki rumahnya. Dan, dialah tujuan orang-orang yang sedang kesulitan keuangan. Dia memberi mereka pinjaman. Dan, tak pernah menagihnya. karya: Farid Helmi.”Karpet Merah Kaji Ali” Dikutip dari: http://cepenminggu.wordpress.com/2011/11/23/39/#repost , diunduh 7 Februari 2018 Watak tokoh Kaji Ali dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 23 dan 24.

Di kampung itu tidak ada yang tidak tahu Kaji Ali. Bukan karena lelaki setengah baya dengan kumis tipis serta berjenggot tebal dan panjang itu adalah satu dari tiga orang di kampung yang sidah sampai Makkah pada musim haji, melainkan karena kedermawanannya. Dia adalah orang yang paling ringan tangan. Dia tak segan mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk renovasi masjid. Dia tak ragu menyumbangkan bekarung-karung semen untuk membantu Maj Ijah (janda miskin datang beberapa bulan yang lalu) dan memperbaiki rumahnya. Dan, dialah tujuan orang-orang yang sedang kesulitan keuangan. Dia memberi mereka pinjaman. Dan, tak pernah menagihnya.

karya: Farid Helmi.”Karpet Merah Kaji Ali”

Dikutip dari: http://cepenminggu.wordpress.com/2011/11/23/39/#repost, diunduh 7 Februari 2018

 

Watak tokoh Kaji Ali dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

  1. tangan besi

  2. ringan tangan

  3. tangan kanan

  4. panjang tangan

  5. tangan dingin

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Watak tokoh Kaji Aji sangatlah dermawa dan suka memberi dalam cerita tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka watak tokoh Kaji Aji dapat dikatakan ringan tangan yang memiliki arti suka memberi, suka menolong, membantu atau dermawan.

Watak tokoh Kaji Aji sangatlah dermawa dan suka memberi dalam cerita tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka watak tokoh Kaji Aji dapat dikatakan ringan tangan yang memiliki arti suka memberi, suka menolong, membantu atau dermawan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Watak tokoh Haji Basuni dalam cerpen tersebut adalah ....

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia