Roboguru

Perhatikan teks cerita berikut untuk menjawab soal! Ketika Korep dan Carmi memasuki padang sampah, bau busuk belum begitu terasa. Sinar matahari masih terhambat pepohonan di sisi timur sehingga padang sampah belum terpampang. Nanti menjelang tengah hari, padang sampah akan terjerang dan bau busuk akan menguap memenuhi udara. Sopir Dalim sering mengingatkan Carmi dan Korep, jangan suka berlama-lama berada di tengah padang. "Sudah banyak pemulung meninggal karena sakit, paru-parunya membusuk," katanya. (Tawai Gadis Padang Sampah, Ahmad Tohari) Posisi pengarang dalam petikan cerpen tersebut adalah . . . .

Pertanyaan

Perhatikan teks cerita berikut untuk menjawab soal!


Ketika Korep dan Carmi memasuki padang sampah, bau busuk belum begitu terasa. Sinar matahari masih terhambat pepohonan di sisi timur sehingga padang sampah belum terpampang. Nanti menjelang tengah hari, padang sampah akan terjerang dan bau busuk akan menguap memenuhi udara. Sopir Dalim sering mengingatkan Carmi dan Korep, jangan suka berlama-lama berada di tengah padang. "Sudah banyak pemulung meninggal karena sakit, paru-parunya membusuk," katanya.

(Tawai Gadis Padang Sampah, Ahmad Tohari)


Posisi pengarang dalam petikan cerpen tersebut adalah . . . .space

  1. orang pertama pelaku utamaspace

  2. orang pertama pelaku sampinganspace

  3. orang pertama sebagai pengamatspace

  4. orang kedua sebagai pengamatspace

  5. orang ketiga yang menyampaikan kisahspace

Pembahasan Soal:

Posisi pengarang berdasarkan penggalan cerpen tersebut adalah orang ketiga penyampai kisah, yaitu digunakannya nama tokoh langsung pada cerita.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved