Perhatikan teks berikut ini!     Sejak awal kepenyairannya, Sapardi Djoko Damono, termasuk kelompok penyair dengan .kesadaran diri yang boleh jadi tidak hanya mengandalkan datangnya sang ilham. Dalam hal ini, kesadaran menulis puisi bukan hanya semata-mata mengandalkan bakat alam, melainkan juga wawasan intelektual yang mesti diraih lewat berbagai bacaan. Kepercayaan pada sikap "menunggu ilham" yang digugurkan Chairil Anwar: bahwa penyair harus mencari dan menemukan ilham, dan bukan menunggunya, sebagaimana yang dipercaya oleh para penyair Pujangga Baru, makin terbenam di tangan para penyair (sastrawan) intelektual ini.     Dalam konteks kepenyairan Sapardi Djoko Damono, duduk perkaranya menjadi semakin jelas manakala kita coba mencermati salah satu antologi puisinya yang bertajuk Hujan Bulan ]uni (Jakarta, Grasindo, 1994). Meskipun setelah antologi itu, terbit pula antologi puisi Sapardi Djoko Damono lainnya, bagi saya antologi Hujan Bulan Juni laksana mewakili tonggak kepenyairannya. Tambahan lagi, di bawah judul itu tertulis: Pilihan Sajak, yang mengisyaratkan bahwa antologi itu memuat sejumlah puisi pilihan. Artinya juga, ia telah melewati proses seleksi pemilahan dan pemilihan. Disadur dari: Maman S. Mahayana, Kitab Kritik Sastra, Jakarta, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015 Tentukan aspek kebahasaan teks kritik tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini!


    Sejak awal kepenyairannya, Sapardi Djoko Damono, termasuk kelompok penyair dengan .kesadaran diri yang boleh jadi tidak hanya mengandalkan datangnya sang ilham. Dalam hal ini, kesadaran menulis puisi bukan hanya semata-mata mengandalkan bakat alam, melainkan juga wawasan intelektual yang mesti diraih lewat berbagai bacaan. Kepercayaan pada sikap "menunggu ilham" yang digugurkan Chairil Anwar: bahwa penyair harus mencari dan menemukan ilham, dan bukan menunggunya, sebagaimana yang dipercaya oleh para penyair Pujangga Baru, makin terbenam di tangan para penyair (sastrawan) intelektual ini.
    Dalam konteks kepenyairan Sapardi Djoko Damono, duduk perkaranya menjadi semakin jelas manakala kita coba mencermati salah satu antologi puisinya yang bertajuk Hujan Bulan ]uni (Jakarta, Grasindo, 1994). Meskipun setelah antologi itu, terbit pula antologi puisi Sapardi Djoko Damono lainnya, bagi saya antologi Hujan Bulan Juni laksana mewakili tonggak kepenyairannya. Tambahan lagi, di bawah judul itu tertulis: Pilihan Sajak, yang mengisyaratkan bahwa antologi itu memuat sejumlah puisi pilihan. Artinya juga, ia telah melewati proses seleksi pemilahan dan pemilihan.

Disadur dari: Maman S. Mahayana, Kitab Kritik Sastra, Jakarta, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015


Tentukan aspek kebahasaan teks kritik tersebut!space 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

itulah beberapa aspek kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.

Pembahasan

Pembahasan

Aspek  atau kaidah kebahasaan dalam teks kritik yaitu

1. Menggunakan pernyataan-pernyataan persuasif

2. Menggunakan pernyataan atau ungkapan yang bersifat menilai atau mengomentari

"Meskipun setelah antologi itu, terbit pula antologi puisi Sapardi Djoko Damono lainnya, bagi saya antologi Hujan Bulan Juni laksana mewakili tonggak kepenyairannya."

3. Menggunakan istilah teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya

"Sejak awal kepenyairannya, Sapardi Djoko Damono, termasuk kelompok penyair dengan .kesadaran diri yang boleh jadi tidak hanya mengandalkan datangnya sang ilham. Dalam hal ini, kesadaran menulis puisi bukan hanya semata-mata mengandalkan bakat alam, melainkan juga wawasan intelektual yang mesti diraih lewat berbagai bacaan."

4. Menggunakan kata kerja mental karena bersifat argumentatif dan bertujuan mengemukakan pendapat

 

Jadi, itulah beberapa aspek kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.

410

5.0 (3 rating)

Pertanyaan serupa

Yang termasuk kalimat fakta yaitu ...

77

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia