Roboguru
SD

Perhatikan teks berikut! Puisi-Puisi Eko Susanto: Sebuah Kritik Reflektif     Kegiatan menulis puisi melihatkan banyak aspek. Aspek tersebut antara lain pengalaman, kedalaman, kejujuran, kecerdasan, dan sedikit kegilaan (Sarjono, 2010). Mengingat kompleksitas urusan menulis puisi, puisi yang baik tidak akan lahir dalam waktu singkat. Ada lima musuh puisi yang harus dihindari agar puisi mendapat predikat puisi bagus menurut Agus R Sarjono. Kelima musuh puisi tersebut antara lain keumuman, simplikasi, propaganda dan reklame, klise, dan nasihat. Kelima puisi tersebut harus dihindari jika ingin mencapai predikat puisi bagus.          Puisi "Ibu" karya Eko Susanto dalam antologi puisi Syair dari Sebuah Nama terasa sekali pandangan umum Eko Susanto terhadap sosok ibu. Keumuman ibu yang bijaksana masih tampak dalam puisi karya Eko Susanto. Apakah kita tidak boleh menulis puisi ibu yang bijak dan penuh kasih sayang? Tentu saja boleh, tetapi Apa bedanya puisi dengan tulisan deskripsi ibu? Itulah persoalannya. Dari puisi Eko Susanto berjudul "Buto (C)akil Indonesia" kita bisa menangkap kemarahan penyair. Namun, kemarin itu akan lebih indah jika dituangkan dalam puisi yang elegan dan tidak kasar.     Demikian penilaian saya terhadap puisi-puisi Eko Susanto dalam antologi puisinya berjudul Syair dari Sebuah Nama. Untuk sebuah profesi penyair tiada batas waktu melahirkannya dan tiada batas waktu menghentikannya. Tidak ada kata pensiun untuk seorang penyair. Semakin diasah kepekaan pengairannya akan semakin tajam dan pilihannya dan semakin dinantikan kehadirannya. (Disadur dari. Esti Ismawati, Kritik Sastra, Yogyakarta , 2014) Tentukan aspek kebahasaan dalam teks kritik tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut!


Puisi-Puisi Eko Susanto: Sebuah Kritik Reflektif

    Kegiatan menulis puisi melihatkan banyak aspek. Aspek tersebut antara lain pengalaman, kedalaman, kejujuran, kecerdasan, dan sedikit kegilaan (Sarjono, 2010). Mengingat kompleksitas urusan menulis puisi, puisi yang baik tidak akan lahir dalam waktu singkat. Ada lima musuh puisi yang harus dihindari agar puisi mendapat predikat puisi bagus menurut Agus R Sarjono. Kelima musuh puisi tersebut antara lain keumuman, simplikasi, propaganda dan reklame, klise, dan nasihat. Kelima puisi tersebut harus dihindari jika ingin mencapai predikat puisi bagus.
    
    Puisi "Ibu" karya Eko Susanto dalam antologi puisi Syair dari Sebuah Nama terasa sekali pandangan umum Eko Susanto terhadap sosok ibu. Keumuman ibu yang bijaksana masih tampak dalam puisi karya Eko Susanto. Apakah kita tidak boleh menulis puisi ibu yang bijak dan penuh kasih sayang? Tentu saja boleh, tetapi Apa bedanya puisi dengan tulisan deskripsi ibu? Itulah persoalannya. Dari puisi Eko Susanto berjudul "Buto (C)akil Indonesia" kita bisa menangkap kemarahan penyair. Namun, kemarin itu akan lebih indah jika dituangkan dalam puisi yang elegan dan tidak kasar.

    Demikian penilaian saya terhadap puisi-puisi Eko Susanto dalam antologi puisinya berjudul Syair dari Sebuah Nama. Untuk sebuah profesi penyair tiada batas waktu melahirkannya dan tiada batas waktu menghentikannya. Tidak ada kata pensiun untuk seorang penyair. Semakin diasah kepekaan pengairannya akan semakin tajam dan pilihannya dan semakin dinantikan kehadirannya.

(Disadur dari. Esti Ismawati, Kritik Sastra, Yogyakarta , 2014)


Tentukan aspek kebahasaan dalam teks kritik tersebut!space 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Aspek kebahasaan teks kritik, yaitu sebagai berikut.

  1. Menggunakan kalimat persuasif
    Bukti kutipan: Kelima puisi tersebut harus dihindari jika ingin mencapai predikat puisi bagus
  2. Menggunakan pernyataan atau ungkapan yang bersifat menilai atau mengomentari
    Bukti Kutipan: Puisi "Ibu" karya Eko Susanto dalam antologi puisi Syair dari Sebuah Nama terasa sekali pandangan umum Eko Susanto terhadap sosok ibu. Keumuman ibu yang bijaksana masih tampak dalam puisi karya Eko Susanto. Apakah kita tidak boleh menulis puisi ibu yang bijak dan penuh kasih sayang? Tentu saja boleh, tetapi Apa bedanya puisi dengan tulisan deskripsi ibu? Itulah persoalannya. Dari puisi Eko Susanto berjudul "Buto (C)akil Indonesia" kita bisa menangkap kemarahan penyair. Namun, kemarin itu akan lebih indah jika dituangkan dalam puisi yang elegan dan tidak kasar.
  3. Menggunakan istilah teknis
    Bukti kutipan: Kelima musuh puisi tersebut antara lain keumuman, simplikasi, propaganda dan reklame, klise, dan nasihat.
  4. Menggunakan kata kerja mental
    Bukti kutipan:   Puisi "Ibu" karya Eko Susanto dalam antologi puisi Syair dari Sebuah Nama terasa sekali pandangan umum Eko Susanto terhadap sosok ibu.undefined 

72

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Manakah pernyataan berikut ini yang bukan merupakan unsur atau kaidah kebahasaan kritik dan esai...

91

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia