Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sudah 5 bulan ini Memey bekerja di tempat fotokopi milik Babah Liong. Setiap pulang sekolah ia tidak pulang ke rumah, ia langsung ke tempat fotokopi Babah Liong yang letaknya di pinggiran jalan perempatan Shinta Karawaci tidak jauh dari sekolahnya. Ia bisa kerja di sana karena istri Babah Liong menaruh kasihan padanya. Pada sembahyang Cap Go Me, Memey bertemu dengan istri Babah Liong saat itu sedang menangis tersedu-sedu di depan patung Budha. Ia sedih terkenang akan ayahnya. Biasanya 15 hari setelah tahun baru Imlek tepatnya pada perayaan Cap Go Me ia dan adik-adiknya diajak ayahnya ke pinggir sungai Cisadane dekat Plaza Robinson untuk melihat perahu naga dan tarian Barongsai yang sangat panjang. Kini semua itu tinggal kenangan. Kaliat esai yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah …

            Sudah 5 bulan ini Memey bekerja di tempat fotokopi milik Babah Liong. Setiap pulang sekolah ia tidak pulang ke rumah, ia langsung ke tempat fotokopi Babah Liong yang letaknya di pinggiran jalan perempatan Shinta Karawaci tidak jauh dari sekolahnya. Ia bisa kerja di sana karena istri Babah Liong menaruh kasihan padanya. Pada sembahyang Cap Go Me, Memey bertemu dengan istri Babah Liong saat itu sedang menangis tersedu-sedu di depan patung Budha. Ia sedih terkenang akan ayahnya. Biasanya 15 hari setelah tahun baru Imlek tepatnya pada perayaan Cap Go Me ia dan adik-adiknya diajak ayahnya ke pinggir sungai Cisadane dekat Plaza Robinson untuk melihat perahu naga dan tarian Barongsai yang sangat panjang. Kini semua itu tinggal kenangan.

Kaliat esai yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah …

  1. Tokoh Memey adalah tokoh yang biasa hidup prihatin di usianya yang masih belia ia haru mencari nafkah.

  2. Beruntung Memey bertemu sosok istri Babah Liong yang menaruh kasihan lantas memberikan pekerjaan ringan sekadar untuk membantu keluarga.

  3. Cerita ini tidak masuk akal karena tidak ada seorang pun warga keturunan Tionghoa yang hidup memprihatinkan.

  4. Cerita ini mengangkat realita kehidupan bahwa warga keturunan Tionghoa juga ada yang hidup sangat memprihatinkan. Banyak pesan yang dipetik yaitu nilai sosial, moral, agama, dan pendidikan.

  5. Mengangkat tema sosial, cerita ini sangat menghibur untuk dijadikan bahan bacaan anak-anak hingga dewasa.

Iklan

R. Indriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Kalimat esai yang paling tepat untuk diungkapkan berkaitan dengan esai tersebut adalah (D) Cerita ini mengangkat realita kehidupan bahwa warga keturunan Tionghoa juga ada yang hidup sangat memprihatinkan, Banyak pesan yang dipetik, yakni nilai sosial, moral, agama, dan pendidikan . Di dalam cerita, penulis menggambarkan kehidupan seorang gadis bernama Memey, yang terpaksa bekerja sambilan sepulangnya dari sekolah sebagai petugas fotokopi di tempat fotokopian Babah Liong karena ia harus memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan kehidupan para keturunan Tionghoa yang mayoritas mapan (memiliki penghasilan di atas rata-rata), dan hidup berkecukupan tanpa kekurangan suatu apa pun.Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Kalimat esai yang paling tepat untuk diungkapkan berkaitan dengan esai tersebut adalah (D) Cerita ini mengangkat realita kehidupan bahwa warga keturunan Tionghoa juga ada yang hidup sangat memprihatinkan, Banyak pesan yang dipetik, yakni nilai sosial, moral, agama, dan pendidikan. Di dalam cerita, penulis menggambarkan kehidupan seorang gadis bernama Memey, yang terpaksa bekerja sambilan sepulangnya dari sekolah sebagai petugas fotokopi di tempat fotokopian Babah Liong karena ia harus memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan kehidupan para keturunan Tionghoa yang mayoritas mapan (memiliki penghasilan di atas rata-rata), dan hidup berkecukupan tanpa kekurangan suatu apa pun. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Manakah pernyataan berikut ini yang bukan merupakan unsur atau kaidah kebahasaan kritik dan esai...

99

2.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia