Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut! Cady dan para koleganya meneliti 6.997 pasien kanker payudara. Sebagian dari mereka rutin menjalani mamografi pada periode 1990—1999 dan sebagian lainnya tidak. Perkembangan para pasien tersebut lalu dicatat hingga tahun 2007. Setelah sekitar 12,5 tahun periode follow-up , 461 dari mereka meninggal karena kanker payudara dan hampir 75% dari mereka tidak menjalani pemeriksaan mamografi secara teratur. Simpulan yang dapat diambil dari paragraf di atas adalah ... (SIMAK UI 2010)

Perhatikan kutipan teks berikut!


Cady dan para koleganya meneliti 6.997 pasien kanker payudara. Sebagian dari mereka rutin menjalani mamografi pada periode 1990—1999 dan sebagian lainnya tidak. Perkembangan para pasien tersebut lalu dicatat hingga tahun 2007. Setelah sekitar 12,5 tahun periode follow-up, 461 dari mereka meninggal karena kanker payudara dan hampir 75% dari mereka tidak menjalani pemeriksaan mamografi secara teratur.


Simpulan yang dapat diambil dari paragraf di atas adalah ...

(SIMAK UI 2010)

  1. Pemeriksaan mamografi yang teratur dapat menghindari risiko kematian pada pasien kanker payudara.space 

  2. Mamografi adalah metode pengobatan kanker payudara bagi perempuan guna menghindari kematian.space 

  3. Perempuan pada umumnya mendapat gangguan kanker payudara karena tidak menjalani pengobatan secara dini.space 

  4. Pada tahun 1990—1999 Cady dan rekan-rekan mengadakan penelitian terhadap perempuan yang terkena kanker payudara.space 

  5. Tidak semua pasien perempuan terkena penyakit kanker payudara karena rutin menjalani mamografi.space 

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan

Simpulan merupakan pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya . Jadi, simpulan suatu teks harus berdasar pada keseluruhan paragraf maupunuraian yang ada dalam teks tersebut. Paragraf di atas memaparkan penelitian ahli terhadap 6.997 pasien kanker payudara. Sebagian pasien menjalani pemeriksaan mamografi secara rutin, sedangkan sebagian lainnya tidak. Berdasarkan hasil penelitian, dari 461 pasien kanker yang meninggal dunia, 75 persen di antaranya tidak menjalani mamografi. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa ada 25 persen pasien kanker payudara yang meninggal dunia meski telah menjalani mamografi. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pemeriksaan mamografi yang teratur dapat menghindari risiko kematian pada pasien kanker payudara . Kata dapat dalam kalimat tersebut menunjukkan bahwa pemeriksaan mamografi mungkin berhasil mengobati pasien kanker payudari, tetapi mungkin juga tidak. Hal itu sesuai dengan data hasil penelitian seperti dijelaskan di atas. Pilihan B dan D tidak tepat . Pernyataan pada pilihan B dan D hanyalah pernyataan dalam teks, bukan simpulan berdasarkan keseluruhan kalimat dalam teks. Pilihan C tidak tepat . Masalah pengobatan secara dini pada perempuan yang menjadi pasien kanker payudara tidak dibahas dalam teks. Pilihan E tidak tepat . Dalam teks, dijelaskan bahwa mamografi dilakukan untukmengobati pasienkanker payudara,bukanmencegah terjadinya kanker payudara. Mamografi mungkin dapat mengurangi risiko kematian pada pasien kanker payudara, tetapi bukan berarti bahwa mamografi dapat membuat orang terhindar sepenuhnya dari kanker payudara. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Simpulan merupakan pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya. Jadi, simpulan suatu teks harus berdasar pada keseluruhan paragraf maupun uraian yang ada dalam teks tersebut.

Paragraf di atas memaparkan penelitian ahli terhadap 6.997 pasien kanker payudara. Sebagian pasien menjalani pemeriksaan mamografi secara rutin, sedangkan sebagian lainnya tidak. Berdasarkan hasil penelitian, dari 461 pasien kanker yang meninggal dunia, 75 persen di antaranya tidak menjalani mamografi. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa ada 25 persen pasien kanker payudara yang meninggal dunia meski telah menjalani mamografi.

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pemeriksaan mamografi yang teratur dapat menghindari risiko kematian pada pasien kanker payudara. Kata dapat dalam kalimat tersebut menunjukkan bahwa pemeriksaan mamografi mungkin berhasil mengobati pasien kanker payudari, tetapi mungkin juga tidak. Hal itu sesuai dengan data hasil penelitian seperti dijelaskan di atas.

  • Pilihan B dan D tidak tepat. Pernyataan pada pilihan B dan D hanyalah pernyataan dalam teks, bukan simpulan berdasarkan keseluruhan kalimat dalam teks. 
  • Pilihan C tidak tepat. Masalah pengobatan secara dini pada perempuan yang menjadi pasien kanker payudara tidak dibahas dalam teks.
  • Pilihan E tidak tepat. Dalam teks, dijelaskan bahwa mamografi dilakukan untuk mengobati pasien kanker payudara, bukan mencegah terjadinya kanker payudara. Mamografi mungkin dapat mengurangi risiko kematian pada pasien kanker payudara, tetapi bukan berarti bahwa mamografi dapat membuat orang terhindar sepenuhnya dari kanker payudara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

221

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut! (1) Prasangka tentang manusia Neanderthal mengalami perubahan berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Scientific Report pada akhir Agustus 2017. (2) Selama in...

71

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia