Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan tabel massa jenis beberapa zat berikut! Jika tiga benda tersebut dimasukkan ke dalam bejana berisi zat cair yang memiliki massa jenis 2.700 kg/m 3 , posisi benda yang benar ditunjukkan oleh gambar ...

Perhatikan tabel massa jenis beberapa zat berikut!

Jika tiga benda tersebut dimasukkan ke dalam bejana berisi zat cair yang memiliki massa jenis 2.700 kg/m3, posisi benda yang benar ditunjukkan oleh gambar ...

Iklan

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan Hukum Archimedes , ada 3 posisi benda ketika dimasukkan ke dalam fluida, yaitu: Benda dinyatakan tenggelam dalam zat cair apabila posisi benda selalu berada pada dasar tempat zat cair berada. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda. Benda melayang didalam zat cair apabila posisi benda berada di bawah permukaan zat cair dan dari atas dasar tempat zat cair berada. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda. Benda terapung dalam zat cair apabila posisi benda sebagian muncul dipermukaan zat cair dan sebagian terbenam dalam zat cair. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair lebih besar dari massa jenis benda. Pada tabel dapat dilihat bahwa massa jenis besi lebih besar dari massa jenis zat cair sehingga besi akan tenggelam. Massa jenis aluminium sama dengan massa jenis zat cair sehingga aluminium posisinya melayang, dan massa jenis fiberglass lebih kecil dari massa jenis zat cair sehingga fiberglass dalam posisi terapung. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Berdasarkan Hukum Archimedes, ada 3 posisi benda ketika dimasukkan ke dalam fluida, yaitu:

  1. Benda dinyatakan tenggelam dalam zat cair apabila posisi benda selalu berada pada dasar tempat zat cair berada. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda.
  2. Benda melayang didalam zat cair apabila posisi benda berada di bawah permukaan zat cair dan dari atas dasar tempat zat cair berada. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda.
  3. Benda terapung dalam zat cair apabila posisi benda sebagian muncul dipermukaan zat cair dan sebagian terbenam dalam zat cair. Keadaan ini terjadi saat massa jenis zat cair lebih besar dari massa jenis benda.

Pada tabel dapat dilihat bahwa massa jenis besi lebih besar dari massa jenis zat cair sehingga besi akan tenggelam. Massa jenis aluminium sama dengan massa jenis zat cair sehingga aluminium posisinya melayang, dan massa jenis fiberglass lebih kecil dari massa jenis zat cair sehingga fiberglass dalam posisi terapung.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Rai Arsent

Makasih ❤️

putri shofiya

Ini yang aku cari!

Anisaajasi nisaa

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa yang terjadi pada eksperimen melayang, terapung dan tenggelam?

12

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia