Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yang terjadi pada eksperimen melayang, terapung dan tenggelam?

Apa yang terjadi pada eksperimen melayang, terapung dan tenggelam? 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

S. Maria

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang terjadi pada benda saat eksperimen melayang, terapung, dan tenggelam adalah jikamassa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda maka benda tenggelam, sedangkan jikamassa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda maka benda melayang, dan jikamassa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda maka benda terapung.

yang terjadi pada benda saat eksperimen melayang, terapung, dan tenggelam adalah jika massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda maka benda tenggelam, sedangkan jika massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda maka benda melayang, dan jika massa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda maka benda terapung.undefined 

Iklan

Pembahasan

Hukum Archimedes menjelaskan hubungan gaya berat dan gaya ke atas pada suatu benda jika dimasukkan ke dalam zat cair. Akibat adanya gaya angkat ke atas (gaya apung), benda yang ada di dalam zat cair beratnya akan berkurang. Sehingga benda yang diangkat dalam air akan terasa lebih ringan dibandingkan ketika diangkat di darat. Apabila sebuah benda padat dimasukkan ke dalam zat cair, akan terdapat tiga kemungkinan yang terjadi pada benda tersebut, yaitu tenggelam, melayang, atau terapung. Benda dikatakan tenggelam jika benda berada di dasar zat cair. Benda dikatakan melayang apabila seluruh benda tercelup ke dalam zat cair, akan tetapi tidak sampai menyentuh dasar zat cair. Sedangkan benda dikatakan terapung jika sebagian benda tercelup ke dalam zat cair. Ada tiga keadaan benda saat dicelupkan ke dalam zat cair: Benda tenggelam, terjadi saat massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda. Contohnya besi atau baja akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air. Benda melayang, terjadi saat massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda. Contohnya telur yang dimasukkan ke dalam air yang ditambahkan sedikit garam akan melayang karena massa jenis keduanya sama. Benda terapung, terjadi saat massa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda. Contohnya sterofoam atau plastik akan terapung jika dimasukkan ke dalam air. Jadi, yang terjadi pada benda saat eksperimen melayang, terapung, dan tenggelam adalah jikamassa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda maka benda tenggelam, sedangkan jikamassa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda maka benda melayang, dan jikamassa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda maka benda terapung .

Hukum Archimedes menjelaskan hubungan gaya berat dan gaya ke atas pada suatu benda jika dimasukkan ke dalam zat cair. Akibat adanya gaya angkat ke atas (gaya apung), benda yang ada di dalam zat cair beratnya akan berkurang. Sehingga benda yang diangkat dalam air akan terasa lebih ringan dibandingkan ketika diangkat di darat.

Apabila sebuah benda padat dimasukkan ke dalam zat cair, akan terdapat tiga kemungkinan yang terjadi pada benda tersebut, yaitu tenggelam, melayang, atau terapung. Benda dikatakan tenggelam jika benda berada di dasar zat cair. Benda dikatakan melayang apabila seluruh benda tercelup ke dalam zat cair, akan tetapi tidak sampai menyentuh dasar zat cair. Sedangkan benda dikatakan terapung jika sebagian benda tercelup ke dalam zat cair.

Ada tiga keadaan benda saat dicelupkan ke dalam zat cair:

  1. Benda tenggelam, terjadi saat massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda. Contohnya besi atau baja akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.
  2. Benda melayang, terjadi saat massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda. Contohnya telur yang dimasukkan ke dalam air yang ditambahkan sedikit garam akan melayang karena massa jenis keduanya sama.
  3. Benda terapung, terjadi saat massa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda. Contohnya sterofoam atau plastik akan terapung jika dimasukkan ke dalam air.

Jadi, yang terjadi pada benda saat eksperimen melayang, terapung, dan tenggelam adalah jika massa jenis zat cair lebih kecil dari massa jenis benda maka benda tenggelam, sedangkan jika massa jenis zat cair sama dengan massa jenis benda maka benda melayang, dan jika massa jenis zat cair lebih besar daripada massa jenis benda maka benda terapung.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

172

hilya fitriyani

Perfect💯

ayesha nurul

Mudah dimengerti

zaskya Meysa zahra

Pembahasan tidak lengkap Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar di bawahini! Akibat adanya gaya angkat zat cair maka benda dapat mengalami beberapa keadaan yaitu terapung, melayang, dan tenggelam. Benda tersebut dikatakan dalam keadaan ....

2

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia