Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambar di bawah ini menunjukkan benda padat yang berada dalam zat cair yang sejenis! Jelaskan mengapa posisi zat padat berbeda pada gambar A, B, dan C!

Gambar di bawah ini menunjukkan benda padat yang berada dalam zat cair yang sejenis! Jelaskan mengapa posisi zat padat berbeda pada gambar A, B, dan C!space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yang menyebabkan ketiga benda tersebut mengalami perbedaan posisi dikarenakan penaruh massa jenis benda terhadap massa jenis fluida.

yang menyebabkan ketiga benda tersebut mengalami perbedaan posisi dikarenakan penaruh massa jenis benda terhadap massa jenis fluida. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Diketahui: Benda A, mengapung. Benda B, melayang Benda C, tenggelam Ditanya: mengapa bisa terjadi demikian? Pembahasan: Keadaan benda saat berada dalam fluida ada 3, yaitu: Benda mengapung.Keadaan ini terjadi saat massa jenis fluidalebih besar dari massa jenis benda. Contohnya styrofoam atau plastik akan terapung jika dimasukkan ke dalam air. Benda melayang. Keadaan ini terjadi saat massa jenis fluidasama dengan massa jenis benda. Contohnya telur yang dimasukkan ke dalam air yang ditambahkan sedikit garam akan melayang karena massa jenis keduanya sama. Benda tenggelam. Keadaan ini terjadi saat massa jenis fluida lebih kecil dari massa jenis benda. Contohnya besi atau baja akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air. Jadi, yang menyebabkan ketiga benda tersebut mengalami perbedaan posisi dikarenakan penaruh massa jenis benda terhadap massa jenis fluida.

Diketahui:

Benda A, mengapung.

Benda B, melayang

Benda C, tenggelam

Ditanya: mengapa bisa terjadi demikian?

Pembahasan:

Keadaan benda saat berada dalam fluida ada 3, yaitu:

  1. Benda mengapung. Keadaan ini terjadi saat massa jenis fluida lebih besar dari massa jenis benda. Contohnya styrofoam atau plastik akan terapung jika dimasukkan ke dalam air.
  2. Benda melayang. Keadaan ini terjadi saat massa jenis fluida sama dengan massa jenis benda. Contohnya telur yang dimasukkan ke dalam air yang ditambahkan sedikit garam akan melayang karena massa jenis keduanya sama.
  3. Benda tenggelam. Keadaan ini terjadi saat massa jenis fluida lebih kecil dari massa jenis benda. Contohnya besi atau baja akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

Jadi, yang menyebabkan ketiga benda tersebut mengalami perbedaan posisi dikarenakan penaruh massa jenis benda terhadap massa jenis fluida. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Syifa Latifah

Makasih ❤️

Widya

Bantu banget Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa yang terjadi pada eksperimen melayang, terapung dan tenggelam?

11

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia