Perhatikan peta persebaran tumbuhan berikut ini! Terdapat 2 jenis tumbuhan yang mendominasi di negara tersebut yakni singkong dan durian. Jika ditinjau dari penggunaan bioteknologi, apabila negara tersebut memanfaatkan etanol sebagai bahan bakar, maka dampak positif penerapan bioteknologi konvensional terhadap lingkungan yang dapat disimpulkan dari peta tersebut adalah ….

Pertanyaan

Perhatikan peta persebaran tumbuhan berikut ini! Terdapat 2 jenis tumbuhan yang mendominasi di negara tersebut yakni singkong dan durian.

Jika ditinjau dari penggunaan bioteknologi, apabila negara tersebut memanfaatkan etanol sebagai bahan bakar, maka dampak positif penerapan bioteknologi konvensional terhadap lingkungan yang dapat disimpulkan dari peta tersebut adalah ….

  1. tingkat polusi udara di daerah B1 mengalami penurunan drastis

  2. durian di daerah B1 rawan menimpa masyarakat yang tinggal di daerah tersebut

  3. pada daerah C2 terjadi kenaikan pendapatan karena warga dapat menjual durian yang dihasilkan

  4. masyarakat B1 sejahtera karena dapat melakukan fermentasi singkong menjadi tape sehingga pendapatan meningkat

  5. pencemaran tanah di daerah C2 mengalami peningkatan akibat penggunaan lahan untuk menanam durian

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Masyarakat pada daerah B1 menerapkan bioteknologi konvensional, karena banyak vegetasi tumbuhan singkong yang tumbuh di daerah tersebut dan dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan tape maupun bioetanol. Keduanya menggunakan prinsip fermentasi yang merupakan prinsip dasar bioteknologi konvensional. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan yakni menurunnya polusi udara di daerah tersebut, karena penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar. Bioetanol adalah etanol yang bahan utamanya dari tumbuhan dan umumnya menggunakan proses fermentasi. Ethanol atau ethyl alkohol (C2H5OH) berupa cairan bening tak berwarna, terurai secara biologis (biodegradable), toksisitas rendah dan tidak menimbulkan polusi udara yang besar bila bocor. Etanol yg terbakar menghasilkan karbondioksida (CO2) dan air. Etanol adalah bahan bakar beroktan tinggi dan dapat menggantikan timbal sebagai peningkat nilai oktan dalam bensin. Dengan mencampur ethanol dengan bensin, akan mengoksigenasi campuran bahan bakar sehingga dapat terbakar lebih sempurna dan mengurangi emisi gas buang (seperti karbon monoksida/CO). Karena bioetanol ini merupakan contoh teknologi ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan polusi udara dan penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar membuat penurunan polusi udara di daerah B1.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

30

4.5 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Selama pembuatan tape dan minuman beralkohol menggunakan Saccharomyces, wadah harus ditutup dengan rapat. Hal ini bertujuan untuk ....

117

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia