Dalam teknologi kloning, dibutuhkan 3 individu untuk melakukan proses kloning. Dalam suatu kegiatan mengkloning domba, dilakukan pelabelan A, B, dan C pada 3 domba tersebut. Adapun ketiga domba memiliki peran berbeda-beda dengan detail berikut: Berperan sebagai pendonor nukleus dengan cara diambil dari sel kelenjar mammae Berperan sebagai pendonor sitoplasma dengan cara diambil dari sel ovum Berperan sebagai penyedia rahim yang akan digunakan untuk mengimplan embrio dan tempat pertumbuhan embrio hingga siap dilahirkan Jika dilihat dari peran dalam proses kloning, maka individu baru yang terbentuk akan membawa DNA secara keseluruhan yang bersumber dari individu ….

Pertanyaan

Dalam teknologi kloning, dibutuhkan 3 individu untuk melakukan proses kloning. Dalam suatu kegiatan mengkloning domba, dilakukan pelabelan A, B, dan C pada 3 domba tersebut. Adapun ketiga domba memiliki peran berbeda-beda dengan detail berikut:

  1. Berperan sebagai pendonor nukleus dengan cara diambil dari sel kelenjar mammae
  2. Berperan sebagai pendonor sitoplasma dengan cara diambil dari sel ovum
  3. Berperan sebagai penyedia rahim yang akan digunakan untuk mengimplan embrio dan tempat pertumbuhan embrio hingga siap dilahirkan

Jika dilihat dari peran dalam proses kloning, maka individu baru yang terbentuk akan membawa DNA secara keseluruhan yang bersumber dari individu ….undefined

  1. 1undefined

  2. 2undefined

  3. 3undefined

  4. 1 dan 2undefined

  5. 1, 2, dan 3undefined

Y. Ari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan

DNA pada makhluk hidup eukariotik umumnya dapat ditemukan pada 3 bagian, yaitu nukleus, mitokondria, dan kloroplas. Dalam proses kloning, individu yang dihasilkan dari klon akan menerima DNA yang bersumber dari nukleus induk A, dan menerima DNA yang bersumber dari mitokondria induk B. Sehingga individu tersebut akan membawa informasi genetik dari kedua induk yang menjadi donor sel. Walaupun DNA mitokondria hanya memiliki jumlah yang sedikit jika dibandingkan dengan DNA pada nukleus.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D.

23

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Keterangan yang tepat mengenai pembuatan hormon insulin adalah ….

52

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia