Seekor simpanse melahirkan seekor anak selama dalam penangkaran. Oleh karena jantan yang menjadi ayahnya tidak diketahui, peneliti di penangkaran tersebut menguji DNA 2 simpanse jantan yang ada di tempat yang sama dengan betina simpanse tersebut. Hasil pengujian divisualisasikan dengan elektroforesis sebagai berikut: Berikut pernyataan yang terkait dengan hasil elektroforesis tersebut! ayah anak simpanse tersebut adalah jantan 1 ayah anak simpanse tersebut adalah jantan 2 pita DNA 5 merupakan pita paling pendek ujung A merupakan katoda DNA bergerak dari B ke A Pernyataan yang tepat mengenai hasil elektroforesis tersebut adalah ....

Pertanyaan

Seekor simpanse melahirkan seekor anak selama dalam penangkaran. Oleh karena jantan yang menjadi ayahnya tidak diketahui, peneliti di penangkaran tersebut menguji DNA 2 simpanse jantan yang ada di tempat yang sama dengan betina simpanse tersebut. Hasil pengujian divisualisasikan dengan elektroforesis sebagai berikut:

Berikut pernyataan yang terkait dengan hasil elektroforesis tersebut!

  1. ayah anak simpanse tersebut adalah jantan 1
  2. ayah anak simpanse tersebut adalah jantan 2
  3. pita DNA 5 merupakan pita paling pendek
  4. ujung A merupakan katoda
  5. DNA bergerak dari B ke A

Pernyataan yang tepat mengenai hasil elektroforesis tersebut adalah ....

  1. 1, 3, dan 4

  2. 1, 3, dan 5

  3. 1, 4, dan 5

  4. 2, 3, dan 4

  5. 2, 4, dan 5

S. Amini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Elektroforesis merupakan teknik pemisahan DNA pada matriks gel berdasarkan ukurannya. Ukuran DNA yang pendek akan bergerak lebih cepat pada pori gel dan DNA akan bergerak ke arah kutub positif (anoda), hal tersebut karena DNA bermuatan negatif. Pada gambar, anoda ditunjukkan oleh ujung B sedangkan katoda ditunjukkan oleh ujung A.

Berdasarkan hasil elektroforesis tersebut, pita pada anak adalah gabungan dari pita kedua induknya. Dapat terlihat pada gambar bahwa pola pemotongan DNA anak adalah gabungan dari induk betina dan jantan 2, sehingga dapat disimpulkan bahwa ayah anak simpanse tersebut adalah jantan 2. Oleh karena itu, pernyataan yang tepat mengenai hasil elektroforesis tersebut adalah nomor 2, 3, dan 4. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

161

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan produk bioteknologi berikut! Tape Yogurt Keju Penicillin Tempe Produk bioteknologi yang dihasilkan dengan bantuan organisme prokariot ditunjukkan oleh nomor ….

178

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia