Perhatikan pernyataan berikut "urutan gaya gravitasi terbesar sampai ke yang terkecil adalah mulai dari Merkurius sampai ke Uranus". Apakah pernyataan tersebut benar? Jelaskan!

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut "urutan gaya gravitasi terbesar sampai ke yang terkecil adalah mulai dari Merkurius sampai ke Uranus". Apakah pernyataan tersebut benar? Jelaskan!undefined 

W. Widodo

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Diketahui:
Pernyataan "Urutan gaya gravitasi terbesar sampai ke yang terkecil adalah mulai dari Merkurius sampai ke Uranus".

Ditanya: Apakah pernyataan tersebut benar?

Pembahasan:
Gaya gravitasi
merupakan gaya tarik yang bekerja antara dua benda, sebanding dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda.
Gaya Gravitasi memiliki rumus sebagai berikut

F equals G fraction numerator m subscript 1 m subscript 2 over denominator r squared end fraction 

jika kita hanya mengambil nilai G comma m subscript 2 comma r maka kita akan mendapatkan nilai percepatan gravitasi, yaitu dengan rumus

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell g subscript p end cell equals cell G m subscript p over r squared end cell row cell m subscript p end cell equals cell massa space planet end cell row r equals cell jari minus jari space planet end cell end table 

dari kedua persamaan tersebut, kita bisa mensubtitusi percepatan gravitasi ke persamaan gaya gravitasi

F equals m subscript 1 g subscript p 

Berdasarkan rumus tersebut, dapat diketahui bahwa nilai gaya gravitasi berbanding lurus dengan percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi berbanding lurus dengan massa planet dan berbanding terbalik dengan kuadrat jari-jari planet.
Dapat disimpulkan bahwa secara tidak langsung, massa planet berbanding lurus dengan gaya gravitasi, dan kuadrat jari-jari planet berbanding terbalik dengan gaya gravitasi.

Maka untuk mencari nilai urutan gaya gravitasi, kita dapat menggunakan nilai percepatan gravitasi dari masing-masing planet.

 

Dapat dilihat bahwa percepatan gravitasi terbesar dimiliki planet Jupiter. sedangkan yang percepatan gravitasi terkecil dimiliki oleh planet Merkurius.

Jadi, pernyataan "Urutan gaya gravitasi terbesar sampai ke yang terkecil adalah mulai dari Merkurius sampai ke Uranus" adalah SALAH.

 

1rb+

4.0 (6 rating)

Pertanyaan serupa

Sebuah satelit komunikasi mempunyai berat w ketika berada di permukaan bumi. Gaya gravitasi bumi yang akan menarik satelit ketika satelit mengorbit di bumi dalam suatu orbit lingkaran dengan jari-jari...

5rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia