Roboguru

Perhatikan perayaan tradisi pada gambar berikut! Perayaan tradisi pada gambar menunjukkan kehidupan manusia mengalami ....

Pertanyaan

Perhatikan perayaan tradisi pada gambar berikut!

Perayaan tradisi pada gambar menunjukkan kehidupan manusia mengalami ....

  1. perkembangan seiring berjalannya waktu

  2. perubahan akibat masuknya budaya asing

  3. kesinambungan dengan kehidupan masa lalu

  4. perkembangan sesuai kondisi pada masa kini

  5. pengulangan peristiwa yang sama pada masa lalu

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sehubungan dengan konsep waktu, dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo  meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Keberlanjutan/ kesinambungan dalam sejarah artinya dalam mempelajari sejarah, kita harus menyadari bahwa rangkaian sejarah sejak adanya manusia sampai sekarang adalah peristiwa-peristiwa berkelanjutan. Disebut mengalami perkembangan apabila dalam kehidupan masyarakat terjadi gerak secara berturut-turut dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain.

Perkembangan terjadi biasanya dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang kompleks. Misalnya adalah perkembangan demokrasi di Amerika yang mengikuti perkembangan kota. Pada awalnya masyarakat di Amerika tinggal di kota-kota kecil. Di kota-kota kecil itulah tumbuh dewan-dewan kota, tempat orang berkumpul. Dari kota-kota kecil mengalami proses menjadi kota-kota besar hingga menjadi kota metropolitan. Di sini, demokrasi berkembang mengikuti perkembangan kota.

Pengulangan terjadi apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya. Pengulangan adalah fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Jadi pengulangan bukan berarti peristiwanya berulang, melainkan fenomenanya.

Sementara itu disebut kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama. Kesinambungan adalah suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat. Dengan kata lain kondisi tersebut, misalnya praktik sosial tertentu, menunjukkan terjadinya kesinambungan (kontinuitas). Misalnya, tradisi seren taun seperti pada gambar di atas merupakan  perayaan tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun sejak zaman kerajaan Sunda purba seperti kerajaan Padjajaran. Perayaan tradisi seren taun merupakan kegiatan upacara adat atau ritual yang dilakukan hingga masa sekarang oleh kelompok kepercayaan Sunda Wiwitan, salah satunya adalah oleh masyarakat di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 25 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sejarah berkesinambungan, maksudnya...

0

Roboguru

Perhatikan gedung pesantren pada gam bar berikut! Eksistensi pesantren hingga saat ini menunjukkan unsur kesinambungan karena ....

7

Roboguru

Masih bertahannya pola-pola tradisi lama dalam masyarakat membuktikan bahwa masyarakat mengalami kesinambungan. Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!

5

Roboguru

Perhatikan karakteristik berikut! Perubahan Pergerakan Perkembangan Pergeseran Kesinambungan Menurut Kuntowijoyo, unsur waktu dalam sejarah ditunjukkan oleh angka ....

3

Roboguru

Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved