Iklan

Iklan

Pertanyaan

Peristiwa yang terjadi pada masa kini tidak lepas dari peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah mengalami ...

Peristiwa yang terjadi pada masa kini tidak lepas dari peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah mengalami ...

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

peristiwa yang terjadi di masa kini yang tidak bisa lepas dari masa lalu, menegaskan bahwa waktu dalam sejarah mengalami kesinambungan.

peristiwa yang terjadi di masa kini yang tidak bisa lepas dari masa lalu, menegaskan bahwa waktu dalam sejarah mengalami kesinambungan.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sejarah sebagai ilmu merupakan kajian sistematis terhadap serangkaian aktivitas manusia di masa lalu. Dalam kaitannya dengan kajian aktivitas di masa lalu, sejarah memiliki tiga unsur penting, yakni manusia sebagai subjek sekaligus objek dalam sejarah, ruang yang berkaitan dengan aspek tempat atau spasial kejadian peristiwa bersejarah dan waktu sebagai aspek temporal dan berkenaan dengan kapan terjadinya suatu peristiwa sejarah. Waktu dalam sejarah memiliki peranan yang utama, sebab aktivitas manusia tidak akan lepas dari waktu. Adapun waktu dalam sejarah, umumnya dikenal beberapa pemahaman:(1) perkembangan, berkaitan dengan adanya perubahan bentuk, struktur atau hal-hal yang berbeda dari setiap perkembangan zaman, (2) kesinambungan, dalam konteks waktu sejarah, kesinambungan dipahami sebagai proses keberlanjutan dari segala aktivitas manusia di masa lalu yang menentukan kehidupan mereka di masa depan, dengan kata lain keberadaan masa kini tidak bisa lepas dari serangkaian peristiwa di masa lalu, dan (3) pengulangan, dipahami sebagai proses mengulang kembali sejarah masa lalu di masa kini. Jadi, peristiwa yang terjadi di masa kini yang tidak bisa lepas dari masa lalu, menegaskan bahwa waktu dalam sejarah mengalami kesinambungan.

Sejarah sebagai ilmu merupakan kajian sistematis terhadap serangkaian aktivitas manusia di masa lalu. Dalam kaitannya dengan kajian aktivitas di masa lalu, sejarah memiliki tiga unsur penting, yakni manusia sebagai subjek sekaligus objek dalam sejarah, ruang yang berkaitan dengan aspek tempat atau spasial kejadian peristiwa bersejarah dan waktu sebagai aspek temporal dan berkenaan dengan kapan terjadinya suatu peristiwa sejarah.
Waktu dalam sejarah memiliki peranan yang utama, sebab aktivitas manusia tidak akan lepas dari waktu. Adapun waktu dalam sejarah, umumnya dikenal beberapa pemahaman:(1) perkembangan, berkaitan dengan adanya perubahan bentuk, struktur atau hal-hal yang berbeda dari setiap perkembangan zaman, (2) kesinambungan, dalam konteks waktu sejarah, kesinambungan dipahami sebagai proses keberlanjutan dari segala aktivitas manusia di masa lalu yang menentukan kehidupan mereka di masa depan, dengan kata lain keberadaan masa kini tidak bisa lepas dari serangkaian peristiwa di masa lalu, dan (3) pengulangan, dipahami sebagai proses mengulang kembali sejarah masa lalu di masa kini.

Jadi, peristiwa yang terjadi di masa kini yang tidak bisa lepas dari masa lalu, menegaskan bahwa waktu dalam sejarah mengalami kesinambungan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Sila Bawel

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Muji Rahman

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data berikut! Perubahan Kesinambungan Perkembangan Pengulangan Hal-hal tersebut merupakan unsur-unsur dari konsep … dalam sejarah

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia