Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada awalanya kolonialisme adalah kelanjutan dari patrimonialisme, dimana kebijakan kolonial hanya mengadopsi kebiasaan lama. Hal ini disebut dengan istilah ….

Pada awalanya kolonialisme adalah kelanjutan dari patrimonialisme, dimana kebijakan kolonial hanya mengadopsi kebiasaan lama. Hal ini disebut dengan istilah ….

  1. kontinuitas

  2. spasial

  3. temporal

  4. perubahan

  5. primordial

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A

jawaban yang tepat adalah A

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Konsep keberlanjutan dalam sejarah adalah suatu rangkaian peristiwa di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Setiap rangkaian peristiwa yang telah terjadi maupun yang akan terjadi pasti mengalami kontinuitas. Hal ini disebabkan tidak adanya peristiwa yang berdiri sendiri dan tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa lainnya. Salah satu contoh dari hal tersebut adalahperistiwa kolonialisme yang merupakan kelanjutan dari patrimonialisme, dimana kebijakan kolonial hanya mengadopsi kebiasaan lama. Peristiwa kontinuitas ini dapat kita lihat dengan adanya sistem upeti yang pada awalnya diterapkan oleh raja-raja pribumi untuk menarik pajak. Setelah Belanda datang, sistem upeti ini berlanjut dengan adanya kebijakan Pemerintah kolonial yang memungut pajak dari penduduk pribumi. Dengan demikian, kontinuitas merupakan istilah yang menggambarkan keterkaitan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya dalam sejarah. Jadi, jawaban yang tepat adalah A

Konsep keberlanjutan dalam sejarah adalah suatu rangkaian peristiwa di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Setiap rangkaian peristiwa yang telah terjadi maupun yang akan terjadi pasti mengalami kontinuitas. Hal ini disebabkan tidak adanya peristiwa yang berdiri sendiri dan tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa lainnya. Salah satu contoh dari hal tersebut adalah peristiwa kolonialisme yang merupakan kelanjutan dari patrimonialisme, dimana kebijakan kolonial hanya mengadopsi kebiasaan lama. Peristiwa kontinuitas ini dapat kita lihat dengan adanya sistem upeti yang pada awalnya diterapkan oleh raja-raja pribumi untuk menarik pajak. Setelah Belanda datang, sistem upeti ini berlanjut dengan adanya kebijakan Pemerintah kolonial yang memungut pajak dari penduduk pribumi.

Dengan demikian, kontinuitas merupakan istilah yang menggambarkan keterkaitan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya dalam sejarah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

286

alakaeah mkka

Bantu banget

Nayla ayu safitri

Makasih ❤️

Andinurpadila Dila

Bantu banget

Nazwa Zahratusiya

Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Peristiwa yang terjadi pada masa kini tidak lepas dari peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah mengalami ...

15

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia