Roboguru

Perhatikan gedung pesantren pada gam bar berikut! Eksistensi pesantren hingga saat ini menunjukkan unsur kesinambungan karena ....

Pertanyaan

Perhatikan gedung pesantren pada gam bar berikut!

Eksistensi pesantren hingga saat ini menunjukkan unsur kesinambungan karena ....

  1. sistem pengajaran di pesantren mengadopsi sistem pengajaran pada masa lalu

  2. materi pembelajaran dalam pesantren mengadopsi materi pembelajaran sekolah modern

  3. konsep pendidikan pesantren sama dengan konsep pendidikan masa Hindu-Buddha.

  4. metode pembelajaran pesantren diadopsi lembaga pendidikan modern saat ini.

  5. keberadaan pesantren menghasilkan ulama berpengaruh dalam kehidupan masyarakat.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konsep waktu dalam sejarah mencakup empat hal, yaitu perubahan, perkembangan, pengulangan, dan kesinambungan. Kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama. Kesinambungan adalah suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat. Dengan kata lain, kondisi tersebut, misalnya praktik sosial tertentu, menunjukkan terjadinya kesinambungan (kontinuitas). Misalnya adalah konsep pendidikan pesantren yang mengadopsi pendidikan pada masa Hindu-Buddha.

Sistem pendidikan pesantren merupakan kelanjutan dari sistem pendidikan pada masa Hindu-Buddha. Bisa dikatakan sistem pendidikan pada masa Islam merupakan bentuk akulturasi antara sistem pendidikan patapan Hindu-Buddha dengan sistem pendidikan Islam yang telah mengenal istilah uzlah (menyendiri). Akulturasi tersebut tampak pada sistem pendidikan yang mengikuti kaum agamawan Hindu-Buddha, saat guru dan murid berada dalam satu lingkungan permukiman (Schrieke, 1957: 237; Pigeaud, 1962, IV: 484—5; Munandar 1990: 310—311). Pada masa Islam sistem pendidikan itu disebut dengan pesantren atau disebut juga pondok pesantren. Berasal dari kata funduq (funduq=Arab atau pandokheyon=Yunani yang berarti tempat menginap).

Bentuk lainnya adalah, tentang pemilihan lokasi pesantren yang jauh dari keramaian dunia, keberadaannya jauh dari pemukiman penduduk, jauh dari ibu kota kerajaan maupun kota-kota besar. Beberapa pesantren dibangun di atas bukit atau lereng gunung Muria, Jawa Tengah. Pesantren Giri yang terletak di atas sebuah bukit yang bernama Giri, dekat Gresik Jawa Timur (Tjandrasasmita, 1984—187). Pemilihan lokasi tersebut telah mencontoh ”gunung keramat” sebagai tempat didirikannya karsyan dan mandala yang telah ada pada masa sebelumnya (De Graaf & Pigeaud, 1985: 187).

Seperti halnya mandala, pada masa Islam istilah tersebut lebih dikenal dengan sebutan ”depok”, istilah tersebut menjadi nama sebuah kawasan yang khas di kota-kota Islam, seperti Yogyakarta, Cirebon dan Banten. Istilah depok itu sendiri berasal dari kata padepokan yang berasal dari kata patapan yang merujuk pada arti yang sama, yaitu “tempat pendidikan. Dengan demikian padepokan atau pesantren adalah sebuah sistem pendidikan yang merupakan kelanjutan sistem pendidikan sebelumnya.

Konsep pendidikan pesantren pada masa Islam masih bertahan pada konsep pesantren hingga saat ini. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa eksistensi pesantren pada masa kini adalah kesinambungan dari sistem pendidikan pada masa Hindu-Buddha dimana terdapat kesamaan konsep pendidikan yang masih dianut oleh lembaga pesantren hingga saat ini seperti konsep pondok pesantren sebagai tempat menginap dimana guru dan murid tinggal dalam satu lingkungan, dan lokasinya yang jauh dari keramaian.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 25 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

0

Roboguru

Peristiwa yang terjadi pada masa kini tidak lepas dari peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah mengalami ...

2

Roboguru

Konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal, yaitu ...

1

Roboguru

Masih bertahannya pola-pola tradisi lama dalam masyarakat membuktikan bahwa masyarakat mengalami kesinambungan. Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!

5

Roboguru

Sejarah berkesinambungan, maksudnya...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved