Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks artikel opini berikut! Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) telah hadir di tengah masyarakat Indonesia untuk memberikan perlindungan dan bantuan kepada saksi dan korban sebagaimana telah diatur dalam undang-undang. Dengan adanya LPSK, saksi dan korban diharapkan akan menjadi lebih bebas dan leluasa untuk menyampaikan hal-hal yang seharusnya ia sampaikan. Diam tentu bukan pilihan. Oleh karena itu, tidak hanya saksi dan korban, LPSK pun harus lebih gencar lagi bersosialisasi agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui dan memahami hakikat keberadaan LPSK. Kata yang menjadi tanda bahwa kutipan teks di atas mengandung fakta adalah ....

Perhatikan kutipan teks artikel opini berikut!
 

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) telah hadir di tengah masyarakat Indonesia untuk memberikan perlindungan dan bantuan kepada saksi dan korban sebagaimana telah diatur dalam undang-undang. Dengan adanya LPSK, saksi dan korban diharapkan akan menjadi lebih bebas dan leluasa untuk menyampaikan hal-hal yang seharusnya ia sampaikan. Diam tentu bukan pilihan. Oleh karena itu, tidak hanya saksi dan korban, LPSK pun harus lebih gencar lagi bersosialisasi agar lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui dan memahami hakikat keberadaan LPSK.


Kata yang menjadi tanda bahwa kutipan teks di atas mengandung fakta adalah ....

  1. kata telah pada kalimat pertama

  2. kata untuk pada kalimat pertama

  3. kata diharapkan pada kalimat kedua

  4. kata akan pada kalimat kedua

  5. kata oleh karena itu pada kalimat keempat

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Kalimat fakta adalah kalimat yang di dalamnya mengandung hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Kalimat fakta dalam kutipan teks di atas terdapat pada kalimat pertama. Fakta dalam kalimat tersebut ditandai dengan kata telah . Kata tersebut menandakan bahwa peristiwa yang disebutkan dalam kalimat sudah terjadi atau benar-benar terjadi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Kalimat fakta adalah kalimat yang di dalamnya mengandung hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Kalimat fakta dalam kutipan teks di atas terdapat pada kalimat pertama. Fakta dalam kalimat tersebut ditandai dengan kata telah. Kata tersebut menandakan bahwa peristiwa yang disebutkan dalam kalimat sudah terjadi atau benar-benar terjadi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

48

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks artikel opini berikut! (1) Merujuk data Kemenkes pada 2015, jumlah penderita ISPA di Jambi per Juli-Oktober 2015 mencapai 152,390 kasus. (2) Sementara itu, di Kalimantan T...

15

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia