Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut! Charlotte Bunch, tokoh yang telah memulai transformasi konsep HAM, menyatakan bahwa isu perempuan tidak bisa lagi dianggap sebagai isu marjinal (isu pinggiran tidak penting) dan harus digeser ke tengah (Sadli, 2000). Hal itu berarti bahwa, secara konkret, isu perempuan harus menjadi fokus perhatian negara di tingkat nasional, regional, dan internasional. Sementara itu, perjuangan terhadap hak asasi perempuan tidak mungkin bisa dipisahkan dari perjuangan memperoleh kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Keterangan aposisi yang terdapat dalam kutipan teks di atas digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai....

Perhatikan kutipan teks berikut!


Charlotte Bunch, tokoh yang telah memulai transformasi konsep HAM, menyatakan bahwa isu perempuan tidak bisa lagi dianggap sebagai isu marjinal (isu pinggiran tidak penting) dan harus digeser ke tengah (Sadli, 2000). Hal itu berarti bahwa, secara konkret, isu perempuan harus menjadi fokus perhatian negara di tingkat nasional, regional, dan internasional. Sementara itu, perjuangan terhadap hak asasi perempuan tidak mungkin bisa dipisahkan dari perjuangan memperoleh kesetaraan antara laki-laki dan perempuan.


Keterangan aposisi yang terdapat dalam kutipan teks di atas digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai ....space 

  1. tokoh-tokoh transformasi konsep HAMspace 

  2. konsep-konsep HAM yang adaspace 

  3. Charlotte Bunchspace 

  4. isu perempuanspace 

  5. para perempuanspace 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Keterangan aposisi merupakan keterangan yang memberi penjelasan kata benda. Cirinya, jika ditulis, keterangan ini diapit oleh tanda koma, tanda pisah, atau tanda kurung. Keterangan aposisi dalam kutipan teks di atas terdapat pada kalimat pertama, khususnya pada frasa tokoh yang telah memulai transformasi konsep HAM. Frasa tersebut digunakan untuk menerangkan nomina atau kata benda yang terletak di depannya, yaitu Charlotte Bunch . Jadi, berdasarkan kalimat pertama, Charlotte Bunch adalah tokoh yang telah memulai transformasi konsep HAM. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Keterangan aposisi merupakan keterangan yang memberi penjelasan kata benda. Cirinya, jika ditulis, keterangan ini diapit oleh tanda koma, tanda pisah, atau tanda kurung. Keterangan aposisi dalam kutipan teks di atas terdapat pada kalimat pertama, khususnya pada frasa tokoh yang telah memulai transformasi konsep HAM. Frasa tersebut digunakan untuk menerangkan nomina atau kata benda yang terletak di depannya, yaitu Charlotte Bunch. Jadi, berdasarkan kalimat pertama, Charlotte Bunch adalah tokoh yang telah memulai transformasi konsep HAM.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks artikel opini berikut! Ada sebuah adagium dalam sepakbola: kompetisi yang baik adalah kompetisi yang mana para pemainnya lebih populer ketimbang organisator atau regulator...

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia