Perhatikan kutipan resensi berikut! Dessie Wanda adalah seorang dosen di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya  ke Australia dan menyelesaikan pendidikan pada tingkat Postgraduate Diploma in Nursing (Curtin University of Technology). Selanjutnya, penulis mendapatkan gelar Master of Nursing (ACU National) di Australia. Ia berhasil mencetak buku pertamanya yang berjudul Mengamati dan Membangun Karakter Anak Berdasarkan Golongan Darahnya pada Juni 2011. Dalam bukunya, ia menjelaskan bahwa golongan darah manusia terbagi menjadi 4 jenis, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Setiap manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda berdasarkan keturunannya.   Konjungsi temporal pada kutipan di atas ditandai dengan kata ….

Pertanyaan

Perhatikan kutipan resensi berikut!

Dessie Wanda adalah seorang dosen di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya  ke Australia dan menyelesaikan pendidikan pada tingkat Postgraduate Diploma in Nursing (Curtin University of Technology). Selanjutnya, penulis mendapatkan gelar Master of Nursing (ACU National) di Australia. Ia berhasil mencetak buku pertamanya yang berjudul Mengamati dan Membangun Karakter Anak Berdasarkan Golongan Darahnya pada Juni 2011. Dalam bukunya, ia menjelaskan bahwa golongan darah manusia terbagi menjadi 4 jenis, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Setiap manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda berdasarkan keturunannya.

 

Konjungsi temporal pada kutipan di atas ditandai dengan kata ….

  1. adalah, bahwa, menjadi, dan yaitu

  2. adalah, kemudian, selanjutnya, bahwa, dan yaitu

  3. kemudian dan selanjutnya

  4. kemudian, menjadi, dan yaitu

  5. bahwa dan yaitu

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Konjungsi temporal merupakan salah satu konjungsi yang terdapat pada resensi. Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berfungsi menyatakan keterangan waktu. Konjungsi temporal ditandai oleh kata-kata, seperti sewaktu, saat, sesaat, sejak, semenjak, kemudian, setelah, dan akhirnya. Kutipan di atas memuat konjungsi temporal, yakni ditandai dengan kata kemudian di kalimat kedua dan kata selanjutnya di kalimat ketiga pada kutipan di atas. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

49

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan resensi berikut!       (1) Lail yang masih sangat belia harus kehilangan ibunya di depan matanya sendiri. (2) Selain itu, lebih menyedihkan lagi karena ayahnya bekerja di dekat pus...

20

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia