Pertanyaan

Perhatikan kutipan resensi berikut! (1) Lail yang masih sangat belia harus kehilangan ibunya di depan matanya sendiri. (2) Selain itu, lebih menyedihkan lagi karena ayahnya bekerja di dekat pusat letusan sehingga bisa dipastikan bahwa Lail tidak akan bertemu lagi dengan ayahnya. (3) Letusan itu telah merenggut nyawa kedua orang tuanya. (4) Setelah kejadian itu, hujan pertama pun turun di novel ini. (5) Hujan yang membawa Lail pada kesedihan. (6) Setelah kejadian gunung meletus, Lail pun bertemu dengan orang-orang baru. (7) Ia bertemu dengan Esok, yang ketika itu berusia 15 tahun. (8) Lail sendiri berusia 13 tahun. (9) Esok sendiri nasibnya tak jauh beda dengan Lail. (10) Bencana alam itu menyebabkan ibunya mengalami luka yang cukup parah, sehingga kakinya harus diamputasi. (11) Ayah Esok sendiri memang sudah tiada sejak lama, tetapi yang menyedihkan adalah Esok harus kehilangan keempat kakaknya. (12) Sementara itu, Esok berteman baik dengan Lail. (13) Esok pun kemudian menjadi sosok yang sangat berharga untuk Lail. Mereka berteman dan menjadi sangat dekat. Konjungsi temporal pada kutipan di atas berjumlah ….

Perhatikan kutipan resensi berikut!

      (1) Lail yang masih sangat belia harus kehilangan ibunya di depan matanya sendiri. (2) Selain itu, lebih menyedihkan lagi karena ayahnya bekerja di dekat pusat letusan sehingga bisa dipastikan bahwa Lail tidak akan bertemu lagi dengan ayahnya. (3) Letusan itu telah merenggut nyawa kedua orang tuanya. (4) Setelah kejadian itu, hujan pertama pun turun di novel ini. (5) Hujan yang membawa Lail pada kesedihan. (6) Setelah kejadian gunung meletus, Lail pun bertemu dengan orang-orang baru. (7) Ia bertemu dengan Esok, yang ketika itu berusia 15 tahun. (8) Lail sendiri berusia 13 tahun. (9) Esok sendiri nasibnya tak jauh beda dengan Lail. (10) Bencana alam itu menyebabkan ibunya mengalami luka yang cukup parah, sehingga kakinya harus diamputasi. (11) Ayah Esok sendiri memang sudah tiada sejak lama, tetapi yang menyedihkan adalah Esok harus kehilangan keempat kakaknya. (12) Sementara itu, Esok berteman baik dengan Lail. (13) Esok pun kemudian menjadi sosok yang sangat berharga untuk Lail. Mereka berteman dan menjadi sangat dekat.

 

Konjungsi temporal pada kutipan di atas berjumlah ….

  1. lima, yakni pada kalimat (7), (9), (11), (12), dan (13)

  2. empat, yakni pada kalimat (4), (6), (11), dan (13)

  3. tiga, yakni pada kalimat (2), (4), dan (12)

  4. dua, yakni pada kalimat (11) dan (12)

  5. satu, yakni pada kalimat (11)

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.space space 

Pembahasan

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berfungsi menyatakan keterangan waktu. Konjungsi temporal ditandai oleh kata-kata, seperti sewaktu, sesaat, sejak, semenjak, kemudian, setelah, dan akhirnya. Konjungsi temporal pada kutipan di atas berjumlah empat, yakni pada kalimat (4), (6), (11), dan (13) ditandai dengan kata setelah pada kalimat (4) dan (6), kata sejak pada kalimat (11), dan kata kemudian pada kalimat (13). Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berfungsi menyatakan keterangan waktu. Konjungsi temporal ditandai oleh kata-kata, seperti sewaktu, sesaat, sejak, semenjak, kemudian, setelah, dan akhirnya. Konjungsi temporal pada kutipan di atas berjumlah empat, yakni pada kalimat (4), (6), (11), dan (13) ditandai dengan kata setelah pada kalimat (4) dan (6), kata sejak pada kalimat (11), dan kata kemudian pada kalimat (13). Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban B.space space 

21

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan resensi berikut! (1) Cerita berakhir dengan bertemunya Gilang dengan Ayu. (2) Saat itu hujan turun, mereka harus pergi ke Heathrow, akhirnya Gilang menawarkan untuk memakai pay...

23

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia