Pertanyaan

Perhatikan kutipan resensi berikut! Kisah menarik cerpen ”Wangon Jatilawang” tersebut berawal dari peristiwa pertama menggambarkan kedatangan Sulam ke rumah tokoh ”Aku”. Saat itu tokoh ”Aku” sedang menerima tamu penting. Tokoh ”Aku” dan Sulam bersahabat. Setiap hari tokoh Sulam singgah di rumah tokoh ”Aku” untuk makan dan minta uang. Konflik muncul ketika hari Lebaran sudah dekat. Tokoh Sulam teringat ibunya yang sudah meninggal. Sepengetahuannya, ibunya pergi ke kota untuk membelikan baju baru untuk tokoh ”Aku” berjanji akan membelikan baju baru untuk tokoh Sulam. Akhir cerita, tokoh ”Aku” mau memberikan baju yang diminta tokoh Sulam tepat pada hari Lebaran. Tokoh ”Aku” berpikir, jika baju itu diberikan pada saat itu juga, pasti Sulam akan mengotorinya. Akhirnya, Sulam pergi dengan wajah murung. Tokoh Sulam kecewa. Tokoh Sulam meninggal karena kecelakaan. Tokoh ”Aku” sangat menyesal tidak mengabulkan permintaan tokoh Sulam yang terakhir kalinya. Kutipan teks di atas memuat struktur resensi, yaitu ….

Perhatikan kutipan resensi berikut!


Kisah menarik cerpen ”Wangon Jatilawang” tersebut berawal dari peristiwa pertama menggambarkan kedatangan Sulam ke rumah tokoh ”Aku”. Saat itu tokoh ”Aku” sedang menerima tamu penting. Tokoh ”Aku” dan Sulam bersahabat. Setiap hari tokoh Sulam singgah di rumah tokoh ”Aku” untuk makan dan minta uang. Konflik muncul ketika hari Lebaran sudah dekat. Tokoh Sulam teringat ibunya yang sudah meninggal. Sepengetahuannya, ibunya pergi ke kota untuk membelikan baju baru untuk tokoh ”Aku” berjanji akan membelikan baju baru untuk tokoh Sulam. Akhir cerita, tokoh ”Aku” mau memberikan baju yang diminta tokoh Sulam tepat pada hari Lebaran. Tokoh ”Aku” berpikir, jika baju itu diberikan pada saat itu juga, pasti Sulam akan mengotorinya. Akhirnya, Sulam pergi dengan wajah murung. Tokoh Sulam kecewa. Tokoh Sulam meninggal karena kecelakaan. Tokoh ”Aku” sangat menyesal tidak mengabulkan permintaan tokoh Sulam yang terakhir kalinya.


Kutipan teks di atas memuat struktur resensi, yaitu ….

  1. identitas buku

  2. bagian pendahuluan

  3. isi resensi

  4. penutup

  5. identifikasi buku

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kutipan di atas termasuk ke dalam struktur isi resensi. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

kutipan di atas termasuk ke dalam struktur isi resensi. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

Pembahasan

Ada enam unsur utama dalam struktur resensi. Keenam unsur tersebut antara lain: judul resensi, sampul buku, identitas buku, bagian pendahuluan, isi resensi, penutup. Kutipan teks di atas memuat salah satu struktur resensi, yaitu isi resensi. Hal tersebut karena bagian isi resensi berisi tentang sinopsis dan penilaian. Kutipan di atas merupakan sinopsis dari sebuah buku. Dengan demikian, kutipan di atas termasuk ke dalam struktur isi resensi. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

Ada enam unsur utama dalam struktur resensi. Keenam unsur tersebut antara lain:

  1. judul resensi,
  2. sampul buku,
  3. identitas buku,
  4. bagian pendahuluan,
  5. isi resensi,
  6. penutup.

Kutipan teks di atas memuat salah satu struktur resensi, yaitu isi resensi. Hal tersebut karena bagian isi resensi berisi tentang sinopsis dan penilaian. Kutipan di atas merupakan sinopsis dari sebuah buku. Dengan demikian, kutipan di atas termasuk ke dalam struktur isi resensi. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

68

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kedua kutipan berikut! Perbedaan yang tepat sesuai dengan informasi yang terdapat pada kedua kutipan di atas adalah ….

58

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia