Pertanyaan

Perhatikan kutipan resensi berikut! (1) Cerita berakhir dengan bertemunya Gilang dengan Ayu. (2) Saat itu hujan turun, mereka harus pergi ke Heathrow, akhirnya Gilang menawarkan untuk memakai payung merah berdua. (3) Sejak saat itu, Gilang merasa nyaman berada di dekat Ayu. (4) Sebenarnya banyak pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. (5) Pertama, tentang pentingnya persahabatan. (6) Bukan persahabatan Ning dan Gilang, tetapi persahabatan Gilang dan keempat temannya. (5) Mereka benar-benar teman yang peduli. (6) Kedua, tentang kesabaran. (7) Penantian Mister Lowesley yang panjang pasti dibarengi dengan kesabaran. (8) Sekeras apapun hati orang lain, jika kita tulus mencintainya seiring berjalannya waktu, hatinya akan luluh juga. Kutipan resensi di atas memuat konjungsi temporal yang ditandai dengan kata ....

Perhatikan kutipan resensi berikut!
 

(1) Cerita berakhir dengan bertemunya Gilang dengan Ayu. (2) Saat itu hujan turun, mereka harus pergi ke Heathrow, akhirnya Gilang menawarkan untuk memakai payung merah berdua. (3) Sejak saat itu, Gilang merasa nyaman berada di dekat Ayu. (4) Sebenarnya banyak pelajaran yang bisa diambil dari novel ini. (5) Pertama, tentang pentingnya persahabatan. (6) Bukan persahabatan Ning dan Gilang, tetapi persahabatan Gilang dan keempat temannya. (5) Mereka benar-benar teman yang peduli. (6) Kedua, tentang kesabaran. (7) Penantian Mister Lowesley yang panjang pasti dibarengi dengan kesabaran. (8) Sekeras apapun hati orang lain, jika kita tulus mencintainya seiring berjalannya waktu, hatinya akan luluh juga.


Kutipan resensi di atas memuat konjungsi temporal yang ditandai dengan kata ....

  1. berakhir, akhirnya, dan sejak undefined  

  2. berakhir, akhirnya, dan waktu undefined  

  3. berakhir, sejak, dan waktu undefined  

  4. akhirnya, sejak, dan waktu undefined  

  5. akhirnya dan sejak undefined  

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E. undefined  

Pembahasan

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berfungsi menyatakan keterangan waktu. Konjungsi temporal ditandai oleh kata-kata, seperti sewaktu, saat, sesaat, sejak, semenjak, kemudian, setelah, dan akhirnya. Kutipan di atas memuat konjungsi temporal yang ditandai dengan kata akhirnya kalimat (2) dan sejak (kalimat 3). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berfungsi menyatakan keterangan waktu. Konjungsi temporal ditandai oleh kata-kata, seperti sewaktu, saat, sesaat, sejak, semenjak, kemudian, setelah, dan akhirnya. Kutipan di atas memuat konjungsi temporal yang ditandai dengan kata akhirnya kalimat (2) dan sejak (kalimat 3).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. undefined  

23

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan resensi berikut! Windry Ramadhina lahir dan tinggal di Jakarta, berprofesi sebagai arsitek lepas dan mendirikan biro desain sendiri. Ia mulai menulis fiksi sejak 2007 di kemudi...

53

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia