Roboguru

Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

Pertanyaan

Kesinambungan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

  1. Gejala yang timbul tidak sesuai harapan

  2. Ketidakteraturan suatu tatanan sosial

  3. Naik turunnya kondisi masyarakat

  4. Naik turunnya kondisi politik

  5. Suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat

Pembahasan Soal:

Kesinambungan dalam sejarah adalah segala sesuatu dalam mempelajari sejarah yang terjadi secara berkelanjutan dan berkala. Peristiwa sejarah akan berhubungan dengan waktu yang bergerak dari waktu sebelumnya menuju ke waktu berikutnya. Oleh sebab itu, kesinambungan diartikan dengan suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa yang terjadi pada masa kini tidak lepas dari peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah mengalami ...

Pembahasan Soal:

Sejarah sebagai ilmu merupakan kajian sistematis terhadap serangkaian aktivitas manusia di masa lalu. Dalam kaitannya dengan kajian aktivitas di masa lalu, sejarah memiliki tiga unsur penting, yakni manusia sebagai subjek sekaligus objek dalam sejarah, ruang yang berkaitan dengan aspek tempat atau spasial kejadian peristiwa bersejarah dan waktu sebagai aspek temporal dan berkenaan dengan kapan terjadinya suatu peristiwa sejarah.
Waktu dalam sejarah memiliki peranan yang utama, sebab aktivitas manusia tidak akan lepas dari waktu. Adapun waktu dalam sejarah, umumnya dikenal beberapa pemahaman:(1) perkembangan, berkaitan dengan adanya perubahan bentuk, struktur atau hal-hal yang berbeda dari setiap perkembangan zaman, (2) kesinambungan, dalam konteks waktu sejarah, kesinambungan dipahami sebagai proses keberlanjutan dari segala aktivitas manusia di masa lalu yang menentukan kehidupan mereka di masa depan, dengan kata lain keberadaan masa kini tidak bisa lepas dari serangkaian peristiwa di masa lalu, dan (3) pengulangan, dipahami sebagai proses mengulang kembali sejarah masa lalu di masa kini.

Jadi, peristiwa yang terjadi di masa kini yang tidak bisa lepas dari masa lalu, menegaskan bahwa waktu dalam sejarah mengalami kesinambungan.

1

Roboguru

Perhatikan gedung pesantren pada gam bar berikut! Eksistensi pesantren hingga saat ini menunjukkan unsur kesinambungan karena ....

Pembahasan Soal:

Konsep waktu dalam sejarah mencakup empat hal, yaitu perubahan, perkembangan, pengulangan, dan kesinambungan. Kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama. Kesinambungan adalah suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat. Dengan kata lain, kondisi tersebut, misalnya praktik sosial tertentu, menunjukkan terjadinya kesinambungan (kontinuitas). Misalnya adalah konsep pendidikan pesantren yang mengadopsi pendidikan pada masa Hindu-Buddha.

Sistem pendidikan pesantren merupakan kelanjutan dari sistem pendidikan pada masa Hindu-Buddha. Bisa dikatakan sistem pendidikan pada masa Islam merupakan bentuk akulturasi antara sistem pendidikan patapan Hindu-Buddha dengan sistem pendidikan Islam yang telah mengenal istilah uzlah (menyendiri). Akulturasi tersebut tampak pada sistem pendidikan yang mengikuti kaum agamawan Hindu-Buddha, saat guru dan murid berada dalam satu lingkungan permukiman (Schrieke, 1957: 237; Pigeaud, 1962, IV: 484—5; Munandar 1990: 310—311). Pada masa Islam sistem pendidikan itu disebut dengan pesantren atau disebut juga pondok pesantren. Berasal dari kata funduq (funduq=Arab atau pandokheyon=Yunani yang berarti tempat menginap).

Bentuk lainnya adalah, tentang pemilihan lokasi pesantren yang jauh dari keramaian dunia, keberadaannya jauh dari pemukiman penduduk, jauh dari ibu kota kerajaan maupun kota-kota besar. Beberapa pesantren dibangun di atas bukit atau lereng gunung Muria, Jawa Tengah. Pesantren Giri yang terletak di atas sebuah bukit yang bernama Giri, dekat Gresik Jawa Timur (Tjandrasasmita, 1984—187). Pemilihan lokasi tersebut telah mencontoh ”gunung keramat” sebagai tempat didirikannya karsyan dan mandala yang telah ada pada masa sebelumnya (De Graaf & Pigeaud, 1985: 187).

Seperti halnya mandala, pada masa Islam istilah tersebut lebih dikenal dengan sebutan ”depok”, istilah tersebut menjadi nama sebuah kawasan yang khas di kota-kota Islam, seperti Yogyakarta, Cirebon dan Banten. Istilah depok itu sendiri berasal dari kata padepokan yang berasal dari kata patapan yang merujuk pada arti yang sama, yaitu “tempat pendidikan. Dengan demikian padepokan atau pesantren adalah sebuah sistem pendidikan yang merupakan kelanjutan sistem pendidikan sebelumnya.

Konsep pendidikan pesantren pada masa Islam masih bertahan pada konsep pesantren hingga saat ini. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa eksistensi pesantren pada masa kini adalah kesinambungan dari sistem pendidikan pada masa Hindu-Buddha dimana terdapat kesamaan konsep pendidikan yang masih dianut oleh lembaga pesantren hingga saat ini seperti konsep pondok pesantren sebagai tempat menginap dimana guru dan murid tinggal dalam satu lingkungan, dan lokasinya yang jauh dari keramaian.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

7

Roboguru

Perhatikan perayaan tradisi pada gambar berikut! Perayaan tradisi pada gambar menunjukkan kehidupan manusia mengalami ....

Pembahasan Soal:

Sehubungan dengan konsep waktu, dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo  meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Keberlanjutan/ kesinambungan dalam sejarah artinya dalam mempelajari sejarah, kita harus menyadari bahwa rangkaian sejarah sejak adanya manusia sampai sekarang adalah peristiwa-peristiwa berkelanjutan. Disebut mengalami perkembangan apabila dalam kehidupan masyarakat terjadi gerak secara berturut-turut dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain.

Perkembangan terjadi biasanya dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang kompleks. Misalnya adalah perkembangan demokrasi di Amerika yang mengikuti perkembangan kota. Pada awalnya masyarakat di Amerika tinggal di kota-kota kecil. Di kota-kota kecil itulah tumbuh dewan-dewan kota, tempat orang berkumpul. Dari kota-kota kecil mengalami proses menjadi kota-kota besar hingga menjadi kota metropolitan. Di sini, demokrasi berkembang mengikuti perkembangan kota.

Pengulangan terjadi apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya. Pengulangan adalah fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Jadi pengulangan bukan berarti peristiwanya berulang, melainkan fenomenanya.

Sementara itu disebut kesinambungan terjadi bila suatu masyarakat baru hanya melakukan adopsi lembaga-lembaga lama. Kesinambungan adalah suatu kondisi terkadang tidak melahirkan kondisi baru, tetapi tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat. Dengan kata lain kondisi tersebut, misalnya praktik sosial tertentu, menunjukkan terjadinya kesinambungan (kontinuitas). Misalnya, tradisi seren taun seperti pada gambar di atas merupakan  perayaan tradisi yang sudah dilakukan turun-temurun sejak zaman kerajaan Sunda purba seperti kerajaan Padjajaran. Perayaan tradisi seren taun merupakan kegiatan upacara adat atau ritual yang dilakukan hingga masa sekarang oleh kelompok kepercayaan Sunda Wiwitan, salah satunya adalah oleh masyarakat di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

2

Roboguru

Perhatikan karakteristik berikut! Perubahan Pergerakan Perkembangan Pergeseran Kesinambungan Menurut Kuntowijoyo, unsur waktu dalam sejarah ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Konsep waktu dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo (2001: 14-15) meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan, berikut ini penjelasannya:

  1. Perkembangan. Masyarakat yang berkembang akan membawa bentuk baru yang lebih relevan dengan kondisi zaman. Perkembangan ini bertujuan untuk memperbarui segala sesuatu yang sudah dianggap tidak efektif bagi kelangsungan hidup masyarakat. Contohnya adalah demokrasi Amerika yang semakin berkembang akibat dari perkembangan struktur kota yang semakin kompleks.
  2. Kesinambungan. Kecenderungan masyarakat dalam mengadopsi cara-cara lama, menjadi dasar kesinambungan sejarah dari masa lalu. Meskipun ada beberapa poin yang berbeda, namun tidak merubah pola dan esensi dari sistem sebelumnya. Contohnya adalah sistem-sistem partai yang menyerupai sistem kerajaan masa sebelumnya, dalam lingkup yang hampir sama.
  3. Pengulangan. Peristiwa yang sama terulang kembali di masa berikutnya. Hal ini sering terjadi, sehingga muncul jargon "Sejarah terulang kembali". Contohnya pada peristiwa lengsernya presiden Soekarno dan Soeharto yang dilatarbelakangi aksi demonstrasi dari para mahasiswa.
  4. Perubahan. Peristiwa perubahan terjadi dalam masyarakat secara besar-besaran dalam kurun waktu yang singkat. Hal ini biasanya terjadi karena adanya pengaruh yang kuat dari luar. Contohnya adalah gerakan 30 S/PKI terjadi akibat paham komunis dari China dan Rusia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2

Roboguru

Konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Dalam setiap peristiwa dan kejadian perkembangan manusia dapat dijelaskan secara konkret dengan konsep waktu. Hal tersebut mengartikan bahwa sejarah tidak dapat lepas dari struktur waktu. Beberapa konsep waktu esensial dalam sejarah sebagai berikut.

  1. Perkembangan. Setiap generasi masyarakat yang baru akan terus memperbarui dan membawa bentuk baru yang sesuai dengan kondisi zamannya. Pembaruan setiap generasi menjadikan keberhasilan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Kesinambungan. Masyarakat akan mengambil beberapa cara yang dapat dipakai dari zaman-zaman sebelumnya yang menyebabkan adanya kesinambungan sejarah. Walaupun mengambil pembelajaran dari masa lalu, masyarakat tetap mengembangkan sesuatu sesuai zamannya.
  3. Pengulangan. Tidak jarang banyak peristiwa sejarah yang mengalami pengulangan. Walaupun secara waktu berbeda, namun latar belakangnya terkadang hampir sama.
  4. Perubahan. Perubahan dalam masyarakat yang terjadi secara besar dan singkat, biasanya dipengaruhi adanya kekuatan dari luar yang menjadikanya perubahan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved