RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan gambar berikut! Seorang pasien patah tulang di rumah sakit menjalani pengobatan atas tulang kering pada kaki kanannya yang patah. Untuk menjaga sambungan tulangnya yang patah dan baru saja dirawat dokter, selain digips kaki pasien juga ditarik dengan menggunakan sistem katrol seperti terlihat pada gambar di atas. Jika katrol dianggap licin dan tak bermassa, hitung gaya-gaya (horizontal dan vertikal) yang dirasakan oleh si pasien.

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Seorang pasien patah tulang di rumah sakit menjalani pengobatan atas tulang kering pada kaki kanannya yang patah. Untuk menjaga sambungan tulangnya yang patah dan baru saja dirawat dokter, selain digips kaki pasien juga ditarik dengan menggunakan sistem katrol seperti terlihat pada gambar di atas. Jika katrol dianggap licin dan tak bermassa, hitung gaya-gaya (horizontal dan vertikal) yang dirasakan oleh si pasien.

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gaya horizontal dan vertikal yang dirasakan pasien berturut-turut adalah 55,98 N dan 45 N

Pembahasan

Untuk menghitung gaya yang dirasakan pasien, kita gunakan konsep resultan gaya luar pada masing-masing sumbu-x dan sumbu-y (tanpa melibatkan berat dari kaki). Diagram gaya pada kaki dapat dilihat seperti gambar di bawah.

N i l a i space d a r i space T subscript 1 equals T subscript 2 equals T subscript 3 equals w equals 30 space N  G a y a space h o r i z o n t a l capital sigma F subscript x equals T subscript 2 times c o s open parentheses 30 degree close parentheses plus T subscript 3 capital sigma F subscript x equals 30 times 1 half square root of 3 plus 30 capital sigma F subscript x equals 15 square root of 3 plus 30 equals bold 55 bold comma bold 98 bold space bold N  G a y a space v e r t i k a l capital sigma F subscript y equals T subscript 1 plus T subscript 2 times s i n open parentheses 30 degree close parentheses capital sigma F subscript y equals 30 plus 30 times 1 half capital sigma F subscript y equals 30 plus 15 equals bold 45 bold space bold N

Jadi, gaya horizontal dan vertikal yang dirasakan pasien berturut-turut adalah 55,98 N dan 45 N

476

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar permainan jungkat jungkit berikut! Empat orang anak sedang bermain jungkat jungkit seperti pada gambar diatas. Beberapa saat kemudian Adi ingin ikut bermain. Kelima anak tersebut ...

502

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia