Roboguru

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

Pertanyaan

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah ...

  1. Membuat ulang suatu peristiwa

  2. Mencoba melakukan hal yang sama

  3. Suatu kejadian yang dilakukan untuk membuat suatu peristiwa yang sama

  4. Kejadian yang persis sama terjadi 2 kali di waktu berbeda

  5. Fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang tetapi fenomenanya yang berulang

Pembahasan Soal:

Konsep pengulangan dalam ilmu sejarah adalah apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya. Dalam hal pengulangan, sejarah mengkaji peristiwa-peristiwa masa lampau yang terjadi pada masa sekarang. Disini yang berulang fenomenanya. Oleh sebab itu, dapat diartikan bahwa fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang, tetapi fenomenanya yang berulang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam sejarah yang dapat terjadi berulang kali adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam sejarah sesuatu yang dapat terjadi berungkali adalah pola. Pola merupakan bentuk atau model dalam suatu peristiwa. Sedangkan peristiwa sejarah sendiri hanya terjadi satu kali dan bersifat abadi. Oleh sebab itu, peristiwa sejarah dikatakan unik. Pola gerak sejarah terbagi menjadi tiga, yakni siklus atau melingkar, linier, dan spiral. 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Konsep waktu dalam sejarah meliputi empat unsur, yaitu perkembangan, pengulangan, kesinambungan, dan perubahan. Contoh unsur pengulangan ditunjukkan oleh pernyataan ...

Pembahasan Soal:

Menurut Kuntowijoyo, konsep waktu dalam sejarah terdiri atas perubahan, kesinambungan, perkembangan, dan pengulangan. Keempat konsep tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Perubahan terjadi apabila masyarakat mengalami pergeseran yang hampir sama dengan perkembangan, tetapi asumsinya adalah perkembangan secara besar-besaran dan dalam waktu relatif singkat.
  • Kesinambungan terjadi apabila masyarakat tetap mengadopsi lembaga-lembaga dan kebiasaan-kebiasaan lama.
  • Perkembangan terjadi apabila masyarakat mengalami pergerakan berturut-turut dari satu bentuk ke bentuk lain.
  • Pengulangan terjadi apabila peristiwa pada masa lalu terjadi lagi. Akan tetapi, hanya pola peristiwanya yang mengalami pengulangan.

Dalam konsep pengulangan, corak peristiwa yang terjadi memiliki kemiripan dengan peristiwa terdahulu. Sementara itu, pelaku, waktu, dan tempat berlangsungnya peristiwa selalu berbeda. Salah satu contoh unsur pengulangan adalah Pemerintah Orde Baru menerapkan kebijakan transmigrasi. Kebijakan transmigrasi ini adalah salah satu kebijakan yang dicetuskan dalam politik etis yang diterapkan oleh Belanda di Indonesia. adapun isi dari politik etis tersebut adalah Edukasi (pendidikan), Irigasi (pembangunan saluran pengairan), dan Migrasi (perpindahan penduduk). Migrasi sendiri yakni menyuruh penduduk guna bertransmigrasi. Dengan transmigrasi, tanah-tanah di luar Jawa yang belum diubah menjadi lahan perkebunan, bakal dapat diubah untuk meningkatkan penghasilan. Selain tersebut juga untuk meminimalisir kepadatan warga Jawa. Pada 1865 jumlah warga Jawa dan Madura 14 juta. Pada 1900 telah pulang menjadi dua kali lipat. Pada mula abad ke-19 terjadi migrasi warga dari Jawa Tengah ke Jawa Timur berkaitan dengan adanya ekspansi perkebunan tebu dan tembakau, migrasi warga dari Jawa ke Sumatra Utara sebab adanya permintaan besar bakal tenaga kerja perkebunan di Sumatra Utara, khususnya ke Deli, sementara ke Lampung memiliki tujuan guna menetap. Di samping ke beberapa wilayah yang terdapat di Indonesia, warga Indonesia pun dikirim terbit negeri di antara tujuannya adalah di Suriname.

Maka berdasarkan penjelasan di atas dengan adanya  peristiwa transmigrasi pada masa politik etis yang terjadi lagi pada masa orde baru merupakan salah satu dari unsur pengulangan.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah A.

Roboguru

Perhatikan data berikut! Perubahan Kesinambungan Perkembangan Pengulangan Hal-hal tersebut merupakan unsur-unsur dari konsep … dalam sejarah

Pembahasan Soal:

Waktu dalam sejarah merupakan sesuatu yang terus bergerak dari masa sebelumnya ke masa berikutnya. Gerakan ini menimbulkan perubahan bagi kehidupan manusia secara positif ataupun negatif. Di sisi lain, John Dewey (1959) memaparkan bahwa penulisan sejarah harus mencakup masa lampau dan sekarang. Sejarah harus bersifat instrumental dalam memecahkan masalah masa kini. Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Sebagai contoh, kamar mandi kecil pada zaman sebelumnya diartikan sebagai kamar yang berukuran kecil (denotatif), tetapi kamar kecil dalam generasi yang berbeda diartikan sebagai kamar mandi (konotatif). Adapun beberapa konsep waktu dalam memahami sejarah pada umumnya sebagai berikut:

  • Masa lampau merupakan waktu yang sudah terlewat (terjadi). Namun, masa lampau terkadang masa yang yang masih berlanjut dan belum berhenti.
  • Masa lampau bersifat terbuka dan saling terhubung antar waktunya. Sehingga, apapun yang sudah terjadi di masa lampau dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk waktu yang akan datang.
  • Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan masa sekarang dan masa depan.

Dalam setiap peristiwa dan kejadian perkembangan manusia dapat dijelaskan secara konkret dengan konsep waktu. Hal tersebut mengartikan bahwa sejarah tidak dapat lepas dari struktur waktu. Beberapa konsep waktu esensial dalam sejarah sebagai berikut:

  1. Perkembangan. Setiap generasi masyarakat yang baru akan terus memperbarui dan membawa bentuk baru yang sesuai dengan kondisi zamannya. Pembaruan setiap generasi menjadikan keberhasilan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Kesinambungan. Masyarakat akan mengambil beberapa cara yang dapat dipakai dari zaman-zaman sebelumnya yang menyebabkan adanya kesinambungan sejarah. Walaupun mengambil pembelajaran dari masa lalu, masyarakat tetap mengembangkan sesuatu sesuai zamannya.
  3. Pengulangan. Tidak jarang banyak peristiwa sejarah yang mengalami pengulangan. Walaupun secara waktu berbeda, namun latar belakangnya terkadang hampir sama.
  4. Perubahan. Perubahan dalam masyarakat yang terjadi secara besar dan singkat, biasanya dipengaruhi adanya kekuatan dari luar yang menjadikanya perubahan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

Roboguru

Konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Dalam setiap peristiwa dan kejadian perkembangan manusia dapat dijelaskan secara konkret dengan konsep waktu. Hal tersebut mengartikan bahwa sejarah tidak dapat lepas dari struktur waktu. Beberapa konsep waktu esensial dalam sejarah sebagai berikut.

  1. Perkembangan. Setiap generasi masyarakat yang baru akan terus memperbarui dan membawa bentuk baru yang sesuai dengan kondisi zamannya. Pembaruan setiap generasi menjadikan keberhasilan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Kesinambungan. Masyarakat akan mengambil beberapa cara yang dapat dipakai dari zaman-zaman sebelumnya yang menyebabkan adanya kesinambungan sejarah. Walaupun mengambil pembelajaran dari masa lalu, masyarakat tetap mengembangkan sesuatu sesuai zamannya.
  3. Pengulangan. Tidak jarang banyak peristiwa sejarah yang mengalami pengulangan. Walaupun secara waktu berbeda, namun latar belakangnya terkadang hampir sama.
  4. Perubahan. Perubahan dalam masyarakat yang terjadi secara besar dan singkat, biasanya dipengaruhi adanya kekuatan dari luar yang menjadikanya perubahan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Perhatikan wacana berikut! Pada 1966 muncul gerakan mahasiswa yang mengajukan agenda Tritura kepada pemerintahan Presiden Sukarno. Gerakan mahasiswa ini mengakibatkan jatuhnya pemerintahan Presiden S...

Pembahasan Soal:

Roeslan Abdul Gani menyatakan bahwa ilmu sejarah dapat diibaratkan sebagai penglihatan terhadap tiga dimensi, yaitu penglihatan ke masa silam, masa sekarang, dan masa depan. Hal ini sejalan dengan Arnold J. Toynbee yang mengatakan bahwa mempelajari sejarah adalah mempelajari masa lampau, untuk membangun masa depan (to study history is to study the past to build the future). Kehidupan manusia sekarang merupakan mata rantai yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia generasi sebelumnya ke generasi yang akan datang. Oleh karena itu, setiap peristiwa yang terjadi tidaklah berdiri sendiri, tetapi merupakan keterkaitan antara peristiwa satu dan lainnya. Sebaliknya, setiap peristiwa yang terjadi karena ada peristiwa yang mendahuluinya. Sehubungan dengan konsep waktu, dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan.

Konsep pengulangan dalam sejarah adalah ketika peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya. Pengulangan adalah fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Jadi, pengulangan bukan berarti peristiwanya berulang, melainkan fenomenanya. Sebuah peristiwa sejarah itu unik, tidak dapat diulang atau hanya terjadi sekali dan tidak ada lagi peristiwa lain yang persis sama dengan peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu. Contohnya, pergantian rezim Demokrasi Terpimpin ke Orde Baru, dan Orde Baru ke Reformasi. Menjelang presiden Sukarno jatuh dari kekuasaannya pada tahun 1960-an banyak terjadi aksi dan demonstrasi, khususnya yang dilakukan oleh para mahasiswa. Demikian halnya menjelang presiden Suharto jatuh pada 1998 juga banyak terjadi aksi dan demonstrasi. Pergantian rezim tersebut dapat berganti karena salah satu faktornya adalah gerakan mahasiswa. Pada 1966 mahasiswa menuntut Tritura, sedangkan pada 1998 mahasiswa menuntut dilakukannya reformasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved