Roboguru

Pertanyaan

Salah satu konsep waktu dalam sejarah adalah pengulangan. Akan tetapi, sejarah bersifat unik atau hanya sekali terjadi. Dengan demikian, bagaimana unsur pengulangan dapat terjadi? Berikan penjelasan disertai contoh!

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sebagai ilmu, sejarah memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat Ilmu Sejarah tersebut menurut sejarawan bernama Kuntowijoyo ada lima yakni fakta, diakronis, ideografis, unik serta empiris. Berikut adalah penjelasan masing masing sifat ilmu sejarah ini.

  1. FAKTA. Bahwa Ilmu Sejarah adalah sebuah fakta bukan rekaan.
  2. DIAKRONIS. Maksudnya bahwa sejarah memanjang dalam waktu dalam arti peristiwa yang satu berhubungan dengan peristiwa lainnya.
  3. IDEOGRAFIS. Maksudnya bahwa sejarah senantiasa menceritakan, menggambarkan dan memaparkan sesuatu.
  4. EMPIRIS. Bermakna bahwa sejarah itu bersandar pada pengalaman manusia. Pengalaman ini merupakan hal yang benar-benar terjadi baik itu yang sifatnya indrawi atau pun batiniyah.
  5. UNIK. Bermakna bahwa peristiwa sejarah tidak bisa berulang sampai kapanpun karena hanya terjadi sekali saja. Meski sebuah peristiwa yang sama berulang namun waktu dan pelakunya tentu berbeda.

Berdasarkan salah satu sifat sejarah tersebut dapat dipahami bahwa sejarah itu bersifat unik tidak bisa berulang dan terjadi hanya satu kali. Tetapi dalam konsep sejarah ada konsep pengulangan. Lalu pengulangan apa yang dapat terjadi? Pengulangan terjadi apabila peristiwa pada masa lalu terjadi lagi. Akan tetapi, hanya pola peristiwanya yang mengalami pengulangan. Dalam hal ini corak peristiwa yang terjadi memiliki kemiripan dengan peristiwa terdahulu. Sementara itu, pelaku, waktu, dan tempat berlangsungnya peristiwa selalu berbeda. Salah satu contohnya adalah aksi demontrasi yang terjadi saat mundurnya Soekarno dan Soeharto. Pola peristiwa yang terjadi pada kedua peristiwa tersebut jelas sama sehingga ada unsur pengulangan di dalamnya. Tetapi, untuk perlaku, waktu dan tempatnya jelas berbeda hal ini dapat dilihat pada aksi demontrasi 1966 dimana yang menjadi pelaku atau yang dituntut mundur oleh mahasiswa adalah Soekarno sedangkan pada tahun 1998 adalah Soeharto. Pada kedua peristiwa tersebut terjadi unsur pengulangan tetapi tidak menghilangkan sifat unik dari sejarah itu sendiri bahwa peristiwa sejarah tidak bisa berulang sampai kapanpun karena hanya terjadi sekali saja. Meski sebuah peristiwa yang sama berulang namun waktu dan pelakunya tentu berbeda.

16rb+

5.0 (14 rating)

Pertanyaan serupa

Mundurnya Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto dari kursi kepresidenan sama-sama diwarnai aksi demonstrasi rnahasiswa. Berdasarkan fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa ....

10rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia