Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pada tahun 1998 terjadi tuntutan reformasi yang meluas di Indonesia SEBAB Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik, ekonomi, sosial, dan budaya

Pada tahun 1998 terjadi tuntutan reformasi yang meluas di Indonesia

SEBAB

Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik, ekonomi, sosial, dan budaya

  1. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN benar dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat

  2. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN benar dan keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat

  3. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN salah

  4. Jika PERNYATAAN salah, ALASAN benar         

  5. Jika PERNYATAAN dan ALASAN, keduanya salah

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.

Iklan

Pembahasan

Pernyataan benar karena pada tahun 1998 terjadi demonstrasi besar-besaran yang menuntut diadakannya reformasi yang meluas ke seluruh wilayah di Indonesia. Demonstrasi besar-besaran mahasiswa ini melibatkan pula para staf akademis maupun pimpinan universitas di berbagai kota. Tuntutan reformasi ini tidak hanya terjadi di Jakarta tetapi juga di beberapa daerah seperti Yogyakarta, Surakarta, Medan dan Bandung. Alasan benar karena tuntutan reformasi adalah adanya perbaikan di berbagai sektor. Munculnya tuntutan reformasi ini dilatarbelakangi karena adanya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia saat itu. Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik dan budaya akibat maraknya KKN di kalangan pegawai pemerintahan dan penghapusan dwifungsi ABRI. Perbaikan sosial dan ekonomi akibat adanya kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik yang semakin melambung. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.

Pernyataan benar karena pada tahun 1998 terjadi demonstrasi besar-besaran yang menuntut diadakannya reformasi yang meluas ke seluruh wilayah di Indonesia. Demonstrasi besar-besaran mahasiswa ini melibatkan pula para staf akademis maupun pimpinan universitas di berbagai kota. Tuntutan reformasi ini tidak hanya terjadi di Jakarta tetapi juga di beberapa daerah seperti Yogyakarta, Surakarta, Medan dan Bandung.

Alasan benar karena tuntutan reformasi adalah adanya perbaikan di berbagai sektor. Munculnya tuntutan reformasi ini dilatarbelakangi karena adanya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia saat itu. Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik dan budaya akibat maraknya KKN di kalangan pegawai pemerintahan dan penghapusan dwifungsi ABRI. Perbaikan sosial dan ekonomi akibat adanya kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik yang semakin melambung.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Reformasi ditandai dengan ... Terjadinya proses desakralisasi terhadap kekuasaan Reinterpretasi terhadap sejarah Adanya redefinisi terhadap hak dan kewajiban rakyat Melemahnya pemerinta...

42

4.1

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia