Roboguru

Reformasi ditandai dengan ... Terjadinya proses desakralisasi terhadap kekuasaan Reinterpretasi terhadap sejarah Adanya redefinisi terhadap hak dan kewajiban rakyat Melemahnya pemerintahan

Pertanyaan

Reformasi ditandai dengan ...

  1. Terjadinya proses desakralisasi terhadap kekuasaan
  2. Reinterpretasi terhadap sejarah
  3. Adanya redefinisi terhadap hak dan kewajiban rakyat
  4. Melemahnya pemerintahan space
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar. space

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar. space

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar. space

  4. HANYA 4 yang benar. space

  5. SEMUA pilihan benar. space

Pembahasan Soal:

Reformasi yang terjadi pada tahun 1998 membawa merupakan puncak dari kekecewaan rakyat atas pemerintahan Orde Baru. Masa reformasi ini menandai 32 tahun berakhirnya masa kekuasaan Orde Baru dengan membawa perubahan-perubahan baik dalam politik, sosial, ekonomi, maupun budaya. Munculnya reformasi ini menurut Eep Saifullah Fattah (2000: xxix-xxxiii) ditandai oleh beberapa hal, seperti:

  1. Terjadinya proses desakralisasi terhadap kekuasaan. Desakralisasi kekuasaan artinya pengakhiran kesakralan terhadap pemerintah Orde Baru. Pada masa Orde Baru, kritik terhadap pemerintah sangatlah minim. Dimulainya masa reformasi membuka ruang yang luas bagi masyarakat dalam mengkritik kebijakan pemerintah sehingga pemerintah tidak bertindak otoriter.
  2. Demitologisasi pembangunan. Demitologisasi pembangunan berarti menghancurkan berbagai mitos-mitos pembangunan.  Seperti  yang kita ketahui bahwa rezim Orde Baru berhasil dalam membangun berbagai hal dan niscaya dapat mendatangkan berbagai macam kebaikan. Namun ternyata, pembangunan-pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru juga banyak mendatangkan malapetaka, baik di bidang sosial, politik, maupun ekonomi bagi masyarakat di samping berbagai kemajuan fisik. Maka dari itu, perlu dilakukan demitologisasi pembangunan dengan tidak terlalu mengagung-agungkan pembangunan hanya dengan melihat aspek keberhasilannya, namun juga kegagalannya.
  3. Orde Baru mengalami degradasi kredibilitas. Lahirnya reformasi berarti meruntuhkan kredibilitas Orde Baru yang dianggap terlalu otoriter dengan berbagai praktek kekeliruan.
  4. Reinterpretasi terhadap sejarah. Lahirnya masa reformasi membuat sejarah juga berubah dan bahkan mengalami penafsiran ulang. Peranan-peranan Soeharto yang dianggap sebagai penyelamat negara sejak era Demokrasi Terpimpin runtuh menjadi mengalami perubahan penafsiran seiring dengan kejatuhan masa Orde Baru.
  5. Adanya redefinisi terhadap hak dan kewajiban rakyat. Orde Baru dikenal dengan keterbatasan masyarakat untuk terjun di bidang politik. Segera setelah masa tersebut berakhir, banyak rakyat yang akhirnya boleh menentukan hak-hak politiknya sendiri sehingga tidak ada pembatasan. Hal ini seperti yang terlihat dengan banyaknya partai politik yang muncul pada masa reformasi. Keadaan ini disebut redefinisi atau pendefinisian ulang hak-hak dan kewajiban rakyat di masa reformasi.
  6. Melemahnya pemerintahan. Reformasi mendandai bahwa pemerintah tidak sekuat pada masa Orde Baru karena rakyat diperbolehkan mengkritik berbagai kebijakan pemerintah. Di masa Orde Baru, peranan pemerintah sangat menguat dengan tidak diperkenankannya kritik.
  7. Informasi mengalami pluralisasi. Sejak berakhirnya masa Orde Baru, kebebasan pers mulai diberlakukan secara efektif. Hal ini membuat informasi menjadi beragam atau mengalami pluralisasi.

Maka, berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah E. SEMUA pilihan benar. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun secara berurutan.     Lahirnya partai-partai politik baru pada era reformasi di Indonesia merupakan kenyataan objek...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Pemilu 1999 merupakan Pemilu pertama yang dilaksanakan pada masa Reformasi. Pada Pemilu tersebut, lahir berbagai partai-partai baru hingga mencapai 48 partai politik. Hadirnya berbagai partai politik ini merupakan sebuah kenyataan bahwa ada keinginan dari rakyat untuk menampilkan aspirasinya.

Alasan benar. Pada masa Orde Baru, aspirasi politik rakyat Indonesia mendapatkan tekanan dan dibatasi oleh pemerintah. Hal ini terlihat dengan terjadinya penyederhanaan partai politik hingga hanya berjumlah tiga partai. Penyederhanaan partai atau fusi partai ini ditujukan untuk menjaga stabilitas politik di Indonesia.

Pernyataan dan alasan menunjukkan hubungan sebab dan akibat. Hal ini karena lahirnya berbagai macam partai pada masa reformasi merupakan sebuah kebebasan menyampaikan aspirasi setelah dibatasinya hak-hak berpolitik pada masa Orde Baru.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun secara berurutan.     Reformasi pada hakikatnya merupakan proses perubahan atau perombakan sistem nilai dan tatanan...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Reformasi yang terjadi pada tahun 1998 terjadi karena masyarakat menginginkan perubahan. Masa Orde Baru dianggap telah gagal dalam mengatasi berbagai krisis yang terjadi di Indonesia, terutama krisis ekonomi. Selain itu, masyarakat juga menuntut agar Presiden Soeharto tidak mencalonkan diri kembali menjadi Presiden yang ketujuh kalinya sehingga perlu diadakannya reformasi politik. Maka dari itu, terjadi sebuah gerakan yang disebut reformasi yang menginginkan perubahan atau perombakan sistem nilai dan tatanan lama yang dianggap keliru.

Alasan benar. Masa Orde Baru ditandai dengan dimonopolinya kekuasaan dan partisipasi politik oleh kelompok tertentu, terutama birokrasi sipil dan militer. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya penguasa yang bekerja di bidang politik berasal dari para birokrasi sipil dan militer seiring dengan ditetapkannya Dwi Fungsi ABRI. Dwi Fungsi ABRI menyebabkan banyak anggota militer dapat terjun ke bidang politik dan dapat menduduki posisi-posisi penting di pemerintahan.

Pernyataan dan alasan berhubungan sebab dan akibat. Salah satu agenda reformasi atau perombakan sistem nilai atau tatanan lama yang dianggap keliru tersebut adalah penghapusan Dwi Fungsi ABRI dimana birokrasi sipil dan militer dianggap melakukan monopoli kekuasaan serta intervensi politik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

0

Roboguru

Pada tahun 1998 terjadi tuntutan reformasi yang meluas di Indonesia SEBAB Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik, ekonomi, sosial, dan budaya

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar karena pada tahun 1998 terjadi demonstrasi besar-besaran yang menuntut diadakannya reformasi yang meluas ke seluruh wilayah di Indonesia. Demonstrasi besar-besaran mahasiswa ini melibatkan pula para staf akademis maupun pimpinan universitas di berbagai kota. Tuntutan reformasi ini tidak hanya terjadi di Jakarta tetapi juga di beberapa daerah seperti Yogyakarta, Surakarta, Medan dan Bandung.

Alasan benar karena tuntutan reformasi adalah adanya perbaikan di berbagai sektor. Munculnya tuntutan reformasi ini dilatarbelakangi karena adanya krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia saat itu. Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik dan budaya akibat maraknya KKN di kalangan pegawai pemerintahan dan penghapusan dwifungsi ABRI. Perbaikan sosial dan ekonomi akibat adanya kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik yang semakin melambung.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Keterbukaan informasi pada masa reformasi ditunjukkan oleh B. J. Habibie dengan dikeluarkannya kebijakan ….

Pembahasan Soal:

Keterbukaan informasi pada masa reformasi ditunjukkan oleh B.J. Habibie dibuktikan dengan adanya kebijakan berupa pencabutan ketentuan Surat Izin Terbit bagi media massa cetak. Hal ini membuat media massa cetak tidak lagi khawatir akan dibredel. Pencabutan Surat Izin Terbit ini kemudian diiringi dengan disahkannya RUU Pers pada tanggal 23 September 1999 yang kemudian menjadi UU No. 40 tahun 1999 yang menjadi tonggak lahirnya kebebasan pers.

0

Roboguru

Pada masa kepemimpinan Presiden Abdurachman Wahid dilakukan beberapa reformasi dalam tubuh Tentara Nasional Indonesia, KECUALI ...

Pembahasan Soal:

Pada masa Presiden Abdurachman Wahid berbagai perubahan di bidang hukum, yaitu dengan melakukan reformasi dalam Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). ABRI terdiri dari dua institusi TNI dan Polri. Pada masa Presiden Abdurachman Wahid kedua institusi ini kemudian dipisahkan demi mengembalikan fungsi masing-masing. TNI bertugas untuk menjaga kedaulatan wilayah Republik Indonesia dari ancaman kekuatan asing, sedangkan Polri bertugas untuk menjaga ketertiban dan keamanan. Berdasarkan pertanyaan diatas, jawaban mengintegrasikan Kepolisian ke dalam TNI merupakan jawaban yang salah.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved