Iklan

Iklan

Pertanyaan

Puncak gerakan mahasiswa pada tahun 1998 adalah keberhasilan melengserkan Presiden Soeharto SEBAB Salah satu tujuan gerakan mahasiswa adalah menghapuskan korupsi, kolusi, dan nepotisme

Puncak gerakan mahasiswa pada tahun 1998 adalah keberhasilan melengserkan Presiden Soeharto

SEBAB

Salah satu tujuan gerakan mahasiswa adalah menghapuskan korupsi, kolusi, dan nepotisme

  1. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN benar dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat

  2. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN benar dan keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat

  3. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN salah

  4. Jika PERNYATAAN salah, ALASAN benar

  5. Jika PERNYATAAN dan ALASAN, keduanya salah

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pernyataan benar karena terjadinya Reformasi 1998 yang disebabkan krisis multidimensi (ekonomi, politik, hukum, dan kepercayaan) yang terjadi di masa Orde Baru. Kekecewaan terhadap pemerintah Orde Baru menimbulkan protes dari masyarakat yang dipelopori oleh mahasiswa. Para mahasiswa ini melakukan demonstrasi besar-besaran yang tujuannya menuntut diadakannya reformasi di segala bidang. Puncaknya pada tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto mengundurkan diri sebagai Presiden RI setelah mendapatkan tekanan dari berbagai pihak dan digantikan oleh wakilnya yaitu B. J Habibie. Alasan benar karena tujuan gerakan mahasiswa dapat terlihat dari enam agenda yang disuarakan. Enam agenda tersebut terdiri dari suksesi kepemimpinan nasional, amandemen UUD 1945, pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), penghapusan dwifungsi ABRI, penegakkan supremasi hukum, pelaksanaan otonomi daerah. Berdasarkan agenda ini menunjukkan bahwa salah satu tujuan tuntutan mahasiswa ini adalah mengenai penghapusan KKN. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pernyataan benar karena terjadinya Reformasi 1998 yang disebabkan krisis multidimensi (ekonomi, politik, hukum, dan kepercayaan) yang terjadi di masa Orde Baru. Kekecewaan terhadap pemerintah Orde Baru menimbulkan protes dari masyarakat yang dipelopori oleh mahasiswa. Para mahasiswa ini melakukan demonstrasi besar-besaran yang tujuannya menuntut diadakannya reformasi di segala bidang. Puncaknya pada tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto mengundurkan diri sebagai Presiden RI setelah mendapatkan tekanan dari berbagai pihak dan digantikan oleh wakilnya yaitu B. J Habibie.

Alasan benar karena tujuan gerakan mahasiswa dapat terlihat dari enam agenda yang disuarakan. Enam agenda tersebut terdiri dari suksesi kepemimpinan nasional, amandemen UUD 1945, pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), penghapusan dwifungsi ABRI, penegakkan supremasi hukum, pelaksanaan otonomi daerah. Berdasarkan agenda ini menunjukkan bahwa salah satu tujuan tuntutan mahasiswa ini adalah mengenai penghapusan KKN.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Masa Orde Baru

Masa Reformasi

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

622

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tahun 1998 terjadi tuntutan reformasi yang meluas di Indonesia. SEBAB Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik, ekonomi, sosial, dan budaya. (SBMPTN 2015)

24

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia