Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun secara berurutan. Lahirnya partai-partai politik baru pada era reformasi di Indonesia merupakan kenyataan objektif bahwa rakyat ingin menampilkan aspirasinya. SEBAB Pada era Orde Baru aspirasi politik rakyat Indonesia mendapat tekanan dan dibatasi secara ketat oleh pemerintah. Pernyataan yang tepat tentang kondisi kedua kalimat di atas adalah …

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun secara berurutan.

 

 

Lahirnya partai-partai politik baru pada era reformasi di Indonesia merupakan kenyataan objektif bahwa rakyat ingin menampilkan aspirasinya.

SEBAB

Pada era Orde Baru aspirasi politik rakyat Indonesia mendapat tekanan dan dibatasi secara ketat oleh pemerintah.

 

Pernyataan yang tepat tentang kondisi kedua kalimat di atas adalah … space

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat. space

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.  space

  3. Pernyataan benar dan alasan salah. space

  4. Pernyataan salah dan alasan benar. space

  5. Pernyataan dan alasan salah. space

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pernyataan benar. Pemilu 1999 merupakan Pemilu pertama yang dilaksanakan pada masa Reformasi. Pada Pemilu tersebut,lahir berbagai partai-partai baru hingga mencapai 48 partai politik. Hadirnya berbagai partai politik ini merupakan sebuah kenyataan bahwa ada keinginan dari rakyat untuk menampilkan aspirasinya. Alasan benar. Pada masa Orde Baru, aspirasi politik rakyat Indonesia mendapatkan tekanan dan dibatasi oleh pemerintah. Hal ini terlihat dengan terjadinya penyederhanaan partai politik hingga hanya berjumlah tiga partai. Penyederhanaan partai atau fusi partai ini ditujukan untuk menjaga stabilitas politik di Indonesia. Pernyataan dan alasan menunjukkan hubungan sebab dan akibat. Hal ini karena lahirnya berbagai macam partai pada masa reformasi merupakan sebuah kebebasan menyampaikan aspirasi setelah dibatasinya hak-hak berpolitik pada masa Orde Baru. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pernyataan benar. Pemilu 1999 merupakan Pemilu pertama yang dilaksanakan pada masa Reformasi. Pada Pemilu tersebut, lahir berbagai partai-partai baru hingga mencapai 48 partai politik. Hadirnya berbagai partai politik ini merupakan sebuah kenyataan bahwa ada keinginan dari rakyat untuk menampilkan aspirasinya.

Alasan benar. Pada masa Orde Baru, aspirasi politik rakyat Indonesia mendapatkan tekanan dan dibatasi oleh pemerintah. Hal ini terlihat dengan terjadinya penyederhanaan partai politik hingga hanya berjumlah tiga partai. Penyederhanaan partai atau fusi partai ini ditujukan untuk menjaga stabilitas politik di Indonesia.

Pernyataan dan alasan menunjukkan hubungan sebab dan akibat. Hal ini karena lahirnya berbagai macam partai pada masa reformasi merupakan sebuah kebebasan menyampaikan aspirasi setelah dibatasinya hak-hak berpolitik pada masa Orde Baru.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Masa Orde Baru

Masa Reformasi

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Ibrahim Habib

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tahun 1998 terjadi tuntutan reformasi yang meluas di Indonesia SEBAB Rakyat menuntut perbaikan di sektor politik, ekonomi, sosial, dan budaya

2rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia