Iklan

Pertanyaan

Pada percobaan pelemparan tiga buah koin, didefinisikan X menyatakan banyaknya angka yang muncul pada pelemparan tersebut. Variabel acak X berikut yang benar adalah ....

Pada percobaan pelemparan tiga buah koin, didefinisikan X menyatakan banyaknya angka yang muncul pada pelemparan tersebut. Variabel acak X berikut yang benar adalah ....

  1. begin mathsize 14px style X equals open curly brackets table row cell 29 comma end cell cell text jika 1 angka muncul end text end cell row cell 35 comma end cell cell jika straight 2 straight angka straight muncul end cell row cell 41 comma end cell cell jika straight 3 straight angka straight muncul end cell end table close end style

  2. begin mathsize 14px style X equals open curly brackets table row cell 1 comma end cell cell text jika 1 angka muncul end text end cell row cell 2 comma end cell cell jika straight 2 straight angka straight muncul end cell row cell 3 comma end cell cell jika straight 3 straight angka straight muncul end cell end table close end style

  3. begin mathsize 14px style X equals open curly brackets table row cell 10 comma end cell cell text jika tidak ada angka yang muncul end text end cell row cell 29 comma end cell cell text jika 1 angka muncul end text end cell row cell 35 comma end cell cell jika straight 2 straight angka straight muncul end cell row cell 41 comma end cell cell jika straight 3 straight angka straight muncul end cell end table close end style

  4. begin mathsize 14px style X equals open curly brackets table row cell 0 comma end cell cell text jika tidak ada angka yang muncul end text end cell row cell 1 comma end cell cell text jika 1 angka muncul end text end cell row cell 2 comma end cell cell jika straight 2 straight angka straight muncul end cell row cell 3 comma end cell cell jika straight 3 straight angka straight muncul end cell end table close end style

  5. begin mathsize 14px style X equals open curly brackets table row cell 0 comma end cell cell text jika tidak ada gambar yang muncul end text end cell row cell 1 comma end cell cell text jika 1 gambar muncul end text end cell row cell 2 comma end cell cell jika straight 2 straight gambar straight muncul end cell row cell 3 comma end cell cell jika straight 3 straight gambar straight muncul end cell end table close end style

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

21

:

11

:

02

Klaim

Iklan

A. Khairunisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Perhatikan bahwa variabel acak X sudah didefinisikan, yaitu banyaknya angka yang muncul pada pelemparan tiga buah koin. Sehingga variabel acaknya sudah tidak dapat didefinisikan secara bebas lagi. Perhatikan bahwa ruang sampel dari pelemparan tiga buah koin yaitu S = {AAA, AAG, AGA, GAA, AGG, GAG, GGA, GGG}. Perhatikan bahwa untuk titik sampel AAA, terdiri dari 3 angka yang muncul, maka X(AAA) = 3. Kemudian untuk AAG, AGA, dan GAA, terdiri dari 2 angka yang muncul, maka X(AAG) = X(AGA) = X(GAA) = 2. Selanjutnya untuk AGG, GAG, dan GGA, terdiri dari 1 angka yang muncul, maka X(AGG) = X(GAG) = X(GGA) = 1. Terakhir untuk GGG, tidak ada angka yang muncul, maka X(GGG) = 0. Maka variabel acak X dapat dituliskan sebagai berikut

Perhatikan bahwa variabel acak X sudah didefinisikan, yaitu banyaknya angka yang muncul pada pelemparan tiga buah koin. Sehingga variabel acaknya sudah tidak dapat didefinisikan secara bebas lagi.

 

Perhatikan bahwa ruang sampel dari pelemparan tiga buah koin yaitu

S = {AAA, AAG, AGA, GAA, AGG, GAG, GGA, GGG}.

 

Perhatikan bahwa untuk titik sampel AAA, terdiri dari 3 angka yang muncul, maka X(AAA) = 3.

Kemudian untuk AAG, AGA, dan GAA, terdiri dari 2 angka yang muncul, maka X(AAG) = X(AGA) = X(GAA) = 2.

Selanjutnya untuk AGG, GAG, dan GGA, terdiri dari 1 angka yang muncul, maka X(AGG) = X(GAG) = X(GGA) = 1.

Terakhir untuk GGG, tidak ada angka yang muncul, maka X(GGG) = 0.

Maka variabel acak X dapat dituliskan sebagai berikut

begin mathsize 14px style X equals open curly brackets table row cell 0 comma end cell cell text jika tidak ada angka yang muncul end text end cell row cell 1 comma end cell cell text jika 1 angka muncul end text end cell row cell 2 comma end cell cell jika straight 2 straight angka straight muncul end cell row cell 3 comma end cell cell jika straight 3 straight angka straight muncul end cell end table close end style

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada percobaan pengambilan satu buah kartu remi, perhatikan dua buah variabel acak berikut ini Contoh pendefinisian variabel acak yang tepat adalah ....

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia