Roboguru

Novel I Novel II Selam...

Novel I

Novel II

Selama sakit, Hanafi banyak mendapat nasihat dari ibunya. Ibunya membujuknya untuk menikahi wanita pribumi pilihan ibunya. Karena cintanya ditolak oleh Corrie, dia menerima tawaran ibunya. Hanafi pun menikah dengan Rapiah. Perkawinan yang tidak didasari perasaan cinta itu membuat keluarga Hanafi-Rapiah tidak bahagia. Hanafi sering menyakiti Rapiah.

Pemuda itu mendampingi kekasih hatinya dengan setia. Namun, penyakit TBC yang diderita Maria semakin hari semakin parah sehingga tak lama kemudian Maria pun meninggal dunia. Sebelum ia menghembuskan napasnya yang terakhir, ia meminta kekasihnya untuk menerima kakaknya sebagai penggantinya. Setelah Maria meninggal dunia, Tuti dan Yusuf menjalin hubungan kasih. Mereka pun sepakat untuk menikah.

Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut adalah ….

  1. Novel I: tentang kawin paksa

    Novel II: pernikahan sukarela

  2. Novel I: pengaruh budaya barat

    Novel II: tidak terpengaruh

  3. Novel I: pengaruh budaya daerah

    Novel II: pengaruh budaya barat

  4. Novel I: mencintai pribumi

    Novel II: mencintai warga asing

Jawaban:

Karakteristik kedua kutipan novel memiliki perbedaan. Novel I mempunyai pengaruh budaya daerah yang kental. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui peran Ibu dalam memilih istri untuk anaknya. Sang Ibu, lebih khususnya, memilih wanita pribumi. Sementara itu, novel II mempunyai pengaruh budaya barat yang kental. Pernikahan dapat dijalankan oleh siapa saja yang saling mencintai. Peran orang tua tidak begitu terlihat dalam kutipan novel II. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved