Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan dua novel berikut! Novel I Tengah aku sembahyang, masuklah Anwar sambil bersiul-siul lembut, tertegun ia. Dan ketika aku melakukan salam, tampaknya ia masih berdiri sambil menggeleng-gelengkan kepalanya. Sebentar ia memandang wajahku, dan kemudian sambil mengangkat bahunya melangkah ia ke depan sebuah kaca besar, yang tergantung di sebuah meja kecil, menyisir, siul berbunyi lagi. Novel II Di beranda rumah, Maria dan Tuti disambut oleh ayah mereka yang duduk siap berpakaian stelan, membaca menghadapi meja yang penuh tumpukan koran. "Siapa anak muda yang mengantarkan engkau berdua itu, mengapa tidak diajak masuk?" "Entah, kami tidak tahu benar." jawab Maria, "tetapi rupanya seorang Student Sekolah Tabib Tinggi. Kami bertemu dengan dia tadi di akuarium dan dari sana kami pulang bersama." R. Wiryaatmaja menundukkan kepalanya pula, membaca korannya. Perkataan anaknya itu tidak sedikit jua pun janggal terdengar kepadanya. Perbedaan tema dua kutipan novel tersebut adalah...

Bacalah kutipan dua novel berikut!

 

Novel I

Tengah aku sembahyang, masuklah Anwar sambil bersiul-siul lembut, tertegun ia. Dan ketika aku melakukan salam, tampaknya ia masih berdiri sambil menggeleng-gelengkan kepalanya. Sebentar ia memandang wajahku, dan kemudian sambil mengangkat bahunya melangkah ia ke depan sebuah kaca besar, yang tergantung di sebuah meja kecil, menyisir, siul berbunyi lagi.

 

Novel II

Di beranda rumah, Maria dan Tuti disambut oleh ayah mereka yang duduk siap berpakaian stelan, membaca menghadapi meja yang penuh tumpukan koran.

"Siapa anak muda yang mengantarkan engkau berdua itu, mengapa tidak diajak masuk?"

"Entah, kami tidak tahu benar." jawab Maria, "tetapi rupanya seorang Student Sekolah Tabib Tinggi. Kami bertemu dengan dia tadi di akuarium dan dari sana kami pulang bersama."

R. Wiryaatmaja menundukkan kepalanya pula, membaca korannya. Perkataan anaknya itu tidak sedikit jua pun janggal terdengar kepadanya.

 

Perbedaan tema dua kutipan novel tersebut adalah...

  1. Novel I : perjuangan

    Novel II : persahabatan

  2. Novel I : persahabatan

    Novel II : perjuangan

  3. Novel I : keagamaan

    Novel II : kekeluargaan

  4. Novel I : ketidakjujuran

    Novel II : kasih sayang

Iklan

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Kutipan novel 1 menceritakan tentang seseorang yang bersiul ketika si tokoh aku sedang beribadah. Tanpa merasa bersalah, ia melanjutkan siulannya sambil menyisir rambutnya. Kutipan novel 2 menceritakan tentang seorang ayah yang menanyakan seseorang yang mengantarkan pulang anak-anaknya. Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah novel 1 bertema keagamaan, sedangkan novel 2 bertema kekeluargaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

 

Kutipan novel 1 menceritakan tentang seseorang yang bersiul ketika si tokoh aku sedang beribadah. Tanpa merasa bersalah, ia melanjutkan siulannya sambil menyisir rambutnya.

Kutipan novel 2 menceritakan tentang seorang ayah yang menanyakan seseorang yang mengantarkan pulang anak-anaknya.

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah novel 1 bertema keagamaan, sedangkan novel 2 bertema kekeluargaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia